Mendukung dan Membeli Produk Lokal Manfaatkan Mobile Banking

by - Rabu, April 19, 2023

Pemerintah Indonesia terus mendorong kepada masyarakat agar membeli produk lokal. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan melarang bisnis thrifting atau penjualan barang bekas impor dari luar negeri. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan perekonomian UMKM atau para pengusaha dalam negeri.

Setiap warga negara Indonesia memang wajib bangga dan cinta dengan produk dalam negeri. Salah satu caranya adalah dengan membeli dan memakainya. Selain untuk kesejahteraan pengusaha lokal, membeli produk dalam negeri juga berkontribusi untuk membuat brand lokal semakin dikenal. Ada banyak produk dalam negeri yang tidak kalah saing dari brand luar baik dari segi kualitas maupun desain.

Apalagi sekarang berbagai produk dalam negeri seperti sepatu, baju, tas, dan sebagainya mudah Anda temukan di marketplace dan media sosial. Pembeliannya pun sangatlah mudah karena bisa dilakukan secara online. Anda bisa menggunakan manfaat mobile banking untuk transaksi pembelian produk dalam negeri. Jadi nggak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak membeli produk lokal.

Source : Free Photo

Manfaat Membeli Produk Dalam Negeri


Bangga produk lokal atau istilahnya “local pride” telah digaungkan sejak lama. Namun masih banyak orang yang memilih memakai brand luar negeri karena dinilai lebih prestise atau menampakan kesan mewah. Padahal produk-produk dalam negeri juga memiliki kualitas yang berani bersaing dengan brand kenamaan dari luar negeri.

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat membeli produk lokal. Di samping itu, Anda juga memberi banyak kontribusi positif terhadap ekosistem bisnis dalam negeri. Berikut ini sejumlah alasan mengapa Anda wajib membeli produk dalam negeri.

1. Mendorong Produk Lokal Semakin Dikenal

Dengan membeli dan memakai produk dalam negeri, Anda telah membantu produk lokal untuk semakin dikenal. Apabila permintaan pasar semakin tinggi dan kebanggan terhadap produk lokal menular dengan masif, maka produk lokal pun berpeluang untuk go internasional.

Produk dalam negeri yang memiliki kualitas unggul berpotensi untuk menembus pasar global. Apalagi saat ini para pengusaha atau produsen semakin meningkatkan quality control atas produknya. Tenaga kerja yang membuat produknya pun telah memiliki kompetensi yang cakap atau terampil. Terbukti bahwa brand-brand kenamaan dari luar negeri seperti Nike, Adidas, Onitsuka mempercayakan pembuatan produknya kepada pekerja Indonesia.

2. Mendukung Bisnis atau UMKM Lokal

Alasan lainnya mengapa masyarakat Indonesia harus memiliki kebiasaan membeli produk dalam negeri adalah untuk mendukung kemajuan UMKM lokal. Ketika permintaan pasar atas produk lokal semakin tinggi, maka para produsen pun dituntut untuk mengembangkan bisnisnya baik dari segi manajemen, produksi, pemasaran, hingga branding.

Semakin banyak masyarakat atau customer yang membeli produk dalam negeri, maka UMKM atau bisnis lokal pun semakin terdorong untuk bersaing di pasar global. Selain itu, produsen pun akan semakin bersemangat meningkatkan kualitas produknya dan menciptakan inovasi.

3. Meningkatkan Perekonomian Negara

Pembelian produk lokal juga membawa dampak positif bagi perekonomian negara. Semakin banyak produk lokal yang laku di pasaran maka devisa pun turut meningkat dan perekonomian negara menjadi stabil. Devisa merupakan salah satu alat dan sumber pembiayaan bagi suatu negara dalam lingkup internasional. Selain itu, devisa juga menjadi parameter untuk melihat pertumbuhan ekonomi negara.

