Mengenal Jenis-Jenis Simpanan Uang di Bank dan Benefitnya

by - Rabu, Januari 18, 2023

Sejak kecil Anda pasti sering mendengar pepatah “menabung pangkal kaya”. Menabung memanglah menjadi salah satu langkah penting untuk mengamankan kondisi keuangan. Banyak orang lebih memilih menabung menggunakan rekening bank daripada menyimpan uang tunai.

Menyimpan uang di rekening bank lebih aman dibandingkan menggunakan cara konvensional, seperti menaruh di celengan, dompet, dan lainnya. Dengan menabung di bank, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai risiko kerugian, seperti kehilangan uang, kerusakan, hingga pencurian.

Pembukaan rekening atau tabungan bank pun kini bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu mendatangi kantor bank. Kini Anda bisa mengajukan pendaftaran rekening bank secara online dari mana pun dan kapan pun melalui aplikasi mobile banking yang diakses lewat smartphone.

Aplikasi mobile banking menyediakan berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan, seperti cek rekening bank, transfer uang, mutasi rekening, dan masih banyak lagi. Sebelum mulai menabung, Anda perlu tahu berbagai jenis produk simpanan di bank dan keuntungannya masing-masing.

Source : Freepik

Jenis-Jenis Simpanan di Bank


Selama ini, banyak orang yang memiliki rekening bank hanya asal menabung saja. Padahal bank menyediakan berbagai produk simpanan yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai kebutuhannya. Setiap produk simpanan memiliki ketentuan dan kelebihannya masing-masing. Berikut jenis-jenis simpanan di bank dan penjelasannya:

1. Tabungan

Tabungan menjadi jenis simpanan yang banyak dipilih oleh nasabah. Tabungan adalah simpanan uang di bank yang penarikannya hanya bisa dilakukan mengikuti syarat tertentu. Penarikan uang dari tabungan cenderung lebih fleksibel dibandingkan dengan produk simpanan lainnya.

Jika Anda memilih jenis simpanan ini di bank, Anda akan mendapat buku tabungan, kartu ATM, dan nomor personal identification number (PIN). Saat ini bank telah menghadirkan tabungan online dan aplikasi mobile banking menyesuaikan dengan kebutuhan di era digital. Ada sejumlah kelebihan yang bisa Anda nikmati ketika memilih simpanan tabungan. Berikut berbagai benefit yang akan didapatkan:

  • Setoran awal cukup rendah: Uang setoran awal yang harus Anda berikan ketika membuka produk tabungan terhitung lebih rendah, dibandingkan dengan produk giro dan deposito. Anda bisa membuka tabungan mulai dari setoran awal Rp0 hingga Rp20.000, tergantung dari jenis tabungan yang Anda pilih. Contohnya tabungan online PermataME dari PermataBank yang memberlakukan setoran awal mulai dari Rp0.
  • Transaksi lebih fleksibel: Produk tabungan menyediakan layanan transaksi yang lebih fleksibel dan mudah. Anda bisa memanfaatkan transaksi yang tersedia menggunakan beragam fitur yang disediakan oleh pihak bank. Bahkan dengan adanya aplikasi mobile banking, Anda bisa mengakses berbagai layanan selama 24 jam.
  • Bisa tarik uang kapan saja: Penarikan uang dari tabungan juga lebih mudah jika dibandingkan dengan deposito atau giro. Anda bisa menarik uang kapan saja dan di mana saja ketika membutuhkan uang tunai. Penarikan bisa dilakukan di mesin ATM yang sudah tersebar di banyak tempat atau lewat minimarket.
Source : Freepik


