Cara dan Tips Memilih Toko Komputer Berkualitas

Kamis, Maret 03, 2016

Cara dan Tips Memilih Toko Komputer Berkualitas. Komputer sudah menjadi salah satu barang kebutuhan di zaman sekarang. Setiap orang pasti membutuhkan komputer baik itu untuk kebutuhan sekolah, kebutuhan rumah tangga, kantor, bisnis dan lain sebagainya. Bahkan ketika kita ingin berinteraksi dengan dunia luar kita pasti membutuhkan komputer. Kenapa bisa begitu ? karena kita bisa melakukan interaksi dengan menggunakan media sosial yang ada di internet. Semua interaksi itu akan terasa mudah di komputer, tapi untuk bisa membeli komputer kita juga tidak bisa asal - asalan begitu saja.


Apalagi saya yang memang tidak bisa berjauhan sedikit dengan komputer. Sebagai seorang blogger yang aktif wajar ya kalau saya bisa menghabiskan banyak waktu di depan komputer untuk menulis. Selain menulis di dalam blog terkadang saya suka bermain game yang ada di komputer untuk mengisi waktu luang.

Ditambah lagi akhir - akhir ini saya sedang suka belajar infografis dan ilmu tentang desain lainnya. Jelas komputer saya yang lama dengan kemampuan yang masih biasa tidak bisa mendukung kebutuhan saya untuk belajar infografis. Semakin yakinlah saya untuk membeli komputer baru dengan kemampuan yang bisa memadai hobi baru saya ini.

Manfaat Komputer

Manfaat komputer di zaman saat ini sangatlah beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu. Komputer juga bermanfaat untuk menganalisis data hasil penelitian juga untuk mengoperasikan program - program penyelesaian masalah ilmiah, industri dan bisnis. Bahkan dunia pendidikan pun menggunakan komputer demi memudahkan pembelajaran.

1. Manfaat komputer dalam dunia kerja. Mempermudah pekerjaan dengan banyak aplikasi yang ada di dalamnya. Komputer juga dapat digunakan untuk melakukan banyak usaha yang akan mendatangkan pendapatan bagi kita. Bila dahulu kita terbiasa mengetik tugas atau berkas penting dengan mesin ketik, sekarang kita bisa melakukannya dengan komputer.

2. Manfaat komputer dalam mencari informasi. Dengan komputer kita nggak lagi merasa kesulitan untuk mendapakan sebuah informasi. Informasi mengenai hal apapun saja, tinggal kita cek di dalam komputer. Baik itu tentang informasi pendidikan, informasi hiburan, informasi lowongan keja, informasi kesehatan, informasi perdagangan, informasi hukum dan lain sebagainya. Semua terasa mudah dengan mencarinya melalui komputer.

3. Manfaat komputer dalam mencari hiburan. Selain sebagai sarana untuk memudahkan pekerjaan dan mencari banyak informasi. Komputer juga bisa kita jadikan sarana untuk mencari hiburan. Jadi, hiburan yang akan kita dapatkan tidak hanya dari radio, televisi atau tape saja. Dengan menggunakan komputer kita bisa mendapatkan hiburan seperti, mendengarkan lagu – lagu, bemain game, memutar video, berinteraksi dengan banyak orang dan menonton televisi secara online.


Tips Memilih dan Membeli Komputer Baru

Baru kemarin saya mengganti komputer lama dengan membeli yang baru, karena komputer saya yang lama sudah rusak dan cepat panas bila dipakai di waktu yang lama. Sebelum membei komputer yang baru saya sempat sedikit merasa kebingungan kira - kira komputer yang seperti apa yang harus saya pilih.

Mengingat komputer yang lama kemarin itu hadiah dari kedua orang tua saya dan saya tidak ikut membeli apalagi memilih waktu itu. Teman - teman pasti sudah tahu kan kalau sekarang sudah banyak sekali merk komputer dengan kelebihan masing - masing. Selain itu tampilan desain body komputer yang menarik sehingga semakin membuat saya kebingungan memilihnya.

Jujur, saya sebenarnya masih awam sekali tentang komputer dan perangkatnya. Saya juga tidak mau salah membeli komputer apalagi barang elektronik yang satu ini tidak saya pakai dalam waktu satu atau dua tahun saja. Saya dan pastinya teman – teman pasti memakai komputer dengan jangka waktu yang lama untuk menghemat budget juga.

Semakin maju teknologi membuat banyak sekali pedagang komputer dan perangkatnya. Baik secara online maupun offline. Untuk bisa percaya dan membeli komputer di suatu toko elektronik juga tidak bisa kita putuskan begitu saja. Apalagi masih banyak oknum pedagang komputer yang menip kia dengan banyak cara. Komputer memang sudah menjadi barang kebutuhan selain itu harganya juga tidak murah.

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika membeli peralatan elektronik seperti komputer adalah penjualnya. Langsung angkat dan kirim alat - alat elektronik adalah fasilitas yang biasanya ditawarkan para penjual tersebut, termasuk juga untuk alat seperti komputer. Bagi para pemilik toko komputer  memastikan bahwa pembeli merasakan fasilitas yang bagus dan mendapatkan barang yang berkualitas menjadi kuncinya.

