Pengalaman Makan Ikan Gurami Paling Enak di Rumah Makan Tera' Bulan

by - Jumat, Agustus 19, 2022

Apa yang membuat teman-teman tertarik untuk kembali makan di sebuah restoran yang sama? Rasanya, pelayanannya, tempatnya yang nyaman, atau harganya yang cocok di budget kalian? Menemukan restoran yang cocok dengan semua poin yang saya sebutkan tadi memang bisa dibilang menjadi keberuntungan sendiri apalagi bagi pecinta makanan.

Agaknya nggak berlebihan kalau saya bilang begitu karena akhirnya saya pun merasakan “Klik” dengan salah satu restoran, bahkan sudah beberapa kali kembali untuk mencoba menu lainnya yang ada di restoran tersebut. Sudah empat kali saya datang ke restoran atau rumah makan ini, dan semuanya belum pernah bikin saya kecewa apalagi kapok buat balik lagi nanti.

Namanya Tera’ Bulan, merupakan rumah makan yang menyajikan masakan Indonesia dan masakan khas Madura. Yap, lokasi rumah makan ini berada di Bangkalan Madura, nggak terlalu jauh dari rumah mungkin sekitar 15 menit naik motor. Rumah makan ini sudah berdiri dari tahun 2010 tapi masih tetap eksis dan dikenal sampai sekarang bahkan Bapak Presiden Jokowi sudah dua kali ke sana.


Selain menu makanannya yang enak dan terkenal dengan bumbunya yang menyerap, rumah makan ini family friendly banget alias cocok digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Dijadikan tempat meeting atau acara sakeral seperti lamaran pun bisa-bisa aja, karena tempatnya yang cukup luas dan mampu menampung tamu sekitar 200 orang.

Rumah Makan Tera’ Bulan Bukan Bebek tapi Menu Ikan Guraminya Favorit Banget!


Sekilas info, jadi rumah makan ini berada di kawasan yang sama dengan berbagai macam restoran yang menyajikan menu bebek dan Bebek Sinjay salah satunya. Tapi yang bikin saya takjub dengan Tera’ Bulan adalah dia tetap ada di tengah gempuran menu perbebek-an yang menjadi primadona bagi pecinta kuliner saat berkunjung ke Bangkalan.

Lho, memangnya di Tera’ Bulan nggak ada menu bebek ya? Ada kok dan nggak kalah enak menurut saya apalagi menu Bebek Rempahnya mantap banget. Nanti ya kapan-kapan saya ceritakan karena di tulisan ini saya mau cerita pengalaman saya mencoba 5 menu Ikan Guraminya Tera’ Bulan yang dimasak dengan berbagai macam.


Sate Gurami

Menu ikan gurami yang pertama adalah Sate Gurami, Madura memang terkenal banget dengan menu sate bahkan sudah menjadi icon makanan khas Madura. Kalau biasanya sate dibuat dari daging sapi maupun daging ayam, di Tera’ Bulan ada Sate Gurami yang nggak kalah enaknya mulai dari tekstur dagingnya, rasanya, sampai rasa bumbu kacangnya yang pas banget di lidah saya dan suami.



Tekstur daging Guraminya jauh dari kata alot atau keras alias empuk banget. Kalau ada yang bilang namanya juga ikan. Nggak juga sih kalau dipanggang terlalu lama alias over cooked ya dagingnya bisa keras juga kan? Nah, Sate Gurami ini empuk banget di mulut dan bumbu kacangnya juga nggak bikin eneg, disajikan dengan irisan bawang merah, cabe rawit dan serundeng kelapa. Maknyuuus!

Steak Gurami

Kebayang nggak makan fillet daging ikan gurami tapi dimasak jadi steak? Kalau belum pernah, kalian wajib cobain Steak Gurami Tera’ Bulan yang berhasil bikin saya penasaran karena sebelumnya saya nggak pernah makan steak dari ikan gurami. Dan rasanya sungguh diluar ekspektasi, enak banget. Fillet ikan gurami digoreng dengan tepung tapi dalamnya tetap lembut dan empuk.

Bumbu steaknya juga unik, perpaduan rasa manis, gurih, ditumis menggunakan bawang bombay yang manis-manis gimana gitu rasanya. Terus yang lebih unik di dalam bumbunya juga dimasukkan kacang polong hijau beberapa butir. Kalau biasanya kacang polong dipisah dengan bumbu steak, yang ini dicampur menjadi satu.



Penyajiannya juga sama seperti steak pada umumnya, ada irisan wortel, buncis dan nggak lupa kentang goreng. Di makan dengan atau tanpa nasi pun tetap enak, kalau lagi lapar ya bisa dimakan pakai nasi anget tapi kalau saya lebih memilih dimakan tanpa pakai nasi karena satu porsi Steak Gurami udah lumayan bikin kenyang.

Gurami Telur Asin

Dari yang manis akhirnya saya dibuat penasaran dengan menu Gurami Telur Asinnya. First impression saya sama menu yang satu ini, crispy banget! Ya, kali ini saya menikmati menu gurami yang super crispy dengan bumbu telur asin dengan tektur seperti berpasir dari bagian kuning telur asinnya. Jujur, saya sedikit gimana gitu sama tektur kuning telur asin tapi bagian inilah yang utama dari menu Gurami Telur Asin.



Rasa asinnya pure berasal dari telur asin dan nggak berlebihan. Crispy diluar tapi sekali lagi daging ikan guraminya juicy banget. Jadi, agak bingung nih gimana menuliskannya. Untuk menu yang satu ini saya sarankan dimakan pakai nasi ya karena kalau dimakan tanpa nasi dan terlalu banyak jadi agak gimana gitu di tenggorokan, tapi tetep rasanya uueeenaaak!
 