2. Rekening Giro

Giro adalah simpanan nasabah perorangan atau badan usaha, bisa berupa uang rupiah maupun mata uang asing. Produk simpanan ini disebut juga dengan current account. Penarikan uang dari giro hanya dapat dilakukan menggunakan bilyet giro atau warkat cek. Anda hanya bisa melakukan penarikan di jam operasional bank. ejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari rekening giro adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pembayaran dengan cek: Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan cek sebagai pengganti uang tunai. Anda akan mendapatkan cek dari bank ketika membuka rekening giro. Cek tersebut bisa Anda pakai sebagai pengganti uang tunai ketika melakukan transaksi tertentu. Cek tersebut juga bisa Anda cairkan secara tunai di bank penerbit.
  • Penggunaannya mudah dan praktis: Rekening giro biasanya dimiliki oleh pemilik bisnis atau badan usaha. Rekening giro digunakan untuk kebutuhan transaksi dengan banyak orang. Anda hanya perlu memberikan cek kepada penerima uang. Nantinya pihak penerima bisa mencairkan uang yang menjadi haknya di bank, sesuai tanggal yang tertera di cek.
  • Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak: Dengan memiliki rekening giro, Anda tidak perlu membawa uang tunai banyak. Cek atau bilyet giro bisa Anda gunakan sebagai alat pembayaran. Dengan begitu Anda telah meminimalisir berbagai risiko yang bisa merugikan, seperti kerusakan uang, pencurian, dan lainnya.

3. Deposito

Deposito adalah produk simpanan yang pencairannya hanya bisa dilakukan sesuai syarat dan jangka waktu yang sudah ditentukan. Berbeda dengan produk tabungan yang uangnya bisa ditarik kapan pun. Simpanan deposito bisa berupa uang rupiah maupun mata uang asing.

Dalam pembuatan deposito, ada bank yang menetapkan setoran awal mulai dari Rp10 juta. Namun setiap bank memberlakukan kebijakan masing-masing mengenai nominal setoran awal. Produk simpanan ini juga memiliki masa jatuh tempo yang beragam, mulai dari satu bulan, 12 bulan, hingga dua tahun.

Berikut sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memiliki rekening deposito:

  • Menjaga uang mengendap dan tidak boros: Simpanan deposito cocok bagi Anda yang ingin menghindari perilaku boros. Terkadang meskipun sudah menabung, masih banyak orang yang mudah melakukan penarikan dana untuk berbagai keinginan. Dengan deposito, Anda hanya bisa mencairkan dana pada waktu yang sudah ditentukan. Jika melakukan penarikan dana sebelum masa jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya.
  • Bunga atau bagi hasil lebih tinggi: Simpanan deposito memiliki suku bunga atau bagi hasil yang lebih tinggi dibanding produk simpanan lainnya. Setiap bank memiliki ketentuan bunga yang berbeda-beda. Jadi, selalu baca informasinya secara teliti jika ingin membuka simpanan deposito.
  • Risiko rendah: Simpanan deposito memiliki risiko yang lebih rendah. Produk ini sangat cocok bagi yang tidak terlalu berani mengambil risiko tinggi. Di sisi lain, suku bunga yang ditawarkan pada deposito cukup tinggi. Dari segi keamanan, deposito juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Tabungan Online PermataME


Mungkin saat ini Anda ingin menabung di bank dan mencari produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda. Pastikan Anda mencari lembaga atau bank yang memberikan benefit lebih dan klasifikasi yang mudah diproses. PermataME bisa menjadi produk tabungan yang recommended bagi Anda.

PermataME adalah produk tabungan online dari PermataBank yang dihadirkan untuk menunjang berbagai transaksi di era digital seperti saat ini. Tentunya produk ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyimpan uang dengan mudah dan aman. Pembukaan tabungan ini bisa Anda lakukan dari rumah atau mana pun menggunakan smartphone yang terkoneksi internet.

Anda hanya perlu menginstal aplikasi PermataMobile X yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Mengapa harus membuka rekening PermataME? Dengan tabungan online PermataME, Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan, seperti gratis biaya admin tanpa syarat, gratis tarik tunai di ATM dan seluruh gerai Indomaret, gratis transfer antar bank manapun tanpa syarat, cashback dan diskon menarik di merchant ternama, hingga bonus saldo awal senilai Rp50.000 untuk setiap pembukaan rekening baru PermataME.

Tunggu apalagi? Yuk segera ajukan rekening tabungan online PermataME sekarang juga! Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya dengan mengunjungi laman berikut ini: https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.