Asuransi Kesehatan Online Cashless dari Astra Life Bayar Sesuai Tagihan

by - Senin, Juni 20, 2022

Siapa yang masih ragu untuk membeli asuransi karena khawatir susah saat pencairan dananya atau klaim dana? Ya, kamu tidak sendiri kok. Hal itu juga yang saya rasakan saat masih 'maju mundur' untuk ikut asuransi. Susah payah kerja cari uang untuk bayar asuransi tapi waktu mau klaim ternyata ditolak, duh pastinya nyesek banget!

Padahal sebenarnya semua sudah ada di dalam kesepakatan antara pihak asuransi dengan pembeli polis asuransi, dan terikat hukum. Artinya, klaim tidak akan sembarangan ditolak selagi kita sebagai pembeli masih mengikuti apa yang menjadi perjanjian saat membeli polis asuransi.

Nah, disini pentingnya untuk membaca dan memahami isi dari polis asuransi sebelum membelinya. Iya, saya tahu kalau membaca perjanjian polis itu tidak mudah apalagi untuk yang baru pertama kali membeli asuransi. Kamu pasti bingung dengan isinya panjang, tapi sebenarnya kamu tidak perlu membaca keseluruhan poin-poin di dalamnya.



Kamu cukup fokus dengan poin-poin yang penting saja seperti manfaat atau benefit apa yang akan kamu dapatkan, pastikan kamu tahu asuransi apa yang kamu pilih, fungsinya apa dan sesuai dengan kebutuhanmu. Itu sebabnya sebelum membeli asuransi, kamu harus tahu terlebih dulu asuransi apa yang mau kamu beli.

Kalau kamu bingung mulai darimana, kamu bisa mulai dari piramida asuransi.

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Penyakit Kritis
  • Asuransi Kesehatan

Ini adalah tiga asuransi wajib yang semua orang perlu punya dan asuransi kesehatan menjadi yang paling dibutuhkan karena risikonya yang paling dekat. Kamu pasti masih ingat gimana menakutkannya keadaan di saat pandemi Covid-19 kemarin. Yang awalnya sehat dan masih muda ternyata terkena Covid, terpaksa harus dirawat di rumah sakit padahal belum ada persiapan biaya sama sekali.

Coba bayangkan dalam kondisi sakit masih harus mikir gimana caranya membayar tagihan rumah sakit akibat Covid! Oleh sebab itu, memiliki asuransi kesehatan memang sepenting itu karena ad banyak yang ditanggung mulai dari pembayaran biaya medis, bedah maupun perawatan kesehatan lainnya yang tentunya tidak bisa diduga akan habis berapa banyak.

Bukan cuma itu, asuransi kesehatan juga membantu kita untuk mendapatkan layanan serta fasilitas kesehatan yang layak dan memadai. Ditambah lagi, proses pembayaran berobat menjadi praktis, karena perusahan asuransi bekerja sama dengan pihak rumah sakit. Jadi, saat kamu sakit dan dirawat di rumah sakit kamu tidak perlu lagi bingung atau mikir soal biaya.

Asuransi Kesehatan Digital dan Cashless, Solusi Perlindungan Kesehatan Masa Kini


Saat kamu sudah memiliki asuransi kesehatan itu artinya semua yang berkaitan dengan biaya perawatan selama di rumah sakit menjadi urusan pihak asuransi. Kamu sama sekali tidak perlu mengkhawatirkan apapun kecuali kesehatanmu termasuk saat kamu berpikir kalau pakai asuransi nanti biayanya ditalangi dulu.

Tenang, sekarang ini sudah ada asuransi kesehatan digital dan cashless yakni jenis asuransi kesehatan yang memudahkanmu dalam membayar tagihan rumah sakit. Sehingga kamu tidak perlu menalangi biaya berobat dari uang pribadi terlebih dahulu. Biaya tersebut akan dibayar oleh perusahaan asuransi sepanjang polis masih aktif.


Yang perlu kamu lakukan hanya menunjukkan atau menyerahkan kartu asuransi ke pihak rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang kamu ikuti. Kemudian kamu fokus melakukan perawatan di rumah sakit sampai kamu dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah tanpa harus membawa kuitansi pembayaran ke kantor asuransi untuk ganti rugi.

Ringkasnya, asuransi cashless memang memiliki manfaat lebih daripada asuransi reimbursement atau sistem ganti rugi. Terlebih untuk kamu yang apa-apa terbiasa sendiri, bahkan untuk urusan rawat inap maupun rawat jalan di rumah sakit pun sendiri. Kenapa?

  • Proses mudah dan cepat
  • Tidak perlu keluar uang dulu
  • Tagihan preminya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu

Apalagi saat kamu menggunakan asuransi kesehatan Astra Life yakni Flexi Hospital & Surgical Protection yang merupakan asuransi kesehatan dengan manfaat perlindungan kesehatan sesuai tagihan rumah sakit, fasilitas cashless dan premi terjangkau bagi siapa saja terutama bagi kamu yang baru bekerja dan masih mengatur keuanganmu supaya bisa ideal.

Source : ilovelife.co.id


Ini yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menggunakan Asuransi Kesehatan dari Astra Life!


Lalu, apa sih yang membedakan antara asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical Protection dengan asuransi kesehatan lainnya?

