Tetap Aktif Bergerak Demi Kesehatan Tulang Otot dan Sendi

by - Rabu, Agustus 04, 2021

Di masa pandemi seperti sekarang kebutuhan tubuh untuk bergerak tidak boleh dilupakan begitu saja. Selama berada di rumah, bukan berarti malah berdiam diri tanpa aktivitas fisik. Justru sekarang ini adalah saat yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan beraktivitas fisik secara aktif.

Menjaga kondisi tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat merupakan salah satu bentuk self care. Terlebih lagi, gaya hidup sehat harus dilakukan sedini mungkin sebagai investasi kesehatan masa depan dan salah satu upaya untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik melalui bidang kesehatan.

Terpikir tidak bagaimana kesehatan tulang, sendi dan otot yang ada di dalam tubuh kita saat terlalu banyak berdiam diri? Ya, seseorang harus selalu aktif bergerak sejak dini hingga lanjut usia untuk mendapatkan kesehatan secara menyeluruh.



Menjaga Kesehatan Tulang Sendi dan Otot Dengan Aktif Bergerak, Jangan Malas Bergerak!


Malas bergerak artinya kita hanya duduk berjam-jam menatap layar komputer, laptop, atau handphone, menonton TV seharian, atau lebih banyak tidur. Saya pernah baca di salah satu artikel kesehatan bahwa untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, bergerak aktif dengan olahraga setidaknya dilakukan 150 menit per minggu.

Selama merawat kedua orang tua yang sudah sepuh, saya memperhatikan betul bagaimana menyiksanya saat fungsi tulang, sendi dan otot sudah tidak lagi maksimal, untuk bangun dari duduk saja sudah sangat kesusahan karena nyeri sendi dan tulang yang cukup mengganggu. Dari sanalah saya tersadar kalau kesehatan tulang itu penting sekali untuk dijaga supaya nanti saat sudah tua masih bisa aktif bergerak tanpa batas.



Olahraga teratur juga terbukti mencegah penyakit, lho. Berikut ini ada empat hal yang terjadi pada tubuh jika kita malas bergerak yang saya rangkumkan dari beberapa artikel kesehatan. Dan keempat hal ini yang pernah saya alami sendiri saat tubuh saya kurang bergerak.

Stres

Ketika tidak bergerak aktif, seseorang ternyata lebih mudah stres. Stres bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit. Para ahli mengatakan, tingkat stres akan lebih rendah ketika tubuh bergerak aktif, seperti olahraga. Sebab, olahraga akan melepaskan endorfin, yang membuat suasana hati lebih baik atau bahagia.

Susah Tidur

Bergerak aktif dapat melepaskan hormon yang membuat kita bisa tidur nyenyak di malam hari. Sebaliknya, jika tubuh tidak aktif, maka tidak ada energi yang digunakan tubuh. Akibatnya, kita bisa terjaga sepanjang malam saat waktunya tidur.

Metabolisme Melambat

Kecepatan metabolisme tubuh akan melambat jika kita tidak bergerak aktif. Melambatnya metabolisme merupakan salah satu dampak paling buruk jika kita malas bergerak. Salah satu akibat lambatnya metabolisme, yaitu kegemukan atau obesitas yang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit.

Tulang Melemah

Kebiasaan malas bergerak, ternyata juga dapat membuat tulang kita melemah. Malas bergerak atau tidak berolahraga bisa meluruhkan otot-otot di sekitar tulang. Kita akan berisiko menderita osteoporosis atau pengeroposan tulang lebih cepat.

Menjaga Kesehatan Tulang Sendi dan Otot Dengan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X


Demi menunjang segala aktivitas yang kita lakukan setiap harinya, pemenuhan asupan nutrisi yang tepat sangat diperlukan. Dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Berikut beberapa tips memilih makanan untuk menunjang aktivitas fisik sehari-hari.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat, kita dapat memilih nasi merah, roti gandum, atau oatmeal. Kandungan seratnya yang lebih tinggi memberikan nilai tambah untuk kesehatan.

Penuhi Kebutuhan Protein dan Sehat

Pilihlah daging rendah lemak, ikan, dan kacang-kacangan untuk memenuhi sumber protein. Hindari makanan yang digoreng untuk menurunkan asupan lemak jenuh dalam tubuh kita.

