Liburan Asyik dan Murah di Jepang dengan JR Pass

Masih bingung ingin berlibur ke mana tahun ini? Jepang bisa menjadi salah satu alternatifnya. Sekarang ini sudah banyak tiket ke Jepang dengan harga yang murah. Namun sayangnya biaya transportasi di dalam negeri Jepang yang mahal. Untuk mengatasi hal ini sudah tersedia JR Pass.

Kegunaan dan Cara Mendapatkan JR Pass


JR Pass merupakan sebuah kartu yang dapat digunakan untuk naik kereta dan kendaraan umum yang ada di Jepang. Kartu ini hanya diperuntukkan oleh para wisatawan mancanegara yang berlibur ke Jepang kurang dari 3 bulan. Lalu apa kegunaan dari kartu ini dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak penjelasan berikut ini.


Cara Mendapatkan JR Pass


Kegunaan dari kartu ini sangatlah banyak di Jepang terutama untuk naik kereta dan bus. Dengan kartu ini kamu bisa naik semua jenis kereta dan bus lokal yang dikelola oleh perusahaan Japan Rail.

Dibandingkan membeli tiket kereta langsung di loket Jepang harganya lebih murah dengan kartu ini. Untuk mendapatkan kartu ini sebenarnya bisa dibeli langsung di Jepang. Namun untuk harga yang lebih murah sangat disarankan membeli saja di Indonesia sebelum keberangkatan. Lalu bagaimana untuk mendapatkan kartu ini? Berikut ini caranya:

Pesan Secara Online

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membeli secara online. Maksimal pembelian dapat dilakukan 4 hari sebelum berangkat ke Jepang. Dapatkan Exchange Order atau EO.

Setelah membeli secara online maka kamu akan mendapatkan EO atau Exchange Order. EO bisa diantar langsung ke rumah ataupun mengambil sendiri. Exchange Order ini berlaku 3 bulan sejak pemesanan.

Biasanya EO bisa diambil setelah satu minggu pemesanan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memesan satu bulan sebelum keberangkatan. Dengan demikian kamu masih ada waktu untuk mempersiapkan semua hal sebelum keberangkatan ke Jepang.

Tukarkan Ketika Tiba di Jepang

Jika EO sudah didapatkan maka kamu hanya perlu membawanya lalu menukarkannya di Jepang. Tempat penukaran EO ini bisa dilakukan di Bandara Jepang. Agar tidak terjadi masalah pastikan jika data diri yang ada pada EO sama dengan paspor kamu.

Kegunaan JR Pass Pada Saat Di Jepang


Cukup mudah bukan untuk mendapatkan kartu ini? Lalu apa saja yang bisa kamu dapatkan jika mempunyai kartu ini? Fungsi utama dari kartu ini adalah untuk naik kereta dan transportasi umum yang ada di Jepang. Tentu saja tidak semua kereta bisa diakses dengan kartu ini. Berikut ini kereta dan transportasi umum Jepang yang bisa diakses dengan kartu ini:

JR Trains

Semua jenis kereta yang dioperasikan dari jaringan JR bisa diakses dengan kartu ini. Dengan melihat JR Pass Map kamu akan tahu kereta apa saja yang bisa diakses dengan kartu ini.

Tokyo Monorail

JR Pass Tokyo bisa digunakan untuk naik Monorail dari Tokyo ke bandara Haneda. Berlaku juga untuk sebaliknya.

JR Bus Lokal

Hampir semua bus lokal Jepang menerima akses kartu ini. Dengan demikian perjalanan kamu akan lebih praktis.

JR Ferry

Untuk kamu yang berencana ke Miyajima bisa menggunakan kartu ini untuk naik kapal Ferry. Biaya penyeberangan dengan kartu ini lebih murah dibandingkan beli tiket langsung di pelabuhan.

Bagaimana apakah kamu sudah siap berlibur ke Jepang? Dengan adanya kartu ini liburan kamu ke Jepang akan lebih murah dan praktis. JR Pass sangat disarankan untuk semua wisatawan Indonesia yang akan pergi ke Jepang. Segera buat kartu ini dan nikmati liburanmu di Jepang.

4 komentar:

  1. Ya ampunnn pengen banget ke jepang. Dulu angan angannya ke jepang karena kerja ehhh gk kesampaian 😅

    BalasHapus
  2. wah semoga ku bisa juga kesana secepatnya ya, pengen banget ke Jepang belum kesampaian nih :D

    BalasHapus
  3. Kalau ke Jepang, transit Taipei aja yes. Kopdaran kitaa ^^

    BalasHapus
  4. Tiap aku ke Jepang, selalu beli kartu ini :). Bener2 jauuuuuh LBH hemat jadinya. Apalagi kalo balik ke Jepang, aku selalu eksplor kora2 yg jauh, dari ujung k ujung malah. Kayak trakhir pas aku ke Jepang, itu kan jelajah dr hakodate di ujung atas Hokkaido, sampe ke Nagasaki, di bagian selatan. Kalo seandainya ga pake jrpass, aku itung2 nih mba, bakal ngabisin 120rb Yen ato kurleb 15 JT LBH hanya utk transport.

    Tapi Krn aku pake jrpass 14 HR, yg hrgnya wkt itu cm 6 JT an LBH dikit. See, hematnya banyaaaak byanget :D. Jd kalo ke Jepang, dan mau eksplor yg jauh, udh jelas pake jr pass aja.

    THN depan aku ke Jepang LG bareng anak2, bakal beli ini LG sih :D. Krn mau jelajah dr Hokkaido sampe ujung selatan jepang

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.