Sup Krim Ayam Jagung dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

by - Sabtu, September 10, 2022

Sejak usia 30 tahun saya jadi mulai extra menjaga makanan apa yang boleh masuk dalam tubuh dan mana yang harus dibatasi atau nggak boleh sama sekali. Tujuannya nggak lain supaya pas tua nanti bisa tetap sehat dan aktif. Nah, ngomongin soal makanan entah kenapa ya makanan yang enak itu selalu bikin kolesterol saya naik.

Misalnya nih habis makan opor ayam yang kuahnya terbuat dari santan besoknya badan jadi berat dan pegel banget. Pas dicek ternyata kadar kolesterolnya naik, meskipun nggak yang tinggi banget tapi tetep aja bikin saya takut. Akhirnya, karena saya memang suka makanan bersantan saya inisiatif buat ganti santan dengan susu evaporasi.

Siapa di antara teman-teman yang belum tahu apa itu susu evaporasi? Jangan salah ya, susu ini lain lho sama kental manis maupun susu cair pada umumnya. Dalam dunia kuliner ada dua jenis susu yang umum digunakan adalah susu evaporasi atau evaporated milk dan kental manis. Keduanya berbeda dari susu cair biasa, karena kadar airnya sama-sama lebih sedikit dan diproses dengan higienis.


Challenge Cerita Tiga Sapi

Mengenal Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai Pengganti Santan


Saat ingin membuat masakan bersantan, seperti sayur lodeh, soto betawi, opor, atau masakan bersantan lain namun tidak ingin kadar kolesterol meningkat, kita bisa menggantinya dengan merk Tiga Sapi Susu Evaporasi dari Indofood ini. Rasa creamy yang pas, lebih enak dan lebih sehat. Karena teksturnya cair, produk ini bisa langsung dicampurkan langsung ke dalam masakan atau diencerkan dulu dengan air, tinggal sesuaikan saja dengan selera.

Fyi, Tiga Sapi Susu Evaporasi dikemas dalam wadah Tetra Pak dengan tutup ulir pertama di Indonesia. Kemasannya memudahkan untuk disimpan karena tidak perlu dipindahkan ke wadah lainnya. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini bisa dibeli di swalayan maupun e-commerce dengan harga 15 ribuan rupiah untuk berat bersih 500 gram. Harga lebih hemat dan isi lebih banyak, bukan?

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Susu Evaporasi kemasan kotak pertama di Indonesia


Apa Bedanya Dengan Tiga Sapi Kental Manis?

Selain berbeda rasa dan teksturnya, Tiga Sapi Kental Manis dari Indofood ini biasanya digunakan dalam minuman, makanan yang dipanggang, dan permen. Susu evaporasi sebenarnya juga bisa digunakan dalam makanan yang dipanggang, tapi lebih banyak digunakan dalam Kreasi Resep Tiga Sapi yang gurih sebagai pengganti santan.

Tiga Sapi Kental Manis dikemas dalam wadah kaleng selain itu kemasannya lebih praktis dan ekonomis dengan harga lebih murah yakni 12 ribu dan memiliki berat bersih 490 gram. Tiga Sapi Kental Manis ini merupakan sumber kalsium, Vitamin D3, Vitamin A dan Vitamin B1. Di mana kita tahu kalau kalsium itu bisa membantu membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang serta gigi.

Tiga Sapi Kental Manis


Jadi, baik susu evaporasi maupun kental manis dari Tiga Sapi praktis dan ekonomis serta sama-sama memiliki manfaat masing-masing. Salah satunya sebagai bahan masakan, kalau susu evaporasi untuk makanan gurih dan dessert sedangkan kental manis ya untuk makanan manis seperti pudding atau bisanya saya pakai buat toping pisang coklat.

Nah, karena sekarang ini saya lagi kepengen bikin Kreasi Resep Tiga Sapi yang gurih jadinya saya mau pakai susu evaporasinya. Memasak kali ini sekaligus ikut Challenge Cerita Tiga Sapi dan saya sudah memilih akan memasak Sup Krim Ayam. Rasanya kok pas banget ya masak sup krim sama kondisi sekarang yang lagi kurang fit.