Nutrisi Seimbang

Pastikan kita memiliki nutrisi lengkap dan seimbang. Cara mudah mempraktikkan pemilihan makanan adalah ½ porsi piring makan adalah buah dan sayuran, ¼ piring terdiri dari protein, dan ¼ piring terdiri dari karbohidrat.

Minum Susu

Susu sebagai salah satu sumber nutrisi yang kaya vitamin dan mineral. Dari kecil kita sudah terbiasa minum susu, dan kebiasaan baik ini sudah sewajarnya dilanjut hingga masa tua nanti. Kita bisa memilih susu yang tinggi kandungan kalsium dan bisa menunjang kesehatan tulang seperti susu Anlene.

Anlene sebagai ahli nutrisi tulang memiliki komitmen untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan menyediakan nutrisi susu berkualitas tinggi yang #LebihDariSusu. Selain dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian, Susu Anlene yang tersedia dalam varian Anlene Actifit 3X dan Anlene GOLD 5X.



Nah, kedua varian susu Anlene ini bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot dengan kandungan Movemax yang tinggi kalsium, kolagen dan Vitamin C, protein, dan vitamin B2, B6 B12, C, D, E, Zinc, serta Magnesium untuk mendukung gerak aktif tubuh kita.

Susu Anlene memiliki varian khusus Anlene GOLD 5X dengan Movemax (tinggi kalsium, kolagen dan Vitamin C, protein, dan vitamin B2, B6 B12, D, E, Zinc, serta Magnesium) plus Nutrisi lebih dan tanpa penambahan gula. Sehingga bagi yang memiliki keluhan diabetes, varian Anlene GOLD 5X adalah pilihan tepat.

Selain itu, kandungan serat dan kalium juga membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah tetap normal. Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis dengan mengikuti kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene, alat sederhana yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana.

Kebetulan juga nih saat ini Anlene sedang mengadakan kompetisi virtual #JadiAtletDiRumah teman-teman semua bisa ikutan dengan cara unggah video berjalan, berlari dan melompat kalian ke Instagram. Kompetisi ini sendiri berlangsung sampai 8 Agustus besok, untuk informasi selengkapnya kunjungi Instagram @anlene_indonesia



Yuk, jaga kesehatan tulang, sendi dan otot kita demi investasi masa depan.

You May Also Like

27 komentar

  1. Setujuuuu harus rajin gerak. Jadi pas masa tua juga ngga kerepotan dengan fungsi tulang yang tidak masksimal. Harus minum anlene juga untuk support nutrisi.

    BalasHapus
  2. Saya juga mulai sadar nih investasi sehat memang seharusnya sejak dini ya biar masa tua nanti tetap bisa sehat dan aktif, kesehatan tulang, otot dan sendi pun terjaga :)

    BalasHapus
  3. Aduh, reminder banget ini. Aku belakangan ini (selama pandemi) memang kurang gerak, padahal usia juga nggak kinyis-kinyis lagi. Mesti berubah nih biar sehat dan fit selalu.

    BalasHapus
  4. Artha Nugraha Jonar14 Agustus 2021 20.47

    Susu adalah salah satu asupan yang memberikan banyak nutrisi buat tubuh kita. Perlu banget untuk rutin minum susu.

    BalasHapus
  5. Makasih Ris dah diingatkan buat rajin bergerak. Ga sadar kadang selama pandemi stay at home malah ogah-ogahan berolahraga. Paling pol ya jogging tipis-tipis. Padahal penting banget ya bergerak buat aku yg bentar lagi 40 tahun. Ditambah Anlene Actifit 3x bakalan makin mantap biar asupan kalsium dan kolagen terpenuhi. Ibuku juga minum Anlene dan suka rasanya.

    BalasHapus
  6. Memang sih hawa mager jadi godaan terberat di tengah WFH. Namun demi kesehatan tulang, harus musnahkan si mager dengan akger alias aktif bergerak.

    BalasHapus
  7. Anlene ini jadi rujukan setelah selama ini aku nyari2 susu untuk memperkuat tulang tapi ngga bikin organ lain bekerja keras karena kebanyakan gulaa.
    Happy deh bisa ikut kegiatan gerak bareng anlene ya mba

    BalasHapus
  8. Yes.. kekuatan otot tulang dan sendi emang penting banget.. Biar ntar kalo dah umurnya 40+ atau 50+ masih bebas aktif bergerak tanpa nyeri tulang dan sendi ya..

