Harapan Orang Muda Indonesia Terhadap Isu Perubahan Iklim

by - Rabu, Oktober 25, 2023

Bumi sudah tidak sesejuk dulu, ya. Masih teringat jelas dalam memori saya dimana saya masih berani bermain atau keluar panas-panasan. Kalau sekarang, sudah pasti saya berusaha menghindar dari panas-panasan. Penyebabnya karena cuaca panas di bumi rasanya sudah tidak lagi bisa ditoleransi, kalau bukan karena kepepet memilih berdiam dalam rumah rasanya jauh lebih baik.

Setiap hari kita merasa bahwa perubahan iklim menjadi semakin mengkhawatirkan. Ada hari dimana akan terasa panas lalu tiba-tiba hujan atau sebaliknya. Perlu diingat bahwa perubahan iklim tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi karena beberapa alasan. Untuk itu, kita harus berusaha mengatasinya dengan mencintai dan menjaga lingkungan.

Perubahan iklim bukanlah hal baru. Iklim global selalu berubah. Jutaan tahun yang lalu, bagian dunia yang dulunya tertutup es berubah menjadi daratan oleh fluktuasi radiasi matahari atau letusan gunung berapi. Perubahan iklim saat ini dan masa depan dapat disebabkan tidak hanya oleh peristiwa alam, tetapi juga oleh berbagai aktivitas manusia #BersamaBergerakBerdaya.



Kemajuan pesat dalam pembangunan ekonomi memiliki konsekuensi serius bagi iklim global, seperti penggunaan bahan bakar fosil untuk sumber energi, menjamurnya kendaraan bermotor dan pembukaan lahan skala besar melalui pembukaan hutan. Yap, sebagai anak muda pastinya kita semua sudah tahu kalau permasalahan cuaca dan iklim saat ini sudah hampir mencapai ambang batas sih kalau kata saya.

Bahkan isu perubahan iklim sudah menjadi kepentingan nasional bahkan global. Aksi nyata pengendalian perubahan iklim pun tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah. Peran tersebut diemban oleh setiap orang, termasuk dari generasi muda sebagai #MudaMudiBumi.

Secara umum, perubahan iklim disebut sebagai fenomena pemanasan global, dimana terjadi peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dan berlangsung untuk jangka waktu tertentu. Penyebab perubahan iklim dan pemanasan global terdiri dari berbagai faktor yang berbeda serta menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia.

Fakta dan Dampak Perubahan Iklim Saat Ini!


Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil. Lalu, apa saja faktor yang menyebabkan perubahan iklim? Ada beberapa faktor penyebab perubahan iklim, diantaranya:

  • Efek gas rumah kaca
  • Pemanasan Global
  • Kerusakan lapisan ozon
  • Kerusakan fungsi hutan
  • Penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang tidak terkontrol
  • Gas buang industri

Lalu, apa saja dampak yang akan didapatkan bumi dari perubahan iklim saat ini? Nantinya, dari perubahan iklim yang terjadi secara terus menerus juga menimbulkan dampak tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Apa saja?

  • Curah hujan tinggi
  • Musim kemarau yang berkepanjangan
  • Peningkatan volume air akibat mencairnya es di kutub
  • Terjadinya bencana alam
  • Berkurangnya sumber air

Upaya Mengatasi Perubahan Iklim


Upaya aktif berbagai pihak untuk mengatasi terjadinya perubahan iklim perlu terus dilakukan oleh seluruh pihak termasuk generasi muda. Upaya untuk mengatasi perubahan iklim dilakukan melalui aksi mitigasi dan adaptasi, yang dapat dilakukan pada tingkat individu, kelompok, masyarakat dan negara.


Berbicara tentang aksi mitigasi dan adaptasi pada dasarnya berbicara tentang perilaku manusia. Dalam arti, masyarakat khususnya para generasi muda bisa memberikan kontribusi signifikan melalui perubahan perilaku yang mendukung upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

  • Mengurangi timbulan sampah dengan menghindari penggunaan barang sekali pakai
  • Memanfaatkan sampah organik menjadi kompos
  • Mendaur ulang barang
  • Mematikan peralatan elektronik pada saat tidak diperlukan
  • Mengganti peralatan elektornik dengan jenis yang lebih hemat listrik
  • Mengoperasikan sesuai kapasitas
  • Menanam dan menjaga tanaman
  • Menggunakan transportasi publik, dan masih banyak lagi.

Harapan Orang Muda Indonesia Terhadap Penanganan Isu Perubahan Iklim dan Perlindungan Hutan


Seperti yang kita ketauhi Indonesia sendiri memegang peranan sangat penting terhadap perubahan iklim mengingat Indonesia memiliki hutan ke-3 terluas di dunia dengan hutan tropis dan sumbangan dari hutan hujan (rain forest) Kalimantan dan Papua. Oleh sebab itu orang muda Indonesia perlu memiliki kesadaran dan kepedulian yang lebih tinggi #TeamForImpact.

Apalagi, sekarang semakin banyak orang muda memimpin aksi perubahan iklim, membuat suara mereka didengar, dan secara lebih tegas menuntut pemerintah, dunia usaha dan kita semua, untuk mengambil sikap. Sebagai orang muda yang mewarisi bumi, saya khawatir tentang perubahan iklim.

#UntukmuBumiku harapannya semoga bumi yang kita tempati ini akan selalu menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Dengan bekerja keras dalam memecahkan persoalan-persoalan perubahan iklim di bidang pelestarian hutan dan laut, energi terbarukan, pertanian yang berkelanjutan, produksi dan konsumsi yang bertanggungjawab, serta perencanaan tata kota yang berwawasan hijau.

"Yuk, share mimpi kamu terhadap isu penangan perubahan iklim dan perlindungan hutan!"

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.