Kreasi Resep Tiga Sapi Sup Krim Ayam Jagung Menggunakan Susu Evaporasi


Bahan marinasi:

250 gr dada ayam filet 
2 siung bawang putih
½ sdt mixed herbs, opsional
1 sdt mustard, opsional
1 sdt garam
½ sdm gula
1 sdt kaldu bubuk
¼ sdt merica
Jeruk nipis

Bahan sup:

1 buah bawang bombai, cincang 
3 sdm mentega
3-4 sdm terigu protein sedang
750 ml air
2 batang seledri, opsional
1 cup jagung pipil
1 sdt kaldu ayam bubuk
500 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis
Bahan-Bahan Sup Krim Ayam Jagung


Langkah:

1. Keringkan ayam dengan tisu lalu iris tipis, pindahkan ke dalam mangkuk.
2. Marinasi dengan garam, kaldu bubuk, gula, merica, bawang putih yang telah dihaluskan, sedikit perasan jeruk nipis, mustard, dan mixed herbs, aduk rata.
3. Panaskan sedikit minyak, masukkan ayam masak hingga sedikit kecokelatan, tiriskan lalu potong potong.
4. Di wajan yang sama, tumis bawang bombai hingga wangi, aduk rata lalu masukkan mentega dan tepung terigu, aduk rata.
5. Masukkan air, aduk rata lalu masukkan ayam, jagung, seledri, dan kaldu ayam bubuk, aduk rata.
6. Tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, masak sebentar.
7. Sup krim ayam jagung siap disajikan.

Tiga Sapi Susu Evaporasi


Bisa juga dijadikan isian Zuppa Soup lho, tinggal dikasih puff pastry lalu panggang. Rasanya yang hangat dan gurih banget begitu menggoda saat cuaca sedang dingin. Menurut saya, resep sup krim ayam menggunakan susu evaporasi ini lebih sehat dan bisa juga dijadikan alternatif makanan di kala salah satu keluarga kita mengalami flu.

Kreasi resep Tiga Sapi
Creamy, Gurih dan Sehat

Kreasi Resep Tiga Sapi sup krim ayam ini bila disajikan hangat akan sangat menggugah selera. Kalau teman-teman punya ide masakan menggunakan susu Tiga Sapi praktis dan ekonomis ini bisa juga ikut Challenge Cerita Tiga Sapi periode 9 - 30 September 2022. Ada 5 pemenang yang akan dipilih untuk mendapatkan hadiah berupa saldo OVO atau Gopay total 5 juta.

Caranya gampang banget, kamu tinggal upload karyamu menggunakan Tiga Sapi Kental Manis ataupun Tiga Sapi Susu Evaporasi di akun Instagram milikmu. Jangan lupa gunakan hashtag #ceritatigasapi. Untuk info lebih lengkapnya supaya nggak bingung, bisa langsung cek official akun @lezatnyatigasapi di Instagram ya.

You May Also Like

21 komentar

  1. Aku kemarin beli susu iniiii mba 😄. Tergoda juga abis banyak baca tulisan temen2 yg pakai susu evaporasi ini sebagai ganti santan.

    Dan iya sih ini lebih murah aku beli di toko langganan cuma 13k yg isi 500ml. Aku juga ngurangin santan soalnya. Makanya LBH suka pakai susu begini. Tapi kemarin2 pakai pengganti santan dari FiberC*eme, enak cuma lebihh mahaaal 🤣🤣. Ya mendingan tiga sapi ini 😁

    BalasHapus
  2. Wah sup krim ayam baru dengar enak ini kayaknya, baru tahu olahan ayam satu ini jadi pengin nyoba. Apalagi denagn susu evaporasi pasti enak, terlebih sekarang masanya flu melanda. Terima kasih resepnya!

