Teman Kreasi Smartfren Dukung Konten Kreator dan Wirausahawan

by - Sabtu, Maret 27, 2021

Sebagai pengguna setia Smartfren saya dibikin bangga dengan salah satu programnya yang baru diluncurkan pada hari kamis 25 Maret 2021 kemarin. Program bernama Teman Kreasi ini peduli dengan usaha dan komoditas kreatif masyarakat Indonesia. Memang di tengah masa pandemi Covid-19 ini masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan berdaya siang demi bisa bertahan hidup.

Sejalan dengan keadaan saat ini program Teman Kreasi ini merupakan sarana pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Menggunakan prinsip kokreasi yang saling mendukung, program ini diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, dan kreator lokal di Indonesia.

Fyi, Smartfren sebelumnya sudah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten, dan melahirkan berbagai produk edisi terbatas. Karya terbaru kokreasi tersebut berupa jersey pesepeda dari Common Spot dan Show The Monster, akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia.

Teman Kreasi Smartfren


Baca Juga : Kokreasi Kreator Konten dan Brand Lokal Melalui WOWLabs Smartfren

Menjadi Konten Kreator yang Produktif di Tengah Pandemi Covid-19


Seperti yang kita tahu saat ini, generasi milenial merupakan bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia di masa mendatang. Generasi ini Iahir di saat era tercanggih teknologi internet semakin masif digunakan, terutama dalam pemanfaatan media sosial sebagai platform komunikasi dan bersosialiasi.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi salah satu aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Perlu pula dikembangkan interaksi dua arah dengan milenial agar fasilitas pengembangan skill bisa benar-benar menjawab kebutuhan baik itu dari pasar maupun dari minat dan bakat kaum muda sebagai subjek pembangunan.

Kreatifitas tidak boleh berhenti, meski saat ini masih pandemi Covid-19. Justru di tengah keterbatasan ini, para konten kreator harus mampu membuat inovasi dalam berkarya. Apalagi saat ini tren masyarakat untuk mengakses media sosial (medsos) seperti YouTube, Instagram, Facebook dan lainnya semakin meningkat di masa pandemi.

Tentunya situasi semacam ini bisa menjadi peluang untuk pengembangan konten. Saya sendiri yang aktif menulis di blog dan membuat tutorial di YouTube bisa melihat celah keberuntungan di tengah kondisi saat ini. Asal kita mau terus berusaha lebih keras, rajin dan mengasah kreatifitas pandemi tidak lagi menjalani alasan untuk berhenti berkarya.

Teman Kreasi Smartfren

Selama masa pandemi Covid-19 ini memang masih banyak penyesuaian baru yang harus kita lakukan. Memilih menunggu dan menyalahkan kondisi daja bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan saat ini. Yang perlu kita lakukan saat ini adalah bisa tetap produktif meskipun aktivitas di luar masih terbatas.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif meskipun di dalam rumah saja yakni membuat konten. Bukan hanya bisa menjadikan kita lebih produktif saja, tapi peluang bisnis konten kreator sangat menjanjikan ketika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Selain memulai bisnis konten kreator secara mandiri melalui beragam chanel seperti Instagram, YouTube, atau platform podcast kamu bisa menjadi konten kreator lepas.

Saat ini sudah banyak bisnis online mulai dari makanan, minuman, produk pakaian dan produk lainnya yang menjadikan digital marketing sebagai sistem pemasarannya. Nah, peluang inilah yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi konten kreator lepas dengan memproduksi konten sesuai dengan jenis bisnis yang cocok dengan minat dan kemampuan kita.

Menjadi konten kreator juga perlu paham mengenai tren industri saat ini agar bisa menyesuaikan kebutuhan pasar. Dengan kekuatan visual seperti illustrasi produk, foto produk, desain produk dan deskprisi produk itu menjadi tanggung jawab utama content creator.

Konsumen tidak akan mau melihat produk atau layanan kita ketika tidak menarik, konten yang biasa, Feeds yang berantakan, konsep penonjolan warna yang tidak jelas dan media sosial yang kurang aktif. Dengan permasalahan digital marketing itulah content creator hadir untuk menjadi solusi

Beri Dukungan Kreator Lokal dan Wirausahawan, Smartfren Hadirkan Program Teman Kreasi


Sebagai seorang creativepreneurship, menjadi konten kreator sangatlah cocok karena profesi itu harus kreatif, anti mainstream dan berimajinasi. Berfikir kreatif tapi yang umum juga akan kalah, jadi juga harus anti mainstream pola pikir kreatifnya. Apalagi saat ini dukungan yang diberikan Smartfren kepada peserta program Teman Kreasi Indonesia ini mencakup koneksi internet 4G LTE Advance.

Jadi, nantinya koneksi ini bisa menjadi modal untuk menjalankan kegiatan wirausaha secara online, salah satunya membuat karya. Keberadaan Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia menjadi dukungan dalam hal jaringan potensi pasar.

Diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat. Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir antara lain di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, dan Bali.

Teman Kreasi Smartfren


Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren, pada konferensi pers virtual, Kamis (25/3/2021), mengatakan bahwa kehadiran program Teman Kreasi Indonesia adalah bukti sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik.

''Kami yakin Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital. Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100 persen 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial,'' jelasnya.

Bagaimana? Penawaran dari program Teman Kreasi dari Smartfren ini menarik banget kan? Rencananya Smartfren akan menghadirkan program tersebut di berbagai wilayah lain yang sudah dijangkau oleh Smartfren Community. Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini antara lain berupa kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, dan ledre.

Teman Kreasi Smartfren


Bagi pelaku wirausaha atau mereka yang ingin mengembangkan wirausaha berbasis digital dan sosial dapat mendapatkan informasinya di media sosial Smartfren. Bagi yang ingin mengembangkan wirausaha berbasis digital dan sosial, maka bisa mengikuti akun Instagram resmi @SmartfrenCommunity dan @TemanKreasi_id. Selain itu bisa juga menghubungi Teman Kreasi Indonesia dengan mengirim surat elektronik ke info@temankreasi.id.

Smartfren Hadirkan Teman Kreasi Indonesia


You May Also Like

1 komentar

  1. keren tulisannya, dan meja kece itu tempat menghasilkan konten-konten berkualitas di blog ini toh. Mantabs, Ebok!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.