  • Kamu bisa menentukan perlindungan jiwa hingga 5 Milliar
  • Fasilitas Cashless dengan e-card di Rumah Sakit rekanan di Indonesia 100% klaim online
  • Kelas rawat inap hingga 2 juta perharinya
  • Preminya mulai dari 100 ribuan dengan masa pertanggungan mulai dari satu tahun dan dapat diperpanjang secara otomatis, hingga tertanggung mencapai usia 70 tahun
  • Fasilitas Medichal Check Up yang bisa kamu dapatkan setiap 2 tahun di akhir polis dan berlaku kelipatannya

Karena ini merupakan asuransi kesehatan murni yang benar-benar bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Bahkan kamu bisa menghitung sendiri berapa harga kamar rawat inap yang ingin kamu ambil dan limit tahunannya. Sehingga kamu akan tahu berapa premi yang harus kamu bayarkan. Benefit atau manfaat apa yang bisa saya dapatkan dari Flexi Hospital & Surgical Protection ini?

  • Penggantian biaya perawatan lengkap di Indonesia di Rumah Sakit dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan
  • Penggantian biaya Rawat Jalan Kanker (radioterapi dan kemoterapi) dan Cuci Darah
  • Penggantian biaya Fisioterapi termasuk Terapi Okupasi dan Terapi Wicara
  • Penggantian biaya Rawat Jalan Darurat

Yuk, Mulai Tentukan Besaran Premi yang Kamu Inginkan!


Menurut Felicia Tijasaka yang seorang Invesment Storyteller menjelaskan bahwa idealnya jumlah premi seluruh asuransi yang kita miliki sekitar 10% dari jumlah penghasilan kita perbulannya. Jadi, semisal pemasukan kita sebesar 3 juta sebulan berarti 300 ribunya bisa kita gunakan untuk membayar premi asuransi.

Nah, kamu bisa cek sendiri berapa jumlah premi yang harus dibayar melalui link ilovelife.co.id. Disana kamu bisa coba kalkulator premi dan menyesuaikan sesuai kebutuhanmu apakah preminya akan dibayarkan per tiga bulan, per enam bulan atau pertahun. Ada tips cara bayar premi yang mudah dan tentunya lebih murah yakni kamu bisa pilih bayar premi pertahun.

Hasil Kalkulator Premi di ilovelife.co.id


Penjelasannya begini, misalkan saja jumlah uang premi yang harus kamu bayar sebesar 1,5 juta per tahunnya kalau dibagi 12 bulan berarti hanya 125 ribu perbulannya dan ini sudah best deal untuk manfaat yang akan kamu dapatkan. Selanjutnya, kamu juga bisa cek apakah preminya akan tetap atau tidak?

Nah, di Astra Life sendiri preminya bisa naik setiap tahun sekitar 4 - 5%. Kenapa? Karena ada yang namanya biaya asuransi atau cost of insurance yang merupakan ciri khas dari asuransi tradisional. Asuransi tradisional merupakan produk asuransi murni, yang artinya hanya menawarkan manfaat pertanggungan asuransi tanpa adanya unsur investasi.

Terakhir, yang perlu kamu ketahui dan pastikan saat kan membeli polis asuransi adalah track record company. Supaya tidak ada kekhawatiran akan gagal klaim pas kamu lagi butuh-butuhnya uangmu. Percuma kita dapat asuransi yang murah dan bagus tapi belum tentu nanti bisa diklaim, karena mungkin perusahaan tidak bisa bayar.

Salah satu indikator apakah perusahaan asuransi ini nantinya bisa bayar atau tidak adalah dengan mencari tahu RBC-nya atau Risk Based Capital. Jadi, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sudah mewajibkan semua perusahaan asuransi RBC-nya minimal 120%. Artinya, semakin tinggi RBC-nya ya semakin baik dan semakin aman.



Saya coba kutip data dari CNN Indonesia yang sudah merekap 20 perusahaan asuransi yang paling kuat berdasarkan nilai RBC-nya. Asuransi dari #AstraLife masuk ke daftar Top 20 dengan RBC 422%. Nah, kalau sudah tahu begini tentunya kamu tidak perlu lagi khawatir untuk ikut asuransi, kan? Dengan ikut asuransi kesehatan berarti kamu #LoveLife.

Lalu, bagaimana cara klaim asuransi digital dan cashless Flexi Hospital & Surgical Protection menggunakan e-card? Setelah semua proses registrasi polis asuransi kesehatanmu selesai kamu akan mendapatkan e-card yang akan dikirimkan ke email kamu yang bisa kamu cek langsung melalui gadgetmu, maksimal H+2 hari kerja dari tanggal pembelian polis kamu.

Setelah menerima e-card, kamu bisa menunjukan e-card kamu ke petugas pendaftaran Rawat Inap di Rumah Sakit. Setelah menjalani Rawat Inap dan dinyatakan sudah boleh keluar dari Rumah Sakit, maka kamu mendapatkan layanan cashless dan #TagihanRSJadiRingan. See, asuransi kesehatan digital dan cashless, memang solusi perlindungan kesehatan masa kini.

Kamu bisa dapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat mengenai asuransi kesehatan digital dan cashless di laman akun Instagram @ilovelife.co.id dan @astralifeid. Pastikan kamu sudah follow kedua akun Instagram tersebut untuk informasi lebih jelasnya.

Sumber tulisan :

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200810212629-78-534263/riset-daftar-20-perusahaan-asuransi-terkuat-pada-2020
https://ilovelife.co.id/products/product-flexi-hs/5275
https://www.youtube.com/watch?v=Izp6rUkZQhk&t=128s

You May Also Like

2 komentar

  1. Aku baru dengar tentang asuransi kesehatan ini, mudah banget ternyata penggunaannya. Sangat penting memiliki asuransi untuk menjamin kesehatan kita. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Yeach skg asuransi punya banyak fitur termasuk Astra Life yang punya poin istimewa yaitu cashless dan bayar perlindungan sesuai kebutuhan

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.