Uji Jaringan Internet 5G Smartfren di Frekuensi Tinggi

by - Sabtu, Juni 26, 2021

Sejak masa pandemi COVID-19 ini dengan terpaksa banyak aktivitas yang dilakukan dari dalam rumah mulai dari sekolah sampai bekerja. Semua dilakukan dari dalam rumah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 ini. Demi mendapatkan kenyamaan dan kemudahan saat bekerja dan sekolah dari rumah tentunya kebutuhan akses internet yang cepat sangat diharapkan.

Alhamdulillah, saat ini perkembangan dunia internet begitu pesat, salah satu yang hangat adalah teknologi 5G. Di mana ini merupakan terobosan baru generasi kelima yang dapat meningkatkan konektivitas dan transmisi data. Jaringan 5G diklaim memiliki kecepatan unduhan akan berkali-kali lipat lebih cepat daripada kecepatan internet 4G.

Peningkatan transmisi akan memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk konsumen perorangan, namun termasuk pada banyak segmen industri. Tentunya, internet 5G akan banyak memberikan manfaat untuk banyak aspek dalam kehidupan di masa kini dan yang akan datang. Siapa disini yang sudah tidak sabar ingin menggunakan internet 5G?



Baru Uji Jaringan Internet 5G dari Smartfren Seperti Apa?


Sebagai pengguna setia provider Smartfren tentu saya menanti kehadiran jaringan internet 5G ini dan pada tanggal 17 Juni 2021 kemarin Smartfren bersama Kemkominfo melaksanakan uji jaringan internet 5G, lho. Uji coba ini dilakukan untuk melakukan pengecekan spektrum yang sampai saat ini belum pernah digunakan oleh layanan seluler, yaitu millimeter wave (mmwave).

Berlokasi di gerai Galeri Smartfren kawasan Menteng, Jakarta, telah menggelar uji coba (trial) jaringan koneksi 5G mereka dengan disaksikan perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Di kesempatan ini President Director Smartfren Merza Fachys menjelaskan bahwa koneksi 5G yang digunakan pada pengujian berbeda dari kompetitornya

Teman-teman teknologi menyebutkan dengan millimeter wave, di 26 Giga atau 28 Giga. Frekuensi ini merupakan frekuensi yang tinggi sekali, karena saat ini seluler itu paling tinggi bekerja di 2,3 GHz. Itu artinya Smartfren berani mencoba 10 kali lipat lebih tinggi, lalu bagaimana hasil uji coba ini?

Pada uji coba kemarin dilakukan dalam tiga aspek, apa saja?

  • Uji coba pertama, dilakukan dengan speed testing. Di tes ini, Smartfren menunjukkan kecepatan internet 5G yang stabil dan lebih cepat. Kecepatan unduhnya tembus 1,75 Gbps.


  • Uji coba kedua dilakukan dengan pemutaran video 4K. Dalam pemutaran video tersebut, nyaris tidak ada lagging dan video tampil secara jernih.

  • Uji coba ketiga menerapakan remote surveillance. Pada uji coba kali ini menggunakan kacamata VR Reality oleh Smartfren. Sedangkan uji coba keempat menguji Augmented Reality.

Smartfren menggunakan arsitektur 5G NR IU dari ZTE yang sudah mendukung jaringan 5G di frekuensi mmWave. Ada beberapa use case yang digunakan untuk uji coba jaringan 5G Smartfren kali ini. Salah satunya ialah pengujian kecepatan download menggunakan modem Mifi Smartfren, yang sudah menggunakan jaringan 5G di spektrum mmWave.

Dalam pengujian, kecepatan download 5G Smartfren ini menembus angka 1,85 Gbps. Selain kecepatan download, kualitas menonton video 4K di YouTube juga jadi aspek yang dijajal. Ternyata, dari demo tersebut, jaringan 5G Smartfren terbilang mulus untuk menonton video beresolusi 2.160 piksel atau 4K di YouTube.

Hasil awal yang baik apalagi sekarang sudah banyak video di YouTube yang bisa ditonton dalam piksel tinggi seperti 4K. Kalau biasanya menonton video dengan piksel 4K banyak buffering-nya kemarin saat uji coba dibuktikan jaringan 5G dari Smartfren sedikit buffering saat menonton video dengan piksel yang tinggi.

Dalam acara yang dilakukan secara live virtual di aplikasi Zoom dan YouTube Smartfren bersama Kemkominfo, ingin dapat melihat bagaimana layanan 5G secara keseluruhan dan manfaat-manfaatnya bagi industri layanan umum, terutama yang bersifat mission critical. Dengan adanya trial ini, diharapkan teknologi 5G dapat cepat-cepat dapat digunakan oleh para pelaku industri seluler, terutama Smartfren.

Kenapa diharapkan cepat-cepat bisa dipakai? Karena jaringan intenet 5G ini memiliki banyak manfaat seperti :

1. Latensi lebih rendah
2. Koneksi internet lebih cepat
3. Bisa mengendalikan drone
4. Meningkatkan teknologi VR
5. Mobil tanpa pengemudi
6. Kecepatan transmisi jauh lebih baik
7. Operasi jarak jauh
8. Menghubungkan perangkat lebih banyak
9. Cloud gaming
10. Peningkatan kapasitas internet

Bagaimana? Banyak sekali ya manfaat yang bisa didapat dengan mengunakn jaringan internet 5G ini. 5G bukanlah sekadar layanan yang akan bermanfaat maksimal jika hanya dipakai di smartphone pengguna, seperti untuk streaming film atau chatting saja. Tapi lebih dari itu jaringan internet 5G bisa digunakan untuk memajukan bangsan dan negara.

Keunggulan teknologi 5G dengan berbagai manfaat untuk berbagai sektor pekerjaan hingga mendukung smart city. Perkembangan teknologi yang pesat dalam 5G membuat semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah. Kita tunggu saja semoga secepatnya Smartfren bisa mengeluarkan internet 5G ini yang berkulitas.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.