Semarak Kemeriahan Asian Games 2018 Jakarta - Palembang

Apa rasanya saat kita tahu kalau Indonesia akan kedatangan lebih dari 1000 atlit? Pasti bangga. Itu juga yang saya rasakan saat beberapa waktu terakhir mendengar kabar kalau Indonesia kembali terpilih menjadi tuan rumah pada acara Asian Games 2018. Ini kali kedua negara kita menjadi tuan rumah setelah tahun 1962 yang lalu.

Tahun ini benar-benar menjadi tahun pesta olahraga, setelah berakhirnya kemeriahan gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia selanjutnya akan disusul dengan kemeriahan Asian Games 2018 pada pertengahan bulan Agustus ini. Asian Games 2018 sendiri akan dilaksanakan di dua kota yakni Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018.

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. Kemeriahan dan antusias masyarakat Indonesia serta lembaga pemerintahan begitu besar. Pada setiap Kota dan Kabupaten dipenuhi dengan spanduk dukungan Asian Games 2018.


Semarak Kemeriahan Asian Games 2018


Tentu saja pada momen-momen seperti ini rasanya sayang untuk ditinggalkan ya. Apalagi tidak lebih dari 50 hari lagi pesta akbar ini akan dimulai. Meskipun saya hanya bisa menonton lewat saluran televisi dan anteng mengikuti kemeriahan melalui akun media sosial resmi milik Asian Games 2018.

Tapi saya sudah senang sekali, bercampur bangga. Membayangkan akan banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Indonesia. Jiwa dari "Energy of Asia" terbentang pada keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah. Saat semua elemen ini bersatu, ini akan menjadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia.

Bicara tentang sejarah Asian Games sendiri pertama kali diadakan di Delhi, India, 4-11 Maret 1951. Diikuti 491 atlet dari 11 Komite Olimpiade Nasional (NOC) yakni Afghanistan, Burma, Ceylon/Srilangka, India, Indonesia, Iran, Jepang, Nepal, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Asian Games pertama ini secara resmi dibuka Presiden Rajendra Prasa di Stadion Nasional Dhyan Chand, dengan memperebutkan 169 medali emas dan mempertandingkan enam cabang olahraga: atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, balap sepeda (jalan raya dan trek), sepak bola , dan angkat besi.

Selain itu saya dan suami sudah tidak sabar lagi untuk bisa menonton cabang olahraga bulutangkis beraksi di arena lapangan Asian Games 2018 nanti. Seperti yang kita ketahui bersama kalau Indonesia sangat unggul dalam cabang olahraga bulutangkis. Hampir pada setiap pertandingan Bulutangkis, Indonesia berhasil membawa pulang medali emas.

Menurut sebuah data pada ajang Asian Games (1962-2014) prestasi bulutangkis Indonesia di Asian Games paling banyak disumbangkan oleh cabang olahraga bulutangkis dengan perolehan medali sebanyak 91 (26 emas, 25 perak, dan 40 perunggu). Semoga pada ajang Asian Games nanti Indonesia kembali membawa pulang medali emas pada cabang olahraga Bulutangkis.

BHIN BHIN, ATUNG dan KAKA Logo dan Maskot Asian Games 2018


Selain cabang olahraga, pada setiap ajang pesta olahraga internasional yang paling menrik perhatian adalah logo dan maskot yang lucu. Pada Asian Games 2018 sekarang logo dan maskotnya benar-benar mewakili jiwa Asia terutama Indonesia. Hal ini terdapat pada nilai yang dipegang teguh Indonesia, rumah bagi ratusan etnis dengan begitu banyak bahasa yang berbeda.

Para Bapak Pendiri kita telah membayangkan sebuah bangsa yang kuat dan bersatu di bawah filosofi Bhinneka Tunggal Ika. Dengan nilai keberagaman dan kesatuan itulah memperkenalkan 3 maskot dengan energi berbeda, merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games.

1. BHIN BHIN

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.


2. ATUNG

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.


3. KAKA

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.


Jadi, bagaimana? Baru menuliskannya saja rasa haru dan bangga memenuhi dada. Semoga Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi semua atlet Asian Games 2018 nanti. Semoga perhelatan akbar ini berjalan lancar, aman, penuh sportifitas dan semarak. Selamat menyambut Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, kita dukung bersama.

Sumber : https://asiangames2018.id/

22 komentar:

  1. Keren banget ya, Indonesia terpilih jadi tuan rumah Asian Games untuk yang kedua kalinya

    BalasHapus
  2. TErharu juga pastinya mbak, Sebagai warga Indonesia, kita perlu menyambutnya dengan penuh bahagia juga kan hhee
    Aku juga senenng nonton yang bagian cabang bulu tangkis sih mbak, seruuu hhhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, aku pun terharu dan bangga.

      Hapus
  3. Semoga semuanya lancaaarr dan membawa banyak emas di Asian Games 2018 ini.

    BalasHapus
  4. aq suka maskotnya lucu2..jadi gak sabar nih menanti Asian Games 2018

    BalasHapus
  5. suka banget sama 3 maskotnya hahaha lucu lucuuu
    terutaman yang kakaa hahah
    btw bangga ya Indonesia sudah prepare Asian games mendatang
    semoga bisa mnegulang kejayaannya

    BalasHapus
  6. Wah sama...aku juga gak sabar pengen nonton bulutangkis. Maunya sih ngajak si abang, biar tertular jiwa patriotismenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik ya mba. Aku paling cuma bisa nonton dari tv aja.

      Hapus
  7. Aku udah ga sabar menyambut Asian Games, maskotnya lucu.lucu bgt ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun juga sudah nggak sabar mba.

      Hapus
  8. boneka maskotnya lucu banget. aku pengen semuanya, kan anak ada tiga. jadi bisa beli semua, pengennya sih, belinya yang kawe juga gak apalah demi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya mba. Aku juga mau beli meskipun KW nggak apa lah. :D

      Hapus
  9. Duh makin tidak sabar jadi saksi sejarah Asian Games 2018

    BalasHapus
  10. Pengen nonton Asian Games yang di Palembang. Deket soalnya dari Bengkulu hehe

    BalasHapus
  11. Semoga dari 40 cabor banyak yg menyabet medali emas ya. Aamin. Semangat, Indonesia pasti juara.

    BalasHapus
  12. Semangat dukung altet2 Indonesia. Indonesia pasti juara!

    BalasHapus
  13. Semarak sama-sama kita meriahkan Asian Games 2018

    BalasHapus
  14. Aku punya lho boneka Bhin Bhin yang lucu itu sebagai ikut serta menyemaraki Asian Games 2018.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.