    BalasHapus
  3. Aku harusnya beli susu ini pas ke Supermarket, wah jadi laper liat hasilnya mba hihi

    BalasHapus
  4. waaah menarik nih bikin sup krim ayam jagungnya pake susu evaporasi, pas banget aku ada bahannya semua, tinggal recook hihi

    BalasHapus
  5. izin save resep kak, mau recook ah, siapa tau jadi suka susu, kayanya enak

    BalasHapus
  6. Asik nih, jadi ada solusi buat pecinta makanan bersantan ya. Saya suka banget ama makanan bersantan. Tapi ya gitu, mikir kesehatan klo mau masak yang itu.

    BalasHapus
  7. Aku jarang banget masak pakai susu evaporasi. Suka liat sih di minimarket, cuma bingung mau bikin apa. Makasih kak inspirasi resepnya, pingin recook deh jadinya^^

    BalasHapus
  8. Simpan dulu resepnya aja, nanti di cobain bikin pas ada kesempatan. Untung susu tiga sapi ini mudah ditemukan dimana saja. Sampai ke warung kecil dekat rumah pun ada yang jualin hihihi

    BalasHapus
  9. Susu evaporasi Tiga Sapi bisa banget ya jadi alternatif pengganti santan buat yang gak mau konsumsi santan karena lemak dan kolesterol. Maknaan jadi lebih sehat. Pas nih anak-anakku juga suka sup krim ayam, apalagi paling enak dinikmati saat hangat. Trims resepnya ya mba :)

    BalasHapus
  10. Saya baru tau kalau skm dan susu evaporasi itu beda, selama ini mengira sama. Wah mba, resepnya mudah banget, saat di jakarta saya suka makan sup krim ayam jagung. Skrg udah tinggal di Bukittinggi, kayaknya enggak ada yang jual. Nanti coba recook ah, makasih resepnya.

    BalasHapus
  11. Sup kirimnya pasti makin lebih gurih rasanya ketika menggunakna tgas sapi susu evaporasi nih.

    BalasHapus
  12. waw kesukaan keponakanku nih hahaa. btw aku juga kemarin bikin kreasi puding dari susu evaporasi, pertama kali nyoba pakai susu evaporasi ternyata gak kalah enak

    BalasHapus
  13. Aku auto penasaran sama susu 3 Sapi karna banyak banget yang bisa dikreasikan mulai dari makanan2 manis dan bisa juga makanan gurihnya langsung kepengen coba bikin resep2nya nih

    BalasHapus
  14. Ah iya, pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi ini saja ya buat gantiin santan. Biar ga kolesterol tapi rasa tetep sama gurih. Kemarin pas ke toko kue udah liat, tapi cuma lewatin doang karena memang belum ada keperluan untuk bikin sesuatu yang pakai susu evaporasi.

    BalasHapus
  15. Baru tau nih ada sup krim ayam, mungkin kurang lebih sama seperti bubur ayam ya Mbak, tapi makin enak karena ditambahkan tiga sapi susu di dalamnya

    BalasHapus
  16. Wah udah lama banget aku ga masak sup krim ayam jagung. Kebayang sih kalau pakai susu tiga sapi evaporasi bakalan lebih enak rasanya. Mau bikin ah buat lauk

    BalasHapus
  17. Wah dari Indofood ya, brand ternama. Btw isi lebih banyak dan harga lebih terjangkau. Semoga sudah ada di minimarket dekat rumah.

    BalasHapus
  18. Bisa sebagai pengganti santan, maka bisa jaga tubuh juga nih dari kolesterol ya? Apalagi cocok untuk olahan hidangan apa aja

    BalasHapus
  19. Kesukaan saya nih sup krim ayam dan jagung. Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Susu Kental Manis pasti lebih lezat rasanya.

    BalasHapus
  20. Wah, aku kok jadi pengen recook resep ini
    Anakku suka sup krim jagung soalnya
    Beli susu cap tiga sapi dulu ah

    BalasHapus
  21. Hmm, saya bisa merasakan sedap dan gurihnya sup krim ayam ini.
    Btw dengan susu evaporasi sepertinya lemak jenuhnya terangkat, ya kak jadi aman lah ya si kolesterol.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.