Tiga AI Laptop Gaming Terbaru dari ASUS ROG

by - Jumat, Maret 22, 2024

Salah satu merk laptop yang bisa dibilang cukup sering me-launching series laptop terbaru memang akrab banget sama ASUS ya. Kali ini ada ASUS ROG (Republic Of Gamers) yang sukses membuat saya merasa “Wow, beneran nih ASUS ngeluarin laptop sekeren ini?..”. Tim ASUS ROG datang jauh dari Jakarta untuk memperkenalkan 2 series laptop terbaru mereka.

Hari Minggu tanggal 17 Maret 2024 kemarin berlokasi di Hotel Sheraton Surabaya, saya menghadiri acara Blogger Gathering 2024 bersama ASUS ROG. Acara berjalan santai dan sangat seru, ada kuis Kahoot, lomba Reels yang pengumuman pemenangnya diumumkan langsung diakhir acara dan ditutup dengan acara buka puasa bersama.



Ada sekitar 20 orang blogger termasuk saya yang beruntung bisa melihat, memegang dan mencoba langsung salah satu series laptop terbaru ASUS ROG yang dikenal paling tipis, ringan dan powerful di dunia. Tiga unit laptop ASUS ROG series yang diperkenalkan langsung yakni :

  • ROG Zephyrus G14
  • ROG Zephyrus G16
  • TUF Gaming A15

Ketiga unit laptop tersebut memang oke banget mulai dari desain, layar, baterai, spec, bahkan dari harga yang ditawarkan. Ketiganya memiliki spesifikasi dan kelebihan masing-masing. Mulai dari gamer, desain grafis, maupun digunakan oleh blogger seperti saya, cocok banget! Penasaran? Ayo, saya coba tuliskan dalam tiga poin utama ya.

Laptop ASUS ROG Zephyrus G14


ROG Zephyrus G14 pertama kali hadir di tahun 2020, dengan desain yang revolusioner laptop gaming ini berhasil menggemparkan dunia. Sekarang kembali ASUS ROG resmi memperkenalkan ROG Zephyrus G14 (GA403) yang merupakan seri terbaru AI laptop gaming 14 inch paling tipis, ringan dan powerful.

Kiri ROG Zephyrus G16 dan Kanan ROG Zephyrus G14


Ultra Thin and Light

Sudah nggak diragukan lagi bahwa ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan laptop gaming paling tipis dan ringan di kelasnya. Dengan bobot hanya 1,5 Kg dan ketebalan di angka 1,59 cm saja. Sehingga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) tampil lebih tipis dan ringan. Menjadi poin keunggulan yang pertama sebagai laptop AI gaming.

Menggunakan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat yang sangat nyaman sekali saat digunakan. Ukuran touchpadnya yang lebih besar dibandingkan series sebelumnya untuk memudahkan navigasi dan krontol yang lebih baik.

Semuanya itu nggak lepas dari adanya penggunaan CNC-machine chassis yang membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik. Sistem audionya didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos dengan dua buah speaker dengan ukuran 25% lebih besar dan 40% lebih kencang menghasilkan suara.

Bukan cuma dikenal paling tipis dan ringan namum AI Gaming laptop ini tampil lebih unik dan modern dengan fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop. Slash Lighting bisa meningkatkan kreatifitas dengan mengkostum sendiri tampilan pola tertentu melalui aplikasi Armoury Crate yang terdapat di ROG Zephyrus G14.

Slash Lighting


Powered by AI

Artificial Intelligence (AI) merupakan sistem teknologi masa depan terutama yang digunakan pada komputer maupun laptop. ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan AI gaming laptop ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI.

Adanya prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series pada ROG Zephyrus G14 (GA403) bukan cuma membuat tampilan laptop menjadi lebih superior tapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI bila dibandingkan laptop sebelumnya. Dengan tampilan yang lebih superior ini nyatanya laptop ini dibekali sistem pendingin yang sesuai.

Sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya, membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) dijamin tetap konsisten soal performanya. Beroperasi lebih optimal di berbagai aktivitas dengan suara kipas lebih senyap.

World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

AI Gaming Laptop yang paling tipis dan ringan dengan performa yang optimal disempurnakan dengan penggunaan ROG Nebula Display pada layarnya. ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan AI gaming laptop pertama di dunia yang mengadopsi layar OLED dengan VRR sehingga memastikan pengalaman gaming tanpa tearing ataupun stuttering.

Layar OLED pada ROG Zephyrus G14 (GA403) memberikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan colour gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Didukung dengan teknologi HDR dan memiliki rasio kontras yang sangat tinggi cocok sekali digunakan oleh desain grafis untuk mendukung proses mendesain lebih baik. ROG Zephyrus G14 (GA403) affordable di harga mulai 23 juta Rupiah.

Laptop ASUS ROG Zephyrus G16


ASUS ROG Zephyrus G16 ini merupakan kakak dari ROG Zephyrus G14, mirip-mirip tapi memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda. Masih dengan claim yang sama ROG Zephyrus G16 (GU605) dikenal sebagai laptop 16-inci paling tipis, ringan, dan powerful di dunia. Yap, hanya selisih 2 inch saja dengan sang adik.

