Midtrans Payment Gateway, Teman dalam Memulai Bisnis Online

by - Minggu, Februari 20, 2022

Memulai tahun baru 2022, adakah yang tertarik untuk membuka sebuah usaha atau bisnis baru? Kata orang, tahun baru semangat baru. Membuka tahun baru dengan bisnis baru rasanya cukup menarik untuk dilirik saat ini. Terlebih mengingat masa pandemi yang cukup membuat perekonomian tidak stabil sehingga memaksa kita untuk bisa mendapatkan income baru.

Di sisi lain, saat ini transaksi jual beli melalui toko, ruko, atau mall rasanya sudah kurang praktis lagi. Ditambah perubahan gaya hidup di masa pandemi yang menuntut orang-orang untuk tetap mengatur aktivitas di luar rumah. Bahkan, kebanyakan orang saat pergi ke mall hanya untuk menghabiskan weekend atau sekadar cuci mata.

Sementara itu, untuk jual beli barang, banyak yang sudah nyaman menggunakan layanan online. Sehingga tidak heran kalau jual beli online (e-commerce) disukai karena kemudahan yang diberikan dalam membandingkan banyak produk dan pilihan produk yang sangat banyak. Tidak jarang juga beberapa produk yang dijual online sulit dijumpai di mall atau tempat belanja lain.



Memulai Bisnis Online, Ini yang Harus Diperhatikan!


Perubahan pola bisnis ini telah membuka peluang bagi banyak orang untuk menjalankan bisnis secara online. Ada banyak model bisnis online yang bisa dilakukan. Mulai dari membuka toko online sendiri atau sekadar menjadi perantara (broker), reseller, sampai dropshipper.

Meskipun begitu, kamu harus tahu kalau ada banyak sekali hal yang harus kamu lakukan dalam menjalankan sebuah bisnis online. Mulai dari melakukan riset produk, mengurus produksi, mengecek stok produk, mengiklankan produk, mengurus pengiriman, membalas chat dari pelanggan, dan masih banyak lagi.

Apalagi untuk kamu yang baru memulai bisnis, pasti sangat melelahkan bukan mengurus semuanya sendiri? Tapi, kamu tidak perlu khawatir dan membuatmu mengurungkan niat untuk memulai bisnis online. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan tugasmu, yakni dengan mengotomatisasi proses pembayaran bisnis online milikmu. Jadi, semua transaksi pembayaran dilakukan secara otomatis, menarik bukan?

Otomatisasi pembayaran ini akan memudahkan kamu dalam menyediakan proses pembayaran yang cepat, aman, dan mudah. Hal ini akan memungkinkan pelanggan memiliki pengalaman berbelanja online yang menyenangkan di toko online-mu. Kalau pelanggan merasa puas bertransaksi di toko online-mu, hal ini akan menarik pelanggan untuk melakukan transaksi ulang.

Bukan hanya bisa menarik pelanggan untuk bertransaksi ulang, tapi juga retensi dan pertumbuhan pelanggan meningkat, tentunya bisnismu akan berkembang secara cepat dan pesat. Kamu bisa melakukan otomatisasi pembayaran dengan memanfaatkan inovasi bernama payment gateway.

Midtrans Payment Gateway Cocok untuk Bisnis Online


Payment gateway adalah teknologi untuk memudahkan bisnis kamu dalam menerima pembayaran online dari para pembeli yang membeli produk atau menggunakan jasa kamu. Nah, payment gateway berfungsi sebagai gerbang pembayaran yang menghubungkan rekening penampung ke platform tempat kamu melakukan transaksi.

Nantinya, sistem pembayaran akan terotomatisasi sehingga kamu tidak perlu repot mencocokkan bukti transfer dengan daftar mutasi lagi. Secara sederhana, saat pembeli sudah melakukan pembelian di toko online-mu, selanjutnya pemesanan dan metode pembayaran akan diteruskan untuk verifikasi ke bank penjual.

Proses ini tidak memakan banyak waktu, cukup 5 detik setelah itu pembeli bisa melakukan proses pembayaran. Kemudian, penjual dan pembeli akan menerima notifikasi pembayaran sukses. Bukan sekadar menghemat waktu, payment gateway juga memiliki beberapa kegunaan lain untuk menunjang proses checkout dan pembayaran toko online-mu agar lebih mudah.



Midtrans adalah sebuah startup fintech yang bergerak di bidang payment gateway yang berada di Indonesia sejak tahun 2012. Teknologi dari Midtrans tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis online-mu. Caranya dengan pengembangan teknologi yang memfasilitasi pembayaran atau transaksi secara online.

Sama seperti kebanyakan payment gateway pada umumnya, Midtrans menyediakan sistem yang digunakan dalam dunia e-commerce untuk mengotomatisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Midtrans menawarkan beberapa pilihan pembayaran seperti kartu kredit, debit, transfer bank bahkan e-wallet dan konter retail seperti Indomaret pun tersedia, lho.

Memanfaatkan Fitur Unggulan Payment Link dari Midtrans


Satu inovasi yang dirilis Midtrans dan sangat bermanfaat terutama saat pandemi adalah fitur Payment Link. Ini adalah link pembayaran sederhana yang bisa dibuat para pelaku bisnis lewat web Dashboard Midtrans, lalu dibagikan kepada para pelanggan melalui kanal apa pun, termasuk WhatsApp, media sosial, SMS, juga email.

Pembeli yang mendapatkan link pembayaran ini bisa langsung mengecek detail invoice, memilih metode pembayaran yang diinginkan, serta menyelesaikan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih. Setelah pembayaran terkonfirmasi, baik penjual dan pembeli akan menerima notifikasi yang memuat informasi bahwa pembayaran terselesaikan.