Gurami Mayonaise

Siapa disini pecinta mayonaise? Biasa makan saus mayo untuk sajian dessert salad buah, eh kali ini makannya dicampur dengan gurami crispy. Saya tuh sempat kepikiran, kok bisa ya kokinya Tera’ Bulan mengolah daging ikan gurami menjadi berbagai menu makanan yang unik dan variaif begini? Daging ikan guraminya selalu lembut, empuk, nggak amis, dan enak.




Lidah saya dibikin kaget dengan saus mayonya yang manis, segar dan jauh sekali dari sensasi eneg padahal berulang kali saya cocol guraminya ke saus mayonya. Disajikan begitu cantik, dipotong-potong digoreng dengan tepung sampai crispy lalu disiram dengan saus mayonaise dan ada taburan seperti biji wijen di atasnya, yummy banget! Mau nasi atau nggak, lanjut aja!

Gurami Tera’ Bulan

Menu ikan gurami yang terfavorit buat saya adalah Gurami Tera’ Bulan, denger-denger sih menu ini adalah salah satu menu favorit di Tera’ Bulan yang selalu sold out karena banyak yang pesan. Untuk menu yang satu ini bisa dinikmati bareng-bareng, waktu itu saya makan berdua sama suami hampir saja nggak kuat habisinnya, saking banyaknya.



Jadi, satu ekor ikan gurami dengan ukuran yang cukup besar difillet dagingnya tapi bagian kepala dan tulang badannya tetap dibiarkan utuh dan digoreng. Fillet daging dipotong-potong kemudian digoreng dengan tepung hingga crispy. Nggak sampai disitu aja, lanjut dimasak menggunakan bumbu asam manis dengan irisan buah nanas segar.

Bumbu asam manisnya kalau menurut saya sedikit berbeda dengan restoran lainnya yang pernah saya coba. Di Tera’ Bulan ini rasa manisnya sedikit lebih dominan dan rasa asam sepertinya sih berasal dari buah nanas jadi nggak yang asam sampai jatuhnya agak kecut gitu. Pas banget, dari saking pasnya sampai piringnya bersih dari bumbu asam manisnya, hahaha.

Dan itulah kelima menu ikan gurami yang enak, unik, dan variatif dari rumah makan Tera’ Bulan. Teman-teman pasti bertanya-tanya di sana menu minumannya ada apa aja ya? Sebelumnya saya mau kasih tahu kalau saya ini tipe orang yang suka banget minum air putih jadi mau apapun makanannya minumnya ya air putih jadi yang dipesan selalu air mineral botolan.

Tapi beberapa kali kesana suami biasanya memesan minuman seperti Jus Jambu Merah, dan minuman hanga seperti Jahe Madu Jeruk. Untuk menu minumannya juga beragam mulai dari Es Degan, Es Cincau, Aneka jus buah seperti alpukat, jambu merah, apel, dan masih banyak lagi. Untuk dessertnya sendiri ada Coconut Jelly dan Fruit Cocktail Puding.

Makan seafood memang belum lengkap kalau nggak pesan tumis-tumisan, beberapa kali kesana Cah Kangkung dan Tumis Baby Kailan selalu saya pesan. Yang paling favorit ya Tumis Baby Kailan ini karena kaya rasa ada sedikit rasa manis, gurih dan pedas. Btw, ini kali pertama saya makan dan saya tahu sayur kailan.

Tumis Kangkung

Cah Baby Kailan


Beruntung, saya bahkan sempat ngobrol dan tanya-tanya dengan owner Tera’ Bulan secara langsung. Benar tebakan saya, ternyata sang owner yakni Bapak Gunawan Wibisono merupakan seorang pecinta kuliner yang sudah malang melintang mencoba beragam jenis makanan terutama makanan Indonesia dan nggak ketinggalan segala macam makanan Madura.

Pantesan kalau menu makanan dan minuman di Tera’ Bulan ini enak-enak dan istimewa di lidah saya dan suami tentunya juga bagi para customer lainnya. Untuk harga saya berani bilang sangat terjangkau untuk menu makanan dan minuman dengan rasa enak yang ada di Tera’ Bulan. Jadi, kalau kalian ada di Bangkalan rasanya nggak akan rugi mencoba restoran yang satu ini.

You May Also Like

2 komentar

  1. Aku tuh sebenernya ga terlalu doyan ikan, tapi gurame masih termasuk ikan yg aku suka bangetttt. Krn dagingnya yg tebel, dan duri ga nyusahin 😁. Trus kalo diolah jadi steak, dibakar atau digoreng, rasa amisnya ga bikin eneg. Soalnya ada bbrp ikan yg aku ga doyan blasss, selain Krn durinya tapi juga Krn baunya.

    Duuuh langsung laper mbaaa, baca menu2 di atas. Paling doyan kalo pake saus telur asin... Itu harus hati2 jgn sampe kebanyakan 🤣🤣.

    Penasaran Ama yg sate. Blm pernah coba sih sate ikan. Tapi aku yakin ini ENAAAK👍

    BalasHapus
  2. Wah kesalahan ini BW pagi-pagi semua postingannya bahas makanan, beh auto laper lagi. Ini Gurami selalu menggugah selera apalagi ada banyak olahannya, sate, steak, enak semua kayaknya jadi pengin. Di sini belum nemu sih sate dan steak gurami, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.