Semakin terkenalnya produk lokal sampai ke luar negeri maka dapat menarik minat investor asing. Ketika ada investor yang berinvestasi atau menanamkan modalnya pada pengusaha lokal, maka pendapatan per kapita pun bisa meningkat. Hal ini tentunya turut mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

4. Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Dampak positif dari pembelian produk lokal juga berhubungan dengan lapangan pekerjaan di Indonesia. Ketika permintaan produk semakin tinggi atau laris, produsen pun akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menangani pembuatan produk. Kondisi ini pun menuntut perusahaan atau pengusaha menambah pekerjanya.

Produsen akan membuka lowongan pekerjaan untuk mencari tambahan pekerja guna meningkatkan produksi. Ini semua bisa terjadi ketika permintaan konsumen atas suatu produk semakin tinggi. Jadi secara tidak langsung, membeli produk lokal juga turut berkontribusi dalam mengurangi tingkat pengangguran dan angka kemiskinan di Indonesia.

Source : Free Photo


5. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pendapatan para pengusaha atau UMKM sangat bergantung dari penjualan produknya. Begitu pun dengan penghasilan para pekerja juga bergantung dari lancarnya perputaran bisnis di perusahaan. Itu berarti saat Anda membeli produk lokal maka turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Jadi, bangga dan membeli produk lokal memiliki efek positif yang bersifat domino atau memberi dampak untuk serangkaian ekosistem dalam suatu negara. Mulai dari peluang bisnis terbuka, produksi meningkat, pekerja sejahtera, hingga menambah lapangan pekerjaan.

6. Menghemat Pengeluaran karena Harga Lebih Murah

Manfaat membeli produk lokal bagi diri Anda pribadi adalah bisa menghemat pengeluaran. Produk dalam negeri biasanya dijual dengan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan brand luar negeri. Produk luar dipasarkan dengan harga mahal karena terkena tarif bea cukai, pajak impor, dan pengaruh kurs mata uang asing.

Sementara produk dalam negeri tidak memiliki tuntutan akan beberapa hal tersebut. Meskipun harga jualnya lebih murah, namun produk dalam negeri memiliki kualitas baik yang tidak kalah dari brand luar. Namun ada juga produk lokal yang harganya malah. Tapi ini bukan alasan untuk tidak membeli produk dalam negeri karena itu semua juga disesuaikan dengan bahan baku dan operasional produksinya.

Itulah sejumlah alasan mengapa Anda perlu membeli produk dalam negeri. Setelah memahami sejumlah manfaat membeli produk dalam negeri, masak Anda masih berat merogoh kocek untuk checkout produk lokal? Yuk, mulai sekarang biasakan gemar beli produk lokal dibanding brand luar negeri.

Anda bisa dengan mudah menemukan produk dalam negeri di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Selain ini, UMKM dan produsen produk lokal juga sering memasarkan produknya lewat media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook. Pembelian produk lokal pun semakin mudah karena metode pembayaran bisa Anda lakukan lewat manfaat mobile banking. Cukup membeli produknya secara online dan Anda tinggal menunggu produk diantar ke rumah Anda.

Memanfaatkan Mobile Banking untuk Beli Produk Lokal


Jadi gimana, semakin bersemangat membeli produk dalam negeri untuk mendukung UMKM dan pengusaha lokal? Jangan lupa gunakan manfaat mobile banking saat membeli produk lokal secara online. Dengan mobile banking Anda bisa melakukan pembayaran secara online di marketplace sehingga transaksi jauh lebih praktis, cepat dan mudah.

M banking adalah solusi untuk kebutuhan transaksi di era digital. Salah satu mobile banking terbaik yang akan menunjang kebutuhan belanja online Anda adalah PermataMobile X. Mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. PermataMobile X menyediakan ratusan fitur transaksi yang bisa Anda manfaatkan.

Layanan yang tersedia dalam PermataMobile X, diantaranya transfer dana secepat kilat dengan BI-Fast, bayar tagihan (tagihan listrik, internet, kartu kredit, dan lainnya), cek mutasi rekening hingga 12 bulan, WhatsApp Gift, investasi Reksadana, mengelola kartu kredit (mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), pembayaran menggunakan QR Pay, tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash, dan Apply produk-produk PermataBank. Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.