Payment Link menyediakan 24 pilihan metode pembayaran, mulai dari kartu debit, kartu kredit, e-money, virtual account, dan direct debit. Payment Link merupakan solusi untuk semua skala bisnis karena cara penggunaannya yang sangat simpel. Untuk skala UKM, layanan ini merupakan solusi yang tepat karena tidak membutuhkan upaya ekstra untuk pengembangannya, apalagi jika bisnis online-mu belum memiliki tim IT.

Selain itu, Payment Link juga mudah dan aman. Kamu bisa mendapatkan payment link pertamamu dan mulai terima pembayaran dalam hitungan menit saja. Yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar dan melakukan instant onboarding agar kamu bisa segera menerima pembayaran.

Semua transaksi yang diproses melalui Payment Link telah dianalisis oleh Aegis yakni sistem pendeteksi anomali Midtrans dan juga 3 Domain Secure (3DS) yang bertujuan untuk memastikan semua transaksi kamu aman. Semua transaksi terekam di dashboard sehingga status pembayaran mudah dilacak dan rekonsiliasi dapat dilakukan dengan mudah.

Pentingnya Proses Registrasi dan Aktivasi


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mendaftarkan toko online milikmu melalui website Midtrans. Selanjutnya, masuk ke Dashboard untuk melanjutkan pendaftaran dengan memenuhi beberapa persyaratan dokumen yang ada.

Kelengkapan dokumen ini menjadi penting agar kamu bisa segera menerima pembayaran dari bisnis online yang dijalankan. Dokumen yang harus kamu siapkan antara lain, KTP dan NPWP. Keduanya berguna agar kamu diberi kewenangan untuk masuk ke sistem pembayaran card payment atau transfer via bank.

Akun yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk bisnis individu maupun beberapa orang secara kolektif seperti sebuah perusahaan. Jangan lupa untuk mengintegrasikan teknis yang sudah disediakan ke toko online atau e-commerce milikmu dengan tim developer. Hal ini dilakukan agar bisa memudahkan proses check out dari pembeli.



Tahap selanjutnya, kamu akan menerima email berisi dokumen Syarat dan Ketentuan yang sudah kamu setujui. Dokumen ini hanya dapat diunduh dalam kurun waktu 1x24 jam setelah email dikirimkan. Untuk aktivasi metode pembayaran kartu kredit maupun debit, biasanya diminta untuk menunggu informasi status pengajuan dalam waktu 10 hari kerja.

Pastikan bisnismu tidak termasuk dalam kategori bisnis terlarang dan situs web bisnis yang kamu daftarkan sudah memenuhi syarat & ketentuan yang berlaku. Jika kamu belum memiliki situs web, kamu bisa melampirkan tautan media sosial atau katalog produk bisnismu.

Setelah itu isi informasi bisnis dan unggah dokumen sesuai dengan petunjuk yang tertera. Konfirmasi persetujuan syarat & ketentuan untuk menyerahkan dokumen. Tim Midtrans akan menghubungimu melalui email apabila dibutuhkan informasi atau dokumen tambahan. Bisa dibilang proses registrasi dan aktivasi ini cukup panjang dan sedikit memakan waktu, namun itu semua demi keamanan selama menggunakan payment gateway Midtrans.

Pembayaran Mudah Menggunakan Payouts dari Midtrans


Midtrans benar-benar berkomitmen dalam menyediakan solusi pembayaran yang aman dan mudah bagi pelaku bisnis. Selain Payment Link, kamu bisa mendapat kemudahan untuk melakukan pembayaran dengan Payouts yang merupakan salah satu fitur untuk memfasilitasi pelaku bisnis dalam mengirimkan dana ke semua akun bank di Indonesia dan e-wallet dengan cepat dan mudah.

Selain itu setiap pembayaran yang kamu lakukan dengan Payouts Midtrans bersifat transparan sehingga keamanan bertransaksi akan terjamin. Terutama soal biaya, Payouts menawarkan layanan bayar rata per pengiriman dana yang berhasil dilakukan tanpa biaya tambahan.

Kalau berurusan dengan pembayaran pasti pertanyaan pertama yang muncul adalah apakah aman untuk digunakan? Payouts adalah fitur Midtrans yang aman digunakan karena memberikan jaminan sistem keamanan bahkan setara bank. Lalu, pembayaran apa saja yang bisa kamu lakukan menggunakan Payouts Midtrans?

  • Pembayaran ke partner atau vendor
  • Pengembalian dana (refund)
  • Gaji, insentif, atau komisi karyawan
  • Penyaluran dana pinjaman

Fitur Payouts Midtrans ini bisa digunakan bagi kamu pelaku bisnis marketplace, logistik, fintech, fashion, gaming, pendidikan, dan banyak lainnya. Untuk biaya, pengaturan awal Payouts dari Midtrans selalu gratis dan biaya hanya dikenakan saat transaksi berhasil.

Well, setelah membaca tulisan ini apakah kamu semakin tertarik untuk menerapkan payment gateway dalam bisnis online milikmu? Optimalkan pengalaman bertransaksi yang aman dan nyaman dengan solusi dari Midtrans payment gateway dan segera daftarkan bisnismu sekarang juga. Tahun baru, semangat baru, bisnis baru menggunakan Midtrans!

You May Also Like

1 komentar

  1. Hemm di zaman yang semakin canggih kayak gini semakin mudah untuk melakukan transaksi mantep banget payment gateaway ini. Terima kasih reviewnya!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.