    BalasHapus
  9. bener banget. kalo kurang gerak kadang tu bikin stres dan badan rasanya lemes. tidur nggak nyenyak. Pandemi gini emang susah kalo mau keluar rumah mikir2. Tapi bukan jadi alasan sih sebenarnya kan bisa senam di dalam rumah hehe

    BalasHapus
  10. Aku pun sekarang mulai belajar banyak bergerak. Jangan sampai anggota gerak kita gak kepakai. Jangan lupa tambahan nutrisinya juga

    BalasHapus
  11. klo mau otot dan tulang sehat, pastinya harus rajin bergerak ya mbak
    aku juga mulai disiplin olahraga rutin nih

    BalasHapus
  12. Mumpung masih usia segini nih berarti aku kudu rajin olahraga ya biar nanti tua bisa kuat tulangnya.

    BalasHapus
  13. Yuk ah terus bergerak dan aktif semasa muda agar tetap sehat sampai tua.
    tentu bareng anlene dan gerakan inovatifnya!

    BalasHapus
  14. Susu sebagai salah satu sumber nutrisi yang kaya vitamin dan mineral. Dari kecil kita sudah terbiasa minum susu, dan kebiasaan baik ini sudah sewajarnya dilanjut hingga masa tua nanti.

    Apalagi di masa PPKM kayak gini kita harus bener2 jaga imunitas dan kesehatan tubuh.....

    BalasHapus
  15. sering bergerak dan sering melakukan kegiatan jangan lupa juga untuk konsumsi anlene agar tulang semakin kuat

    BalasHapus
  16. Semakin sering gerak semakin bagus untuk tulang otot dan semua saraf, namun sambil konsumsi anlene

    BalasHapus
  17. Kalau masalah tulang, Anlene emang udah terngiang-ngiang di kepala sih. Ternyata sepenting ini ya kebutuhan fisik yang pastinya berkaitan juga sama tulang.

    Kayaknya yang bikin stress dan kurang tidur akhir-akhir ini gara-gara kurang bergerak secara fisik deh, ok deh habis ini aku bakal lebih sering bergerak

    BalasHapus
  18. Benar banget saya juga merasakan hal tersebut ketika k.h. lihat orang tua yang bergerak karena faktor usia. Penting banget sih memang aktif bergerak dan nutrisi yang tepat seperti Anlene Gold ini

    BalasHapus
  19. Rajin gerak ini kaya investasi di masa tua ya ka, Menikmati hasil dari apa yang kita tanam di waktu muda. Susu anlene ini emang udah dari dulu emang produknya thebest,dan bagus bngt buat kesehatan tulang

    BalasHapus
  20. PR banget nih buatku untuk rajin gerak, karena semenjak pandemi ada aja alasan untuk bergerak...

    BalasHapus
  21. susu yang cocok buat saya kak dan juga favorit momi saya kak, rasanya pas banget ga kemanisan dan pastinya kualiatasnya bagus

    BalasHapus
  22. Setujuuuu. Nggak boleh lupa gerak walaupun cuma di rumah aja yaaa.. harus tetep peduli sama kesehatan dan kebugaran tubuh terutama kesehata tu;ang kita yaaaa

    BalasHapus
  23. Kayaknya aku perlu banyak banget nih Anlene gold 5x . Makin tua makin males gerak hihihi gak boleh yah kak. Mudah2an bisa deh terus bergerak demi sehat

    BalasHapus
  24. Anlene dari dulu selalu mengajak kita untuk bergerak aktif terus. Dan sekarang di musim pandemi pun, gak ada alasan mager karena bisa bergerak dari rumah.

    BalasHapus
  25. Okay harus otw minum Anlene ini mba supaya kesehatan sendi dan tulang selalu terjaga karena memang ini juga penting bangettt untuk menopang hidup kita sehari hari. Yok sehat terus yok

    BalasHapus
  26. aku juga sudah lebih rutin untuk bergerak, supaya tetap sehat ya

    BalasHapus
  27. Setuju nih sama konsep menjaga gerakan supaya otot tidak melemah. Apalagi ditengah pandemi gini ya. Jangan suka rebahan krena bakal tambah bikin stres

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.