Tips Memilih Suplemen Probiotik yang Aman dan Tepat Demi Kesehatan Anak

by - Kamis, Februari 02, 2023

Nggak terasa kita sudah berada di penghujung bulan Januari dan entah kenapa akhir-akhir ini cuaca sering berubah-ubah sama seperti mood ibu-ibu yang mudah naik turun kalau lagi capek ya. Apalagi kalau anak lagi sakit, sudah bisa dipastikan mood kita ikut nggak baik-baik saja. Karena buat seorang ibu, kesehatan anak dan melihatnya tumbuh kembang dengan optimal adalah kebahagiaan yang luar biasa.

Akan tetapi menjaga anak untuk tetap sehat atau minimalnya nggak gampang sakit itu butuh usaha yang nggak mudah terlebih di usia anak yang masih kecil. Mulai dari memperhatikan asupan makanannya, nutrisi untuk tubuhnya sampai kebersihannya. Nah, ngomongin soal kesehatan anak saya jadi ingat sama pesan dokter anak saya deh.

Menurut beliau kesehatan anak bersumber dari usus dan saluran cerna. Jika saluran cerna anak sehat, maka anak nggak akan gampang sakit. Kok bisa? Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan anak kita? Jawabannya ada di probiotik. Jadi, keberadaan probiotik dalam asupan nutrisi bisa membuat saluran cerna anak tetap sehat.


Apa Itu Probiotik?


Sadar nggak kalau selama ini, bakteri sering kali mendapat reputasi yang buruk, padahal nggak semua bakteri menyebabkan efek negatif. Tubuh membutuhkan bakteri tertentu agar tetap sehat seperti untuk membantu pencernaan, menyerap nutrisi, dan melawan kuman lain yang membuat tubuh jatuh sakit.

Di dalam tubuh, bakteri baik biasanya ada di kulit, usus, saluran urogenital, dan air liur. Ketika keseimbangan kuman baik dan buruk dalam tubuh terganggu, infeksi dan penyakit dapat terjadi. Tubuh kita sebetulnya sudah memiliki bakteri baik (probiotik) yang hidup di dalam pencernaan untuk memproses makanan menjadi unsur yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, probiotik juga bisa didapatkan dari sumber lain, yaitu berbagai makanan dan suplemen yang mengandung bakteri baik dalam keadaan hidup. Selain probiotik masih ada satu lagi nih unsure yang masih berkaitan yakni, prebiotik. Lalu, apa yang dimaksud prebiotik? prebiotik dapat dipahami sebagai serat alami yang nggak bisa dicerna oleh sistem pencernaan.

Prebiotik juga sering dikenal dengan makanan yang bisa mendorong probiotik untuk berkembang di dalam tubuh. Dari pengertian ini, bisa disimpulkan bahwa keduanya berkaitan erat dan sama-sama memiliki peran penting untuk menunjang pencernaan dan imunitas yang kuat pada tubuh anak.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah probiotik bisa dibilang obat? Bukan, BPOM sudah mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Intinya probiotik adalah bakteri baik yang memegang peran penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia. Jadi, jangan disamakan dengan obat ya karena memang berbeda.

Memastikan diet seimbang yang kaya akan makanan kaya probiotik dan prebiotik akan mendorong pertumbuhan bakteri yang sehat dan beragam. Tentu akan sangat baik jika terdapat lebih banyak bakteri baik dibandingkan bakteri jahat, bukan? Sekarang ini, sudah banyak produk suplemen probiotik untuk anak yang tersedia.

WHO mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya. Syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO :

  • Berasal dari manusia
  • Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen)
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik

Selain itu, jumlah bakteri baiknya sesuai dengan standar WHO. Kira-kira, ada nggak ya suplemen probiotik yang sudah memenuhi semua syarat probiotik dari WHO tersebut? Jawabannya sudah ada dong, namanya Interlac dan saya sudah pakai dari awal kehamilan sampai anak saya sekarang.

Interlac Suplemen Probiotik yang Aman untuk Bayi Hingga Dewasa


Di rumah saya selalu sediakan suplemen probiotik dari Interlac yang merupakan suplemen yang mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, minyak bunga matahari, medium chain triglyceride oil, dan anti caking agent (silicon dioxide). Suplemen ini berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan pada neonatus, bayi prematur, anak-anak, maupun orang dewasa.



