Perempuan Sekaligus Ibu Senang Membaca Beri Dampak Positif Untuk Anak

Kalau ditanya siapa orang paling dekat dengan anak? Pasti jawabannya ibu. Sehingga apapun yang dilakukan oleh ibu otomatis akan ditiru oleh anaknya. Namun hal ini sering tidak kita sadari, terkadang justru kita malah bertanya-tanya,“Kenapa anak saya bisa bertindak seperti itu?”. Sebagai ibu baru saya sadar kalau mulai sejak dini saya harus lebih sigap dengan perilaku diri sendiri.

Seperti kata pepatah bahwa buah tidak jauh dari pohonnya. Memang benar kiranya, bahwa kebiasaan, sikap, perilaku dan kata-kata dari seorang ibu bisa dicontoh langsung oleh anak-anak. Khususnya anak pada usia balita. Demikian pula dengan kebiasaan membaca yang dilakukan oleh seorang ibu, akan berdampak kepada anak dalam menimbulkan minat baca mereka.

Meskipun masih bayi Mirza mulai saya biasakan untuk mengenal buku, biasanya saya beri dia buku bantal yang aman digenggam oleh bayi. Dari buku bantal tersebut saya tidak berharap yang tinggi, cukup dia melihat banyak warna terang yang bisa melatih penglihatannya. Saya ingat betul kalau sejak masih kecil dulu ibu saya rajin sekali membelikan saya buku untuk dibaca.


Senang Membaca Bisa diulai Dari Membaca Portal Online Khusus Perempuan


Ternyata salah satu dampaknya bisa berpengaruh kuat hingga saat ini. Itu sebabnya meskipun sudah menjadi ibu saya masih membiasakan diri untuk membaca. Salah satu bacaan favorit saya yang membahas mengenai banyak hal tentang dunia perempuan. Tidak selalu buku bisa juga majalah, tabloid, dan portal perempuan Indonesia.

Seperti yang kita ketahui kalau kegiatan membaca ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi diri seseorang. Utamanya lagi bagi seorang penulis untuk menambah kosakata bahasa, sebagai seorang mom blogger saya tentu dituntut untuk lebih banyak lagi membaca. Agar wawasan yang saya punya lebih luas, pikiran tidak selalu negatif, dan tentu lebih mudah saat menulis di blog.

Baca Juga : Belajar Menjadi Perempuan yang Berbeda

Pernahkah sesekali kita berpikir bahwa terkadang pikiran dan tingkah laku anak-anak sering diluar pikiran kita?. Hal positif sekecil apapun yang ibu tanamkan pada anak-anak akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa tanpa pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Membaca buku adalah salah satunya, apalagi di zaman sekarang yang diketahui bahwa minat membaca pada masyarakat sangat rendah.

Bukan bermaksud untuk menilai buruk tapi rasanya sedih sekali ya kalau lingkungan tempat anak kita tumbuh dipenuhi oleh masyarakat yang minta membacanya rendah. Jadi tidak heran kalau masyarakat sekarang mudah sekali tersulut amarah karena salah paham dalam menanggapi sebuah berita yang beredar.


Oleh karena itu kebiasaan positif membaca harus ditumbuhkan sejak dini karena akan mempengaruhi pola pikir dan sikapnya sehingga akan bermanfaat bagi kehidupan mereka kelak saat bermasyarakat. Saya sendiri dulunya sering sekali melihat ibu yang asyik membaca mungkin karena contoh yang selalu dibiasakan itulah jadinya saya suka membaca.

Mengajak dan mengenalkan kebiasaan membaca pada anak juga tidak bisa sembarangan ya. Sebagai ibu tentu harus perhatikan bahan bacaan yang dibaca anak berisi ilmu-ilmu yang bermanfaat, yang bernilai positif, dan mampu membangun moral atau akhlak yang baik. Dengan demikian minat baca anak yang akan tumbuh adalah minat baca untuk hal-hal yang positif.

Baca Juga : Selalu Bahagia Ternyata Bisa Lho!

Well, mulai sekarang yuk kita biasakan membaca supaya kebiasaan baik ini mudah dicontoh oleh anak kita. Menghabiskan waktu luang saat anak sedang tidur atau saat dia lagi asyik dengan mainannya juga bisa dimanfaatkan untuk membaca. Membaca portal online khusus perempuan seperti Glitzmedia.co yang berisi informasi dunia perempuan asyik juga lho, ayo ibu-ibu kita biasakan membaca mulai sekarang ya.

3 komentar:

  1. Iya bener anak ku jg deket sama aku. Mungkin krn masih balita ya.. apapun yg sy lakukan ia tiru hihi. Jadi belajar juga ya untuk berhati2 dlm bersikap 😊 yg paling penting perbayak melakukan kegiatan positiv..
    Anak belajar dari lingkungan keluarga 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, orang tua memang role mode untuk anaknya.

      Hapus
  2. Kalau saya suka baca dari sononya kayaknya, ortu soalnya pada gak suka baca hahaha..
    Tapi Alhamdulillah anak saya suka baca, meskipun emaknya jarang ngajak dia baca bareng :)

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.