Beli Tanah atau Rumah Mana Dulu yang Lebih Baik?

by - Sabtu, April 01, 2023

Teman-teman pernah dibuat bingung dengan pilihan antara beli tanah dulu atau langsung beli rumah? Sepertinya ini menjadi pertanyaan yang sering diterima oleh banyak orang yang cukup membuat bingung, salah-salah pilih dan rencana bisa merusak rencana ya. Pilihan antara beli tanah atau rumah sering menjadi dilema tersendiri bagi seseorang yang ingin memulai hidup baru atau memulai investasi.

Di satu sisi, fleksibilitas yang ditawarkan pilihan membeli tanah tampak sangat menggiurkan. Namun di sisi lain, membeli rumah yang sudah jadi membuatmu tak perlu ambil pusing dalam menentukan pilihan. Makin maraknya pasar perumahan dalam beberapa tahun terakhir, tidak menyurutkan niat sebagian orang untuk membangun sendiri rumah impian mereka.

Rumah sebagai tempat tinggal merupakan kebutuhan primer yang sangat penting. Setiap orang membutuhkan tempat tinggal, baik dalam bentuk rumah sewa atau kontrak, maupun rumah milik sendiri dengan membeli rumah jadi atau membangun di atas tanah sendiri. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang padat di berbagai kota salah satunya di Bogor.



Seperti yang teman-teman tahu kalau Bogor merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia otomatis saat cari tanah di Bogor, maupun cari rumah di Bogor akan lebih sulit sebab harga tanah di Bogor masih terjangkau dan ketersediaan lahan untuk hunian juga semakin terbatas, itu salah satu contoh saja ya belum lagi dengan kota-kota besar lainnya.

Beli tanah atau rumah menjadi perbandingan yang sulit ditentukan, sebab harga keduanya makin tinggi setiap tahun. Namun, ada juga asumsi yang mengatakan bahwa membangun rumah di atas tanah sendiri lebih hemat dibandingkan dengan membeli rumah jadi seperti rumah kavling. Untuk memutuskan pilihan antara beli tanah atau rumah, hal yang utama adalah kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan ketersediaan budget.

Dua Pertimbangan Beli Tanah atau Rumah Mana Dulu yang Lebih Baik?


Selain memperhatikan budget atau biaya yang harus dikeluarkan, ada beberapa pertimbangan yang bisa teman-teman pikirkan sebelum memutuskan apakah akan membeli tanah dulu kemudian membangun sebuah rumah atau langsung membeli rumah, diantaranya :

Beli Tanah Bisa Irit Biaya

Saat memilih beli tanah kemudian membangun rumah sendiri, kamu bisa mengatur biaya yang dimiliki sesuai dengan desain rumah, pemilihan material dan budget gaji pekerja bangunan sendiri. Akan selalu ada pilihan material bangunan yang lebih murah. Kamu juga bisa menggunakan jasa pekerja bangunan dengan sistem ‘borongan’, alias pembayaran gaji pekerja bangunan secara sekaligus.

Jadi, gaji pekerja dibayarkan sesuai dengan target penyelesaian proses pembangunan yang sudah disepakati. Jika pengerjaan bangunan molor, biasanya aka nada konsekuensi pemotongan gaji pekerja bangunan. Sistem ‘borongan’ ini lebih hemat jika kamu bertemu dengan pekerja bangunan yang memiliki tarif terjangkau, dan kinerja yang cekatan.

Harga sistem ‘borongan’ juga lebih murah dibandingkan jika harus menggunakan pekerja bangunan yang dibayar per hari. Ini menjadi pertimbangan pertama yang bisa teman-teman pikirkan untuk memutuskan apakah beli tanah dulu atau langsung beli rumah.

Beli Rumah Bisa Lebih Praktis dan Siap Ditempati

Ada dua tujuan yang ingin diraih seseorang yang sedang menimbang antara beli tanah atau rumah, yakni tujuan investasi dan tujuan untuk memiliki tempat tinggal. Jika kamu ingin berinvestasi, maka beli tanah mungkin menjadi hal yang lebih tepat. Sebab nilainya selalu naik, dan kamu tidak perlu mengeluarkan budget perawatan khusus.

Lain halnya dengan membeli rumah untuk investasi lalu disewakan pada orang lain. Kamu harus menyisihkan budget perawatan rumah, agar nilai dari bangunan tidak turun. Jika kamu bertujuan untuk memiliki tempat tinggal yang dihuni sendiri, maka saat membeli tanah, kamu harus menyisakan budget ekstra untuk membangun rumah tersebut.

Hal ini tentu membutuhkan waktu pembangunan yang membuatmu harus menunggu. Belum lagi dengan waktu yang kamu korbankan untuk memantau kinerja pekerja bangunan setiap harinya. Serta kemungkinan proses pembangunan yang terhenti jika ternyata budget membeli material bangunan mandek.

Kalau kamu ingin memiliki rumah di Bogor yang segera ditempati, ada baiknya jika kamu membeli rumah saja. Jadi, sudah ada pandangan apakah mau beli tanah di Bogor dulu atau tancap gas langsung beli rumah di Bogor yang praktis dan siap ditempati? Tentunya semua ada kekurangan kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan terlebih dulu, jangan keburu pikirkan dengan baik dan matang.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.