10 Tips Belanja Bulanan Lebih Hemat

by - Rabu, Juli 06, 2022

Belanja kebutuhan rumah atau belanja bulanan sekilas terlihat mudah, sebab kamu hanya perlu menyiapkan uang dan datang ke supermarket terdekat. Namun, tahukah kamu bahwa belanja bulanan tidaklah semudah itu. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan agar budget belanja bulanan tidak melebihi batas dan tidak ada barang yang mubazir.

Salah satu tips belanja bulanan lebih hemat adalah bisa memanfaatkan promo di aplikasi belanja online loh! Nah, berikut ada 10 tips belanja bulanan lebih hemat yang bisa kamu terapkan dari sekarang. Agar kamu tidak merasa menyesal sudah membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, serta tentunya tidak melewati batas budget yang telah diatur.



1. Buat Daftar Belanjaan

Tips untuk belanja bulanan lebih hemat yang pertama adalah membuat daftar belanjaan sesuai dengan stok di rumah. Dengan membuat daftar belanjaan, kamu tidak akan membeli barang-barang yang masih ada di rumah.

Coba untuk membuat daftar belanja yang jelas sesuai stok di rumah dengan memeriksa secara teliti semua barang yang masih ada dan yang sudah habis. Setelah itu, pastikan kamu mematuhi aturan untuk hanya belanja sesuai dengan apa yang ada di daftar tersebut.

2. Jangan Belanja dalam Kondisi Lapar

Meski kamu telah membuat daftar belanjaan, namun pastikan kamu tidak pergi belanja dalam kondisi lapar ya. Sebab, rasa lapar bisa membuat kamu tergerak membeli lebih banyak barang yang sebenarnya tidak ada di dalam daftar belanjaan, bahkan bisa juga kamu membeli barang-barang yang tidak berguna.

Membeli banyak barang tidak berguna saat lapar bukan hanya disebabkan karena barang tersebut terlihat menarik, namun karena ada semacam desakan untuk memiliki sesuatu selain yang kamu butuhkan. Jadi, pastikan sebelum berbelanja kamu sudah makan dengan kenyang.

3. Lihat Katalog untuk Cari Promo

Kebiasaan melihat katalog untuk mencari promo juga merupakan salah satu tips belanja bulanan lebih hemat. Jika kamu belanja di supermarket, maka biasanya mereka menyediakan pamflet yang diberikan kepada para pelanggan. Di pamflet itu kamu bisa mencari promo yang berlaku saat itu dan bisa kamu beli barang promo sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu lebih suka belanja online, maka bisa juga cek di aplikasi online tertentu promo apa yang tengah mereka tawarkan, seperti cashback atau diskon. Promo sekecil apapun tetap menguntungkan, apalagi jika kamu belanja dalam jumlah yang besar.

4. Bandingkan Harga bukan Merek

Ketika belanja kamu bisa membandingkan harga barang yang ingin dibeli, hal ini dapat membantu kamu mendapatkan harga termurah. Namun, sebaiknya jangan bandingkan merek jika kualitas yang diberikan tidak jauh berbeda. Agar lebih hemat, kamu bisa belanja di aplikasi belanja online yang menawarkan banyak promo serta voucher.

5. Buat Menu Makanan Berdasarkan Stok Barang

Kamu tak harus membeli banyak barang saat belanja bulanan jika masih banyak stok di rumah. Dibandingkan membeli bahan makanan dalam jumlah besar untuk membuat menu makanan tertentu, lebih baik kamu membuat menu makanan berdasarkan stok barang yang masih ada.

Contohnya, kamu bisa membuat menu makanan menggunakan telur yang ada di kulkas. Dengan demikian, kamu bisa berhemat dan tidak perlu mengeluarkan uang lebih besar untuk membeli banyak barang.

6. Utamakan Membeli Makanan Segar

Makanan segar umumnya lebih murah dibandingkan dengan makanan kaleng atau kemasan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membiasakan diri membeli makanan segar untuk langsung diolah, kecuali jika kamu harus membeli makanan kaleng untuk memenuhi persediaan di rumah dalam jangka waktu yang panjang. Selain lebih murah dan membantu berhemat, membeli makanan segar tentu juga lebih sehat.

7. Belanja Sendiri Saja

Belanja dianggap sebagai salah satu aktivitas sosial, bahkan saat dilakukan secara online. Ketika momen ramadhan ini, banyak teman yang mungkin bertanya apakah kamu ingin belanja online bersama atau tidak. Belanja online memang terlihat lebih seru ketika dilakukan bersama, namun, sayangnya ini dapat membuat kamu tidak hemat.

Nah, tak hanya saat belanja online, ketika belanja ke supermarket pun sebaiknya kamu lakukan sendirian. Dengan belanja bulanan sendiri, dapat membuat kamu lebih fokus tanpa membeli barang-barang ekstra yang seharusnya tidak perlu dibeli.

8. Gunakan Metode Amplop atau Budgeting

Agar kamu bisa lebih hemat saat belanja bulanan, biasakan juga untuk memisahkan uang sesuai kebutuhan, contohnya uang saku, bensin, tagihan bulanan, belanja, dan lain sebagainya. Nah, gunakan amplop uang sesuai dengan namanya dengan disiplin. Sebaiknya jangan bablas menggunakan uang di amplop tagihan belanja bulanan kamu.

9. Simpan Barang Belanjaan dengan Baik

Setelah kamu belanja bulanan, maka pastikan kamu merapikan semua barang dan menyimpan sesuai dengan tempatnya. Contohnya, simpan buah, sayur dan daging di wadah tertutup dalam kulkas, kemudian deterjen di dalam lemari. Dengan menyimpan semua barang secara baik maka barang-barang tersebut bisa lebih awet dan dapat digunakan secara maksimal, sehingga kamu bisa lebih hemat karena tidak perlu sering-sering membeli yang baru.

10. Tak Perlu Membeli Semuanya di Supermarket

Membeli semua barang di supermarket memang terasa lebih mudah. Namun ada beberapa barang yang di supermarket termurah saja harganya tetap lebih mahal, seperti buah-buahan dan sayuran. Agar belanja bulanan lebih hemat kamu bisa membelinya di pasar tradisional dekat rumah atau di aplikasi belanja online yang memiliki banyak diskon untuk sayur dan buah-buahan tersebut.

Jadi, itulah 10 tips belanja bulanan lebih hemat yang dapat kami bagikan untuk kamu. Dari semua tips tersebut, mana yang sudah kamu terapkan ketika belanja bulanan?

You May Also Like

2 komentar

  1. Kalau versiku kebutuhan yang pasti di setiap bulannya dipastikan sekali beli di grosir atau saat promo buat stok selama sebulan. Jadi, sisanya belanja hemat setiap hari kalau mau aja kalau lagi males juga tinggal masak mie instan atau yang lainnya. Terima kasih tipsnya bisa diterapkan, nih!

    BalasHapus
  2. Sejak pandemi akukan jadi belanja online semua buat keperluan bulanan juga belanja pasar mba. Dan berasaaaaaa bgt, itu ternyata jauuuh lebih hemat drpd belanja LGS ke supermarket atau pasarnya.

    Selain ada banyak promo diskon, promo kartu debit dan kredit, juga jadi ga tergoda beli barang di luar dari list.

    Aku tuh pas msh sering belanja offline ke supermarket, pasti tergoda beli2 yg lain, yg ga ada di list. Makanya skr LBH suka online lah. Apalagi banyak aplikasi yg KSH free onkir.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.