7 Strategi Jitu Liburan Hemat ke New York

New York sebagai salah satu kota terbaik di Amerika Serikat selalu kedatangan ribuan wisatawan setiap tahun. Ribuan turis ini memiliki keinginan yang sama yaitu merasakan american dream yang membuat New York begitu istimewa. New York memang termasuk kota dengan biaya hidup yang paling tinggi.

Namun, bukan berarti teman-teman tidak bisa menikmati New York dengan budget terbatas. Ada banyak cara hemat untuk menikmati kota yang tidak pernah tidur ini. Bagi teman-teman yang ingin merasakan gemerlap New York dengan budget terbatas, tidak perlu khawatir. Berikut ini strategi jitu untuk berlibur hemat ke New York.


7 Strategi Jitu Liburan Hemat Ke New York


1. Pilih Waktu Keberangkatan Dari Jauh Hari

New York memang selalu ramai dikunjungi setiap tahun. Namun pada bulan Januari hingga Maret kota ini tidak terlalu dipadati oleh wisatawan. Dengan demikian, harga akomodasi dan tiket pesawat pun tidak terlalu tinggi. Jadi bagi teman-teman yang ingin berwisata hemat ke New York bisa memilih salah satu dari ketiga bulan tersebut.

Namun apabila teman-teman memang ingin mengunjungi New York saat musim liburan seperti di bulan Desember misalnya, maka sebaiknya kalian sudah memesan penerbangan dan hotel beberapa bulan sebelum keberangkatan. Sedikit tips bagi kalian yang ingin merayakan hari Natal di New York, maskapai China Southern Airlines saat ini masih menawarkan tiket dengan harga yang paling terjangkau.

2. Manfaatkan Aplikasi Penginapan Online

Harga hotel di New York bisa mencapai 100 hingga 200 USD per malam. Tentu ini akan sangat memberatkan. Kebanyakan hotel yang lebih murah pun diragukan kebersihan, keamanan, dan aksesibilitasnya. Oleh karena itu, sebaiknya kalian manfaatkan aplikasi penginapan online yang menyediakan berbagai pilihan kamar atau apartemen dengan harga yang jauh lebih murah. Beberapa kamar yang disediakan bahkan tidak lebih mahal daripada hotel di Jakarta.

3. Miliki Kartu Pass Untuk Wisatawan

Ada beberapa kartu pass yang bisa digunakan untuk berkeliling New York, yaitu The New York Pass, CityPass, dan New York Sightseeing Pass. Ketiganya pun memiliki penawaran menariknya masing-masing. Jadi teman-teman bisa pilih salah satu atau bahkan ketiganya sekaligus, tergantung kebutuhan kalian.

Apabila teman-teman tidak menggunakan kartu pass ini, maka kalian harus mengeluarkan biaya minimal 20 sampai 100 USD per destinasi. Namun apabila teman-teman menggunakan kartu pass inim kalian hanya perlu mengeluarkan beberapa puluh USD untuk dapat menikmati puluhan destinasi populer di New York.

Jadi bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Empire State Building, Rock Observatory, 9/11 Memorial & Museum, Madame Tussauds New York, atau puluhan destinasi lainnya maka sebaiknya milki kartu pass ini. Selalu pantau website penjual kartu pass ini untuk mendapatkan harga terbaik.

4. Kunjungi Festival Atau Destinasi Wisata Murah

New York tidak pernah kehabisan acara-acara meriah yang bisa dinikmati dengan harga hemat atau bahkan gratis. Bagi teman-teman yang ingin menikmati teater Broadway, kunjungi gerai TKTS di Times Square yang menawarkan tiket pertunjukan dengan harga miring. Bagi pecinta flora, New York Botanical Garden gratis dikunjungi setiap hari Rabu dan Sabtu pagi. Bagi yang ingin menyusuri pesisir Manhattan sambil melihat patung Liberty, tersedia Staten Island Ferry yang selalu menyediakan tur gratis.

5. Berkeliling di Taman

New York memang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit, tapi masih ada taman-taman hijau yang terawat dengan baik. Taman-taman ini menjadi destinasi utama warga New York yang lelah dengan tembok dan lantai beton yang menemaninya setiap hari. Kunjungi Central Park yang berukuran sangat luas hingga memiliki danau penampungan air dan kebun binatang sendiri, Prospect Park di Brooklyn, atau The High Line yang merupakan satu-satunya taman elevated yang dimiliki oleh New York.

6. Pelajari Peta Transportasi Umum New York

Selayaknya kota metropolitan lainnya New York juga memiliki masalah kemacetan. Hal ini yang membuat berkeliling menggunakan taksi membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, sebaiknya teman-teman sudah mempelajari peta transportasi umum New York terlebih dahulu. Transportasi umum New York pun sudah cukup lengkap dengan rute bus dan subway yang menjangkau hingga ke seluruh bagian kota. Dengan demikian, kalian akan sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan hemat.

7. Makan Saat Happy Hour

Berbagai restoran di New York sering mengadakan Happy Hour yang biasanya jatuh di sore hingga malam hari. Pada saat Happy Hour, beberapa menu bahkan dikenakan potongan harga yang cukup signifikan. Selain itu juga banyak kedai-kedai yang menawarkan makanan dan minuman dengan harga hemat namun porsi besar.

Makanan dengan harga hemat dan porsi besar biasanya dapat dengan mudah teman-teman temukan di berbagai gerai yang menjual makanan Timur Tengah dan Asia. Semoga artikel ini bermanfaat ya, selamat liburan!.

1 komentar:

  1. huahhh pengen banget liburan ke newyork , excited banget pasti tuhhhhhh semoga semuastrateginya bisa ter realisasi y mbak

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.