Kiri ROG Zephyrus G16 dan Kanan ROG Zephyrus G14



Thinnest and Lightest

ROG Zephyrus G16 (GU605) memiliki ukurang layar 16 inch dengan bobot hanya 1,85 Kg dan ketebalannya berada di ukuran 1,49 cm nggak sampai 2 cm, lho! CNC-machine chassis masih dipilih kembali sebagai penopang ROG Zephyrus G16 (GU605) memberikan ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik.

Ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat dengan desain edge-to-edge keyboard sehingga memberikan kenyamanan saat menggunakan laptop ini. Masih ditemani dengan ukuran touchpadnya yang lebih besar sehingga memungkinkan penggunanya mendapatkan navigasi dan kotrol yang lebih baik.

Sistem audionya menggunakan Dolby Atmos dengan dua buah speaker memiliki ukuran 25% lebih kecil dan menghasilkan suara 40% lebih kencang. Fitur Slash Lighting juga disematkan pada belakang layar ROG Zephyrus G16 (GU605) dan bisa dikostum melalui aplikasi Armoury Crate. Sampai disini masih belum terlalu terlihat berbeda dengan ROG Zephyrus G14 (GA403). Tahan, sabar dulu ya.

Powered by AI

Sama-sama dikenal sebagai AI gaming laptop dengan ROG Zephyrus G14 (GA403), hanya saja bedanya ROG Zephyrus G16 (GU605) ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI.

ROG Zephyrus G16 (GU605) dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4080 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk eksperimentasi AI.

Sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya untuk mendukung performa yang stabil selama penggunaan laptop. Bekerja lebih optimal diberbagai aktivitas dengan disematkan sistem pendingin berbasis vapor chamber dan suara kipas lebih senyap.

World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

Lagi-lagi masih sama dengan saudaranya ROG Zephyrus G14 (GA403) pemilihan ROH Nebula Display dipilih untuk mendukung performa layar ROG Zephyrus G16 (GU605). Didukung dengan layar panel OLED yang sudah dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC.

Memiliki response time 0.2 ms lebih cepat dibandingkan seri sebelumnya disertai teknologi HRD memiliki rasio kontras yang sangat tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. ROG Zephyrus G16 (GU605) affordable diharga 30 jutaan, sesuai dengan desain, dan spec yang ditawarkan sebagai laptop AI Gaming terbaru.

Laptop ASUS TUF Gaming A15


Panggilan untuk para Gamers, ini laptop terakhir yang saya coba tipis-tipis pada acara Gathering Blogger ASUS yang bakalan bikin kalian terkagum-kagum. TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan laptop AI Powered Gaming dengan harga paling terjangkau di Indonesia. Laptop ini affordable di harga sekitar 23 jutaan saja.

TUF Gaming A15 (FA507U)


Superior AI and Gaming Performance

TUF Gaming A15 (FA507U) dikategorikan sebagai AI-powered gaming laptop dengan ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI membuat performa lebih superior. Fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU membuat laptop ini tampil lebih optimal serta efisien untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI.

TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan definisi laptop AI Gaming sesungguhnya dengan prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA™ 3 untuk GPU terintegrasinya. NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi.

TUF Gaming A15 (FA507U) dibekali GPU modern hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, bukan cuma mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru, tapi juga sangat cocok untuk kebutuhan eksperimen AI seperti menjalankan aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI.

Sistem pendinginnya canggih dengan dua kipas yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga ekperimen AI. Menghadirkan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

Superior Durability

Bukan cuma performa gaming terbaik tapi durabilitas terdepan akan kita temukan pada TUF Gaming A15 (FA507U). Berhasil mengantongi sertifikasi los uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Membuktikan bahwa TUF Gaming A15 (FA507U) memiliki desain bodi yang lebih tanggguh membuat tenang saat dibawa bepergian.

Masih ragu memiliki laptop gaming karena takut lalai dalam penggunaan? Tenang, ada ASUS Perfect Warranty di tahun pertama untuk kerusakan akibat lalai dalam penggunaan. Ditambah lagi garansi internasional selama 2 tahun untuk perbaikan dan ganti sparepart gratis dengan catatan kerusakan bukan akibat lalai dalam penggunaan, ya!

Performance For All

Dirancang khusus untuk kamu yang menginginkan AI Gaming laptop dengan performa tinggi, TUF Gaming A15 (FA507U) dibekali prosesor AMD Ryzen™ 9 8945H yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan clock speed hingga 5.2GHz, memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB, memorinya masih bisa di-upgrade.

Dihadirkan dua varian, yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dan RTX 4070. Well, sudah bisa dipastikan TUF Gaming A15 (FA507U) menjadi AI gaming laptop yang powerful sekaligus tangguh untuk semua. Inilah AI Gaming laptop dengan harga paling terjangkau di Indonesia yang bisa kamu miliki!

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.