Interlac Oral Drops adalah satu-satunya probiotik dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun. Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi Interlac Oral Drops sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa. Selain itu, suplemen ini memiliki keunggulan untuk:

  • Memelihara kesehatan pencernaan pada bayi dan juga anak-anak
  • Membantu untuk memperkuat dinding usus agar tidak mudah terinfeksi
  • Membantu meredakan peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Membantu melancarkan pencernaan
  • Membantu mengobati perut kembung
  • Mengurangi kolik pada bayi
  • Membantu mempercepat penyembuhan diare
  • Meningkatkan sistem imun pada bayi, khususnya bayi prematur
  • Mengurangi efek samping dari penggunaan antibiotik pada bayi, anak-anak dan dewasa

Suplemen probiotic dari Interlac ini tersedia dalam bentuk drop dan tablet kunyah sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Dalam 1 dosis Interlac, terkandung sekitar 100 juta bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938 hidup. Secara umum, dosis Interlac berdasarkan bentuk sediaannya adalah sebagai berikut:

  • Interlac oral drop 5 ml 5 tetes per hari, hindari penggunaan lebih dari 5 tetes, kecuali atas rekomendasi dokter
  • Interlac tablet kunyah 1 tablet per hari

Interlac sebaiknya dikonsumsi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Penggunaan Interlac bisa digunakan setiap hari dan jangka panjang, karena Interlac merupakan suplemen bukan obat, konsumsi Interlac jangka panjang bisa membantu menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh.

Untuk Interlac bentuk oral drop, pastikan sudah mengocok botol terlebih dahulu. Baik Interlac drop ataupun tablet bisa diberikan bersama atau tanpa makanan. Namun, perlu diingat bahwa suplemen ini bukan sebagai pengganti makanan ya. Karena merupakan suplemen makanan, Interlac pada umumnya aman dan bisa ditoleransi baik oleh tubuh.

Saat ini sedang ramai issue sediaan cair, apakah interlac drop bebas dari cemaran berbahaya? Interlac drops mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG.



Interlac Drop juga sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG dan DEG dan cemaran berbahaya lainnya. Supaya lebih yakin dan terjamin keamanannya saya biasa membeli Interlac disini. Apalagi saat ini sedang ramai juga issue Interlac drop yang palsu jadi harus extra hati-hati.

Saya baru tahu kalau ternyata di pasaran dijual produk Interlac palsu yang dari sisi kemasan sangat mirip dengan Interlac yang asli, kalau sudah begini jadi bingung membedakannya ya. Oleh karena itu, pastikan membelinya di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, atau bisa membeli secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotik terpercaya.

You May Also Like

7 komentar

  1. penting banget ini tipsnya, karena banyak yang belum paham juga kalau tidak semua produk probiotic itu sudah sesuai ya

    BalasHapus
  2. semoga semakin banyak ibu yang tahu peran prebiotik di 1000 hari pertama kehidupan anank yaa

    BalasHapus
  3. Apa yang dikonsumsi untuk bayi ini memang kudu jeli dan teliti serta sudah terbukti keamanannya. Dan dengan konsumsi Interlac Drops, maka kebutuhan akan probiotik alami bisa terpenuhi dengan baik sehingga anak tumbuh sehat dimulai dari kesehatan saluran cernanya.

    BalasHapus
  4. Kalau sesuai dengan panduan WHO lebih lega dan gak khawatir lagi ya. Jd tenang menjaga kesehatan pencernaan

    BalasHapus
  5. Sekarang semakin banyak orangtua yang aware dengan pentingnya probiotik ini ya mbak terutama di 1000 Hari Pertama Kehidupan. Manfaatnya pun nggak main-main ya dan berpengaruh ke masa depan anak juga.

    BalasHapus
  6. Bagusnya Interlac ini bisa untuk anak baru lahir, tetapi orang dewasa bisa minum juga ya, buat tambahan suplemen probiotik

    BalasHapus
  7. Probiotik bukan obat melainkam suplemen makanan. Makanya bisa dikonsumsi kapan saja y dan aman. Apalagi yg sudah teruji klinis seperti Interlac drops

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.