Grow Happy, Happy from The Inside Out

Sejak menjadi ibu rasanya saya selalu ingin mmebuat anak saya menjadi bahagia, selalu bahagia. Membesarkan, mendidik dan merawatnya hingga tumbuh menjadi anak yang bahagia merupakan cita-cita saya. Kenapa harus bahagia? karena saya percaya kalau anak yang bahagia akan mudah belajar, beradaptasi dan tumbuh dengan sempurna.

Pagi tadi bersama teman-teman blogger dan media, saya menghadiri Workshop Parenting tentang pola asuh Grow Happy, Happy from The Inside Out dari Nestle Lactogrow. Dua orang nara sumber Psikolog Elizabeth Santosa M.Pi, Psi,SFP, ACC dan dokter spesialis anak Dr.dr Ariani Dewi Widodo Sp.A(K), dua nara sumber yang mengisi acara selama kurang lebih 3 jam.

Hadir pula Brand Executive Nestle Lactogrow yaitu Pramudita Sarastri yang membuka jalannya acara yang berlangsung di The Good Diner, Surabaya. Workshop parenting Nestle Lactogrow yang bertema Happy From The Inside Out ini merupakan bagian dari rangkaian acara roadshow Nestle Lactogrow yang telah diadakan di delapan kota di Indonesia.


Grow Happy, Happy from The Inside Out


Nestle Lactogrow percaya bahwa orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Mendengar temanya saja saya sudah sangat antusias untuk mendapatkan ilmu dan informasi baru seputar mendidik anak supaya tumbuh dengan bahagia.

Nara sumber pertama yang mengisi acara adalah dokter spesialis anak Dr.dr Ariani Dewi Widodo Sp.A(K). Menurut dokter Ariani kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Oleh karena itu penting bagi orangtua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik.



Poin pertama yang saya tangkap ialah nutrisi dapat terserap dengan lebih baik. Mirza anak saya adalah tipe anak yang Alhamdulillah tidak pernah bermasalah dengan nafsu makan, dan makanan yang dia makan selalu saya perhatikan kandungan nutrisinya. Mengingat itu semua hati saya lega, satu poin penting masalah pencernaan terlewati.

Selanjutnya menurut dokter, di antara sekian banyak probiotik, Lactobacillus Reutri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt.

Fyi, bakteri baik yang terkandung dalam probiotik memiliki peran menjaga kekebalan tubuh, mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna, melindungi dari penyakit, mendukung kesehatan saluran cerna serta melindungi usus dari mikroba atau zat berbahaya lainnya.

Mendengar hal tersebut senang rasanya bahwa untuk memberikan probiotik kepada anak bisa dengan memberi tempe, yoghurt, susu bahkan kimci juga bisa. Nestle Lactogrow hadir sebagai susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung Lactobacillus reuteri, omega 6, omega 3, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral.

Susu Nestle Lactogrow diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Centre, Switzerland, membantu tumbuh kembang si kecil Grow Happy. Senang ya, apalagi sekarang Mirza sudah genap 2 tahun usianya. Sudah bisa lepas dari ASI dan bisa minum susu untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.


Pentingnya Mengembangkan Kematangan Emosi Anak


Bicara soal anak tumbuh bahagia sebagai orangtua saya setuju bahwa kebahagiaan merupakan hal penting dalam tumbuh kembang anak. Anak yang tumbuh dengan bahagia kemungkinan memiliki masa depan yang baik jauh lebih besar dibandingkan dengan anak yang tumbuh dilingkungan yang keras atau toxic.

Namun, hal tersebut bukan tidak mungkin anak yang tumbuh tanpa rasa bahagia akan memiliki masa depan yang baik, tapi secara presentasi hal itu sangat kecil. Menurut Psikolog Elizabeth Santosa, kematangan emosi pada anak dapat dibantu dengan cara mempraktekkan perilaku positif misalnya dengan mengajarkan kepada anak kebiasaan bersyukur.

"Kesehatan emosional atau kebahagiaan di masa kecil adalah hal yang paling tepat untuk memprediksi life satisfaction dan well-being pada orang dewasa. Hal ini paling berpengaruh daripada hal lainnya seperti prestasi, pekerjaan atau kekayaan." Professor Richard Layard (2013)

Kebiasaan bersyukur dapat dimulai dengan cara yang sederhana seperti menuliskan hal-hal baik apa saja yang sudah kita peroleh setiap hari. Belajar mensyukuri segala hal yang sudah kita alami, mulai dari hal yang terkecil hingga hal-hal besar. Karena anak yang pandai bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi dan lebih bahagia.

Para orang tua juga dianjurkan untuk rutin menghabiskan waktu bersama anak, melakukan aktivitas bersama seperti berolahraga dan membiasakan gaya hidup aktif bisa meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik. orangtua juga bisa belajar mengekspresikan hal-hal baik yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari kepada anak.


Mbak Lizzie berpesan agar mengajak anak untuk selalu melihat sesuatu dari sisi positif. Bukan berarti dalam hidup ini tidak ada hal yang negatif, namun bagaimana cara kita merespon suatu masalahlah yang akan menentukan siapa kita sesungguhnya. Ya, orang bahagia itu selalu optimis bagaimanapun keadaannya.

Nah, sebagai acara penutup sekaligus keseruan workshop parenting Grow Happy, Happy from The Inside Out tadi semua peserta diajak untuk seru-seruan membuat makanan dari Playdough. Semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi waktu 7 menit untuk mengkreasikan makanan yang bernutrisi untuk anak.


Meskipun kelompok saya tidak menang tapi saya sennag sekali bisa mengikuti serangkaian acara workshop parenting grow happy dari Nestle Lactogrow ini. Rasanya sudah tidak sabar mempraktekkan ilmu yang tadi saya peroleh kepada anak saya Mirza. Sekian dulu cerita dari saya, semoga anak-anak kita bisa tumbuh dengan bahagia ya.

4 komentar:

  1. makanya mirza terlihat lincah dan pintar
    memang anak-anak harus mendapat perhatian sejak dini ya
    itu berpengaruh ke masa depan dia kelak

    BalasHapus
  2. Memberikan nutrisi pada si kecil ini juga memang sangat penting nih ya Mbak

    BalasHapus
  3. Wah seru banget nih Mbak acaranya. Itu ada yang bikin seperti makanan, lucu banget hihi

    BalasHapus
  4. Ternyata mengembangkan emosi anak itu juga sangat penting nih ya Mbak, thanks informasinya

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.