Kokreasi Kreator Konten dan Brand Lokal Melalui WOWLabs Smartfren

By Riska Ngilan - Rabu, Desember 16, 2020

Istilah kokreasi akhir-akhir ini semakin populer. Masa depan sebuah bisnis dianggap bergantung pada konsep tersebut. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan kokreasi? Secara istilah, konsep kokreasi adalah bagian dari upaya kolaborasi. 

Bedanya, kolaborasi lebih mengarah pada kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Sedangkan kokreasi merupakan sinergi antara dua pihak atau lebih dalam menciptakan sesuatu yang lebih baik. 



Hadapi Perkembangan Digital Melalui WOWLabs Smartfren Tampung Ide Kreatif dari Generasi Muda Indonesia 


Faktanya, keberadaan content creator atau kreator konten dan brand lokal kian tumbuh subur di Tanah Air. Namun demikian, belum banyak media atau wadah yang menyatukan para talenta muda untuk mengekspresikan diri mereka lewat sebuah karya kreatif. Padahal kalau ada peluang untuk bersinergi tidak menutup kemungkinan hasinya akan luar biasa, bukan? 

Selain dapat memberikan semangat baru, bersinergi dengan berbagai pihak untuk menciptakan peluang ini dapat menjadi solusi menghadapi perkembangan digital yang begitu pesat. Konsep kokreasi ini menjadi bagian dari upaya kolaborasi, yang merupakan sinergi antara dua pihak atau lebih dalam menciptakan sesuatu yang lebih baik dan menguntungkan. 

Konsep kokreasi menginspirasi Smartfren meluncurkan sebuah wadah kokreasi untuk menampung generasi muda berbakat bernama WOWLabs. Dengan wadah ini, para generasi muda Indonesia bisa berkreasi tanpa batas dan mewujudkan karya-karya mereka. 

Beberapa brand lokal seperti Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store berhasil digandeng Smartfren untuk bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik. 

Bagi kamu yang belum tahu, Hana Madness dan Show the Monster adalah kreator lokal yang fokus pada pengelolaan intellectual property (IP) berupa desain karakter. Hana Madness, yang memiliki nama lengkap Hana Alfikih, membuat karya yang terinspirasi dari kisahnya saat melawan penyakit mental. 

Sedangkan Show the Monster merupakan sebuah tim yang dipimpin oleh Evan Aditya untuk mengembangkan IP berupa desain karakter berbentuk macam-macam monster. Sementara itu, AHHA Official Store dan Stayhoops merupakan brand lokal yang dikenal memproduksi berbagai produk fashion. 

AHHA sendiri merupakan bisnis dari Atta Halilintar yang memproduksi outer dan t-shirt. Sedangkan Stayhoops adalah brand lokal yang memproduksi antara lain kaus kaki dan masker. Saat ini, produk yang sudah tersedia adalah sepatu limited edition buatan Pijak Bumi dan kaos kaki buatan Stayhoops yang keduanya dibuat dengan desain karya Addy Debil. 



Sebagian hasil penjualan produk limited edition tersebut, akan dipakai untuk memperkuat pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfren. Brand dan produk karya lokal ternyata tidak kalah keren dengan produk dari luar negeri. Itu yang menjadi alasan Smartfren untuk membuat wadah WOWLabs. 

Salah satunya dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren. Saat ini Smartfren Community memiliki 11 Rumah Kreatif yang antara lain berada di Natuna, Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya, dan Cilacap. 

Semangat kokreasi ini lebih dari sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta mengembangkan diri untuk banyak orang. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang dimana perekonomian sedang tidak stabil. 

Sebelum meluncurkan WOWLabs, Smartfren juga telah menjalin kemitraan dengan berbagai kreator muda Indonesia. Salah satunya adalah Addy Debbil, seniman grafis yang hasil karyanya ditampilkan dalam WOW Virtual Concert 2020 lalu.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.