Merawat Kesehatan Kulit Bayi Dengan Aman

by - Jumat, Mei 03, 2024

Menjaga kesehatan kulit bayi ternyata masih menjadi PR bagi banyak orang tua saat ini. Layaknya kulit orang dewasa, kulit bayi juga butuh untuk dijaga kesehatannya. Terlebih kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut tidak seperti kulit orang dewasa. Saya pernah dengar kalau menjaga kesehatan kulit bayi merupakan awal mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, kok bisa?

Ya, dengan kulit yang sehat maka bayi akan lebih mudah bergerak pada proses stimulasi bayi. Hari Selasa 30 April 2024 kemarin bertempat di Java Cup, Kota Surabaya saya bersama sekitar 30an moms berkesempatan kembali belajar tentang bagaimana menjaga kesehatan kulit bayi dan anak bersama para expert dan mom influencer.

Acara “Momfluencer Gathering” diadakan dalam rangka memberi edukasi pada para ibu yang memiliki anak usia 0-3 tahun mengenai pentingnya menjaga Kesehatan kulit bayi dan anak. Baby Dee yang merupakan produk perawatan kulit bayi dan anak yang sudah banyaj direkomendasikan oleh para ibu dan praktisi kesehatan.


Bagaimana Cara Merawat Kesehatan Kulit Bayi dan Anak?


Dalam acara kemarin hadir juga Mom Thana Ajeng dan Momfluencer Surabaya Amanda Kohar yang aktif di media sosial. Turut hadir narasumber Dr. dr. Dhelya Vidasmara, Sp.KK(K). Senang sekali karena dokter Dhelya banyak sekali memberikan ilmu tentang menjaga kesehatan kulit bayi dan anak pada para Moms yang hadir.

Menurut dokter Dhelya, semua kulit bayi itu masih sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Hal ini disebabkan karena kulit bayi masih rapuh. Kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya cenderung tinggi. Ikatan antara lapisan kulit atas (epidermis) dan lapisan bawah (dermis) belum terjalin dengan kuat sehingga fungsi kulit sebagai pelindung tubuh belum optimal.

Dr. dr. Dhelya Vidasmara, Sp.KK(K)

Lalu, gimana sih cara merawat kulit bayi yang benar menurut penjelasan dari dokter Dhelya? Berikut ini :

  1. Mandi 2 kali sehari dengan durasi mandi singkat sekitar 10 menit. Gunakan air hangat yang berfungsi untuk menghindari tingginya air di kulit yang hilang.
  2. Setelah mandi, gunakan pakaian berbahan katun yang lembut.
  3. Pastikan kuku bayi sudah dipotong pendek dan bersih untuk mencegah luka.
  4. Pentingnya menggunakan lotion yang berfungsi sebagai pelembab bayi untuk menjaga kulit barrier bayi, gunakan segera setelah mandi.
  5. Menjaga kenyamanan suhu dan kelembapan ruangan.
  6. Menggunakan krim atau lotion pelindung matahari (sunscreen) khusus bayi, sunscreen hanya bisa digunakan pada bayi di usia 6 bulan ke atas.

Kemudian, hal penting selanjutnya yang jangan sampai disepelekan oleh para ibu dalam merawat kesehatan kulit bayi ada memilih produk perawatan kulit bayi yang aman digunakan bayi. Masih menurut dokter Dhelya ada dua kandungan berbahaya yang perlu dihindari ada pada produk perawatan kulit bayi adalah Alcohol dan SLS/SLES.

For your information, SLS (Sodium Lauryl Sulfate) kenapa berbahaya? Karena SLS mudah masuk ke dalam jaringan kulit, mengikis kelembapan alami kulit sehingga kulit menjadi kering dan bisa memicu timbulnya kemerahan atau bahkan iritasi. SLS bisa menimbulkan iritasi pada mata dan kulit.

Duma Widiyanti, Marketing Manager Baby Dee

SLS bisa mengganggu kadar minyak alami di kulit si kecil yang berperan dalam menjaga kelembapan. SLS kerap ditemukan dalam kandungan sabun maupun shampo bayi karena berfungsi memberi efek sabun menghasilkan busa yang lebih banyak. Penting bagi para ibu membaca terlebih dulu kandungan bahan yang terdapat dalam produk perawatan kulit bayi.

Dokter Dhelya juga membagikan cara menentukan produk yang aman bagi bayi pada para Moms yang hadir kemarin, yakni :

  1. Mencantumkan informasi yang jelas termasuk isi, tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa.
  2. Zat yang digunakan tidak iritatif, Hypoallergenic Tested.
  3. Tidak mengandung pewangi atau fragrance.
  4. pH sedikit asam.

Baby Dee Produk Perawatan Kulit Bayi yang Tepat!

Saat ini, Moms sudah tidak perlu bingung mencari produk perawatan kulit bayi yang aman digunakan. Karena Baby Dee menghadirkan produk yang aman untuk kulit bayi yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi, bahan kandungan yang terdapat di dalamnya sudah Eco Friendly membuat kulit bayi menjadi halus dan lembut.

Lulus Hypoallergenic Tested sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif, tanpa tambahan pewarna, bebas SLS dan alcohol. Semua produk Baby Dee ini sudah resmi terdaftar di BPOM dan teruji secara klinis sehingga bisa dipastikan aman dan sesuai untuk kulit bayi ya, Moms. Jadi semakin yakin kalau Baby Dee memang aman dan pilihan tepat untuk kulit bayi.

Baby Dee Varian Honey


Menurut Duma Widiyanti selaku Marketing Manager dari Baby Dee, sejak awal Baby Dee memang sudah komitmen dan concern untuk menghadirkan produk perawatan kulit bayi yang aman digunakan, no alcohol dan bebas SLS. Oleh karena ini, Baby Dee menjawab kebutuhan para Moms yang ingin selalu memberikan perawatan kulit terbaik untuk bayinya.

Rangkaian produk Baby Dee ada 4 yakni :

  • Baby Dee Body Wash & Shampoo
  • Baby Dee Body Lotion
  • Baby Dee Diapers Cream
  • Baby Dee Baby Powder

Untuk pilihan variannya ada dua, Milk dan Honey yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan bayi. Rangkaian produk Baby Dee bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan bayi sejak usia 0 bulan atau bayi baru lahir. Jadi, gimana Moms sudah tidak bingung lagi kan cara yang aman untuk merawat kesehatan kulit bayi?

Baby Dee Varian Milk


Well, ternyata merawat kesehatan kulit bayi dan anak itu mudah kok asal kita tahu caranya, paham kebutuhan kulit bayi, dan tepat memilit produk perawatan kulit bayi yang aman digunakan. Terakhir, terima kasih untuk Baby Dee yang sudah mengundang saya untuk hadir bergabung bersama para Momfluencer di acara yang menarik dan mengedukasi.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.