Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021

by - Rabu, November 10, 2021

Wirausaha bukan lagi menjadi dunia orang dewasa, saat ini anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah pun bisa belajar menjadi wirausahawan. Yang perlu para orang tua ketahui bahwa memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar berbisnis (berwirausaha) sejak kecil bukan berorientasi mencari uang. Melainkan lebih untuk melatih kemandirian, dengan mengandalkan kreativitasnya.

Contohnya saja bisa dimulai dari hal sederhana seperti membuat kue di rumah lalu membawanya ke sekolah untuk dijual. Hal tersebut secara tidak langsung bisa melatih anak-anak untuk menumbuhkan kreativitas di dalam diri mereka, melatih mereka untuk berinovasi dan yang tidak kalah penting mereka jadi tahu darimana mendapatkan uang.

Kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai ajang dan kegiatan kewirausahaan, menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak saat ia dewasa. Salah satu ajang wirausaha yang memberi kesempatan pada anak untuk berkreasi dan berani membuat terobosan serta mepresentasikannya adalah Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC).



Edukasi Wirausaha Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021


Saat memiliki anak lulusan SMA atau SMK sebagai orang tua pasti akan berpikir apakah anaknya bisa mendapatkan pekerjaan atau tidak, ya? Terlebih kita tahu kalau kebanyakan lowongan pekerjaan yang terbilang nyaman saat ini meminta syarat ijazah minimal strata 1 atau S1. Dengan begitu anak-anak lulusan SMA sederajat mau tidak mau akan menjadi pengangguran.

Menyikapi hal tersebut, beruntung sekali Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan dari Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) konsisten mempromosikan konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC).

Inisiatif yang telah melibatkan 13.358 pelajar SMA atau SMK sejak 12 tahun lalu ini, memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha para peserta melalui pengalaman langsung mencetuskan dan mengoperasikan usaha mikro di sekolah. Melalui pelatihan ini anak-anak bisa belajar berwirausaha sehingga mereka siap menghadapai dunia saat sudah lulus nanti.

Asep Sukmayadi, M.Si., plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI


Selama periode program, guru serta relawan dari mitra PJI ikut terlibat aktif dalam memberikan pendampingan untuk berbagi pengalaman dan inspirasi. Para pelajar partisipan pun berkesempatan mengeksplorasi secara langsung bagaimana dunia usaha yang sesungguhnya, memperoleh gambaran lebih baik tentang keterampilan masa depan yang dibutuhkan untuk sukses, dan mulai mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karir potensial.

Nah, pada implementasi tahun ini, sebanyak 549 pelajar dari 9 kota maupun kabupaten di Indonesia ditantang membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya.

Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia


Adapun sebagai penutup rangkaian program SC 2021, Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021 digelar secara daring, Sabtu 6 November kemarin, untuk memilih tim terbaik yang akan memperoleh kehormatan mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik tahun depan.

Dari 30 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI telah menyeleksi dan mengerucutkan 7 finalis untuk berkompetisi dalam ISCC 2021:

  • Qreate SC (SMAN 34 Jakarta) Kreaktiv Crate, alat pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) yang interaktif dan menyenangkan untuk anak-anak dan remaja.

  • Wignesa SC (SMAN 3 Semarang) Tatilo, tas kombinasi daur ulang kain jeans bekas dengan batik yang tersedia dalam tiga varian, yaitu sling bag, backpack, dan pouch bag.

  • Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta) Pineary, paket menyulam dengan kain serat yang terbuat dari limbah daun nanas dan dilengkapi dengan portal khusus berisi video tutorial, daftar putar lagu, dan layanan cepat konsumen.

  • Neon SC (SMAN 2 Denpasar) Your Hat, paket bucket hat dua sisi dan masker kain yang terbuat dari paduan kain drill dan kain endek.

  • Semaja SC (SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan) Bintang Eco-Friendly Notebook, binder dengan kertas isi daur ulang yang dilengkapi recycling kit kertas. Produk ini diperkenalkan dengan IP character Bintang dan Tora.

  • Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat) Mico T-Shirt, kaus berbahan katun dengan desain khusus dari kreasi gambar anak-anak yang dijual dengan misi menyediakan media bagi orang tua untuk mengasah kreativitas anak tanpa gadget.

  • Alanza SC (SMAN 16 Surabaya) La Cocina, paket alat memasak talenan dan spatula yang terbuat dari kayu mahoni dan dilengkapi dengan aplikasi smartphone untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk, makanan, dan resep masakan.

Pemenang Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 dan Kategori Lainnya


Dan selamat untuk Qreate SC (SMAN 34 Jakarta) Kreaktiv Crate, alat pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) yang interaktif dan menyenangkan untuk anak-anak dan remaja, terpilih sebagai Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 sekaligus berhak mewakili mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik 2022.



First Runner Up Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 dimenangkan oleh Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat) dengan hasil karya yakni, Mico T-Shirt, kaus berbahan katun dengan desain khusus dari kreasi gambar anak-anak yang dijual dengan misi menyediakan media bagi orang tua untuk mengasah kreativitas anak tanpa gadget.



Second Runner Up Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 dimenangkan oleh Semaja SC (SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan) Bintang Eco-Friendly Notebook, binder dengan kertas isi daur ulang yang dilengkapi recycling kit kertas. Produk ini diperkenalkan dengan IP character Bintang dan Tora.



Untuk kategori Young Entrepreneurs' Choice Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 dimenangkan oleh Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta) dengan hasil karya yakni, Pineary, paket menyulam dengan kain serat yang terbuat dari limbah daun nanas dan dilengkapi dengan portal khusus berisi video tutorial, daftar putar lagu, dan layanan cepat konsumen.



Untuk kategori The Best Financial Management Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 dimenangkan oleh Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat) dengan hasil karya yakni, Mico T-Shirt, kaus berbahan katun dengan desain khusus dari kreasi gambar anak-anak yang dijual dengan misi menyediakan media bagi orang tua untuk mengasah kreativitas anak tanpa gadget.



Untuk kategori The Best Digital Marketing Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 dimenangkan kembali oleh Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta) dengan hasil karya yakni, Pineary, paket menyulam dengan kain serat yang terbuat dari limbah daun nanas dan dilengkapi dengan portal khusus berisi video tutorial, daftar putar lagu, dan layanan cepat konsumen.



Untuk kategori Product Of The Year Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 dimenangkan oleh Alanza SC (SMAN 16 Surabaya) La Cocina, paket alat memasak talenan dan spatula yang terbuat dari kayu mahoni dan dilengkapi dengan aplikasi smartphone untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk, makanan, dan resep masakan.



Selamat untuk semua pemenang dan ketujuh tim peserta yang terpilih di final Indonesia Student Company of the Year Competition 2021. Semoga apa yang telah diperolah selama mengikuti program dari Prestasi Junior Indonesia ini bisa menjadi tambahan ilmu dan pengalaman untuk terjun ke dunia wirausaha selepas sekolah nanti.

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah mantap ini acaranya pasti bermanfaat juga programnya mengingat pelajar di Indonesia yang tahun ini harus melalui daring.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.