Jika kita adalah pembeli ataupun pelanggan, maka kita tentunya telah merasakan sendiri bahwa mencari toko dengan pemilik yang mementingkan konsumen adalah toko yang ideal. Dengan perhatian tersebut, kita akan bisa mendapatkan komputer, baik itu buit - up maupun yang rakitan, dalam kualitas yang terbaik dengan spek yang paling tepat untuk situasi kita sekarang ini.

Bagi kita yang hendak mencari toko komputer, tentu tak ada kawasan yang lebih baik daripada kawasan di Hitech Mall Surabaya. Di sinilah, kita akan bisa menemukan banyak toko yang menjual berbagai spare part komputer yang kita incar, baik itu yang bermerk terkenal, maupun yang buatan dari pabrikan yang nggak pernah kita dengar sebelumnya sekalipun. Di sini, dijamin kita akan menemukan komputer yang kita butuhkan. Namun berhubung jumlahnya juga banyak, maka perhatikan beberapa hal ini:

• Cari toko yang sudah sering direkomendasikan banyak pembeli, lantaran kualitas dan layanannya akan lebih terasa baik, dan permintaan kita akan serius diperhatikan.

• Bandingkan harga antara satu toko dengan yang lain, pilih yang paling menguntungkan bagi kita.

• Lihat kualitas barang yang ditawarkan, bagaimana kondisi dan merknya?

• Kalau kita ingin PC rakitan, namun tidak ingin merakitnya sendiri, maka cari yang menawarkan jasa merakit di tempat. Kita tinggal membawa pulang saja.

• Cari yang memberikan garansi, agar ada jaminan jika terjadi masalah di komputer baru.

• Periksa juga kualitas dari servis perbaikan komputer yang ditawarkan, apakah mampu mengeliminasi kerusakan atau tidak, apakah memberikan petunjuk perawatan untuk selanjutnya.

Selain memilih toko yang tepat, kita juga harus menyiapkan diri ketika membeli komputer di toko. Berikut yang harus kita siapkan:

1. Budget
Tentukan dulu budget maksimal yang mau dikeluarkan, sehingga kita tidak tergoda membeli yang di atasnya.

2. Komponen apa saja
Jika ingin PC rakitan, rencanakan dulu apa saja komponen yang mau kita beli, jenis-jenisnya, dan alternatifnya.

3. Pengetahuan harga
Jangan sampai kita tertipu ketika membeli, cek dulu harga pasaran dari komponen yang kita incar.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat berbelanja di toko komputer yang berkualitas. Baik disaat kita mencari komputer di bebagai kota besar. Perhatikan hal - hal di atas demi mendapatkan komputer terbaik dengan harga yang termurah yang bisa kita dapatkan. Membeli komputer baru, kita pasti akan memerlukan banyak riset, jadi jangan ragu untuk ubek - ubek toko dan internet sebelum memutuskan.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

13 komentar

  1. Cocok! Kebetulan saya juga sedang mencari referensi seperti apa yang Mbak tulis :) Terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Untung adikku jago komputer dan dia punya toko sendiri...jadi kalo ada apa2 tinggal colek dia..hehehe
    termasuk pas beli laptop, instal2..dsb..enak kan

    BalasHapus
  3. Kalo aku pribadi, lbh suka blnja lgs di counter resminya mba :). Biasa memang lbh mahal, tp tenang jdnya.. Kayak produk apple, aku lbh suka beli di counter resmi mereka Drpd di toko2 ITC elektronik ato Toko yg mnjual bnyk merk. Mungkin juga cm sugesti, tp nth kenapa produk yg dibeli di tempat resminya lbh kuat dan tahan lama Drpd yg di Toko kebanyakan.. Masalah selera jg sbnrnya :)..

    BalasHapus
  4. Aku gak pake komputer Mba.. kalo nulis di blog pakai laptop jadul, hehe.. Pas banget tulisan ini, aku dah mikir mau beli PC aja buat ngeblog di rumah...

    BalasHapus
  5. Kebetulan banget nih mau ada rencana buat rakit pc, yaaa buat ngegame :3. Udah dapet sih salah satu toko pc online yang gue liat profesional.

    BalasHapus
  6. kebetulan netbook lagi rusak. balik lg ke toko tempat belinya dulu u diperbaiki

    BalasHapus
  7. karena aku buat komputer selalu ngajak anakku yang tahu koputer banget biar tahu mana yang bagus atau jelek. Btw trims tipnya

    BalasHapus
  8. Aku nggak punya komputer, laptop aja numpang sama suami,hiks. Harus rela nungguin dia pulang kerja baru bisa megang laptop..*malahcurhat* XD.
    Btw di Palopo harga barang2 termasuk elektronik lebih mahal euy :(

    BalasHapus
  9. Pas banget, pas saya lagi mau ganti komputer rumah. Thanks ya Riska

    BalasHapus
  10. wih bener nih thanks ka

    BalasHapus
  11. kalo saya di bandung biasa beli di BEC, tapi benar mba, harus pintar2 milih tokonya

    BalasHapus
  12. infonya bermanfaat mbak, thx..
    :)

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram