Ibu Rumah Tangga Tetap Produktif Melalui Ngeblog

Awal tahun 2019, hampir semua orang membuat resolusi ingin menjadi lebih baik di tahun depan, termasuk dalam hal ekonomi untuk menambah pundi-pundi keuangan. Tidak terkecuali para ibu rumah tangga seperti saya. Kesempatan tersebut biasanya digunakan untuk mengisi waktu luang dan juga salah satu bentuk usaha sampingan bagi yang bekerja di kantor.

Usaha sampingan yang dijalankan, pada dasarnya digunakan untuk menambah penghasilan dan juga menambah kegiatan di rumah selain mengurus keluarga dan tanpa mengorbankan keluarga juga sebagai "pekerjaan utama"nya. Sebagai ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif saya pun tidak mau berpangku tangan dan hanya menunggu "Gaji" dari suami.

Beberapa bulan sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja sebagai seorang karyawan di perusahaan swasta saya sudah berpikir akan bekerja apa untuk bisa tetap mendapatkan penghasilan. Tidak sulit bagi saya untuk menemukan usaha sampingan, suami menyuruh saya untuk mulai konsentrasi menulis di blog. Ya, dari menulis di blog ini saya mendapatkan penghasilan.


Menjadi Penulis di Blog Sendiri


Salah satu pekerjaan mudah yang menghasilkan keuntungan sekaligus dapat dikerjakan di rumah adalah dengan menjadi penulis lepas. Apabila teman-teman memiliki bakat untuk menulis sekaligus minat di bidang menulis, maka teman-teman bisa mengembangkan bakat tersebut untuk menjadi sumber penghasilan karena sayang sekali apabila bakat itu tak dimanfaatkan dengan baik.

Menulis akan memberikan teman-teman peluang besar menghasilkan uang dengan nilai yang menjanjikan. Bekerjalah sebagai freelance melalui berbagai media dan teman-teman hanya perlu menunjukkan bakat yang dimiliki bila ingin diterima dalam media tersebut. Jika bakat menulis teman-teman lebih besar lagi, maka buatlah novel maupun cerpen yang diterbitkan media cetak sehingga teman-teman akan memperoleh pembayaran royalti yang menguntungkan dari penjualan novel.

Kalau saya sendiri saat ini lebih nyaman menulis di blog saja, sebenarnya saya ada keinginan untuk bisa menjadi penulis lepas yang bekerja sama dengan banyak media. Namun, saya tahu betul kapasitas saya sebagai seorang ibu yang masih menyesuaikan waktu dan keadaan. Itu sebabnya saya lebih nyaman menulis di blog dan menjadi seorang blogger.

Baca Juga : Blogger Tapi Tidak Suka Foto Selfie

Menyisihkan waktu untuk menulis ditengah kesibukan mengurus rumah dan keluarga sebenarnya memiliki tantangan sendiri. Saat pagi hari sampai sore saya sibuk mengurus rumah dan anak lalu malam harinya saya sempatkan menulis. Kadang kalau ada waktu untuk menulis ketika anak sedang tidur biasanya saya langsung menulis.

Melalui penghasilan yang saya dapatkan dari ngeblog ini saya bisa membantu perekonomian keluarga dan meringankan beban suami. Sudah banyak orang yang memiliki penghasilan hingga ratusan juta rupiah melalui kegiatan ngeblog ini. Yang perlu teman-teman persiapkan hanyalah artikel berkualitas yang harus teman-teman posting secara rutin.

Teman-teman bisa menulis artikel tentang hobi, keahlian, atau minat. Artikel yang sesuai dengan pengetahuan yang teman-teman miliki akan memudahkan kalian dalam menulis. Saya sendiri suka berbagi pengalaman dalam tulisan blog saya, pengalaman apa saja yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca dan mendatangkan interaksi dengan pembaca blog.

Memang awalnya saya tidak langsung mendapatkan penghasilan dari ngeblog, tapi saya tetap konsisten menulis hingga pernah dalam satu waktu saya diminta untuk menulis review sebuah website keuangan dan saya mendapat bayaran satu kali gaji saya saat menjadi karyawan dulu. Menggiurkan bukan? jelas, namun semua ini butuh proses dan memang tidak bisa instan.

Baca Juga : Dapatkan Informasi Lowongan Kerja dan Opsi Karir Terbaik

Menulis di blog juga tidak membutuhkan banyak modal, teman-teman tinggal membuat sebuah platform blog dan membayar sewa domain sekitar 150.000 per tahunnya. Dari ngeblog juga saya bisa masuk bergabung dalam banyak komunitas blogger, datang ke banyak event dan membuat liputan.

Saat datang ke event saya bisa membawa suami dan anak, jadi saya bisa bekerja dengan tenang tanpa harus khawatir memikirkan mereka berdua. Untuk urusan belanja bulanan saya tidak perlu lagi meminta pada suami, apalagi kalau sedang ada diskon, promo dan flash sale. Iya, sebagai seorang ibu rumah tangga zaman now saya sering berbelanja melalui online shop.



Salah satunya di Tokopedia yang saat ini sedang ada Promo Maret Mantap dan Tap Tap Mantap Tokopedia. Alhamdulillah, meskipun hampir seluruh waktu saya habiskan di dalam rumah bersama anak dan suami tapi saya tetap bisa produktif. Jadi, apakah setelah membaca tulisan ini teman-teman tertarik untuk menjadi seorang blogger seperti saya?.

Menjadi ibu rumah tangga bukan alasan untuk berhenti produktif, lewat menulis di blog kita juga bisa menyalurkan semua isi hati, berbagi pengalaman yang bermanfaat dan kalau beruntung pundi-pundi uang pun bertambah. Apapun pilihannya lakukan dengan sepenuh hati supaya hasilnya juga bisa maksimal dan jangan lupa utamakan keberkahannya.

1 komentar:

  1. Salam kenal mba riska, saya senang sekali membaca tulisan mba riska.
    Saya pemula mba, saya ingin bisa menghasilkan rupiah dari kegiatan blogging karena saya sangat senang menulis. Masalahnya, blog saya tidak lagi terhubung dengan google+ apa mbariska bisa kasih saran? trm ksh.
    Silahkan berkunjung ke blog saya, gallerydadaily.blogspot.com

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.