Canva Site Bukan Cuma Desain tapi Bisa Tambah Cuan!

by - Minggu, Juni 26, 2022

Sebagai seorang blogger, buat saya tampilan cover artikel saat di-share itu sangat penting sekali. Karena salah satu alasan orang tertarik untuk mengklik tautan artikel yang saya bagikan adalah tampilan covernya yang menarik dan enak untuk dilihat. Tentunya juga nggak terlepas dari kualitas tulisan yang berbobot dan enak untuk dibaca, ya.

Faktanya sekarang adalah seorang blogger bukan cuma harus bisa menulis tapi juga harus bisa desain. Terlebih saat artikel yang kita buat memiliki tulisan panjang yang otomatis akan membuat pembaca merasa jenuh. Nah, di saat itulah peran gambar dengan desain yang menarik dan informatif sangat dibutuhkan.

Desain juga membantu saya saat hasil foto yang ingin saya tampilkan di dalam sebuah artikel nggak terlalu oke. Ribet juga ya jadi blogger? Tidak juga kok, apalagi sejak beberapa tahun terakhir ini saya pengguna setia aplikasi desain Canva. Melalui aplikasi ini saya bisa mendesain gambar yang oke dilihat meskipun kemampuan desain saya nggak terlalu baik.



Selain itu, ada satu hal menarik yang membuat saya semakin cinta sama Canva. Saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari Canva Site. Lho, kok bisa? Apa sih yang tidak bisa, apalagi di zaman yang serba internet saat ini. Ngomong-ngomong, melalui tulisan ini saya mau mengajak teman-teman untuk mengulik lebih dalam apa saja yang bisa kita hasilkan dengan Canva.

Apa Itu Canva?


Canva adalah aplikasi desain grafis online yang diluncurkan pada tahun 2013. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi kita juga bisa mendaftar akun profesional yakni Canva Pro untuk bebas menggunakan fitur-fitur lainnya yang tentu lebih keren, serta akses ke jutaan gambar premium dan elemen grafis.

Untuk bisa menggunakan Canva Pro harga yang ditawarkan mulai dari 95 ribu per bulan dan 769 ribu per tahun. Uniknya, satu harga langganan ini bisa diakses lima orang. Jadi, dengan harga super murah, ada lima orang yang bisa memanfaatkan ribuan template keren dan jutaan pustaka grafis.



Template foto dan video tersebut bisa digunakan untuk konten media sosial, banner website atau undangan online. Desain foto yang dihasilkan juga bisa dicetak, seperti kalender flyer, poster dan kartu nama. Bisa dibilang aplikasi ini membawa misi untuk memungkinkan semua orang di dunia bisa mendesain dan mempublikasikan apa pun di mana saja.

Cara Mendapatkan Pendapatan Melalui Canva Site


Selain itu, aplikasi Canva merupakan solusi ketika ingin memiliki penghasilan sampingan, meski skill desain grafis belum maksimal. Terdengar sangat menarik, bukan? Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Canva Site? Berikut ini cara memanfaatkan Canva dengan tepat.

1. Jual Desain

Canva hadir untuk membantu seseorang menghasilkan desain grafis yang keren, meski kemampuannya terbatas. Karena ada banyak template dari berbagai tema yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari tema olahraga, alam, fashion dan lain-lain. Kini, tugas teman-teman adalah bagaimana mendapatkan klien yang tepat.

Kalian bisa mencoba untuk mencari pasar yang mungkin tidak begitu paham desain. Bila klien yang didapat tidak minta tambahan yang aneh-aneh, cukup dengan Canva dan cuan bisa teman-teman dapatkan.

2. Menjual Template

Membuat template Canva yang bisa kalian tiru amati dan modifikasi melalui dashboard template saat membuat akun Canva. Template-template yang bisa teman-teman hasilkan bisa beragam macamnya. Kamu bisa memulai dengan membuat template postingan sosial media, kartu ucapan Selamat Hari Natal, Idul Fitri, Imlek dan hari perayaan lainnya.



Rentang harga untuk template-template ini $20 hingga $50 dollar per templatenya, atau jika dirupiahkan maka ada di harga 250 ribu hingga 600 ribu lebih. Kalau bagi saya ini sangat memberikan peluang dan referensi untuk teman-teman pemula dan pelajar dalam menghasilkan dan mendapatkan penghasilan bulanan dari aplikasi Canva.

3. Menjual Template ebook

Teman-teman bisa mendapatkan penghasilan dari Canva dengan menjual ebook, jadi Canva memiliki banyak sekali template ebook yang memang dibuat khusus untuk penggunanya. Menyenangkan karena desain template ebook ini bisa digunakan hanya dalam hitungan menit. Ya, kalian bisa menyesuaikan desain dengan keinginan dan kebutuhan.

Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu menambahkan beberapa font keren, warna cantik dan beberapa gambar dan hanya itu. Setelah merancang dan memonetisasi ebook Canva, selanjutnya yang perlu teman-teman lakukan adalah mengunduh PDF dari Canva dan mengisinya untuk dijual secara online.

4. Kontributor Canva

Teman-teman juga bisa banget mendapatkan passive income dengan mendaftar menjadi kontributor Canva. Jadi, setiap foto, stiker, video footage dan berbagai lainnya yang tampil di Canva dan digunakan pelanggan Canva Pro, kamu akan mendapatkan royalti untuk setiap pemakaiannya.

Nantinya, setiap bulan tim Canva akan mengirimkan royalti yang sudah teman-teman dapatkan, melalui Paypal, Skrill atau Payoneer. Jika teman-teman bisa bersaing dengan ratusan ribu kontributor lain, bersiaplah mendapat uang sampingan yang tentunya sangat menggiurkan.

Dapatkan Tambahan Penghasilan dengan Bergabung Bersama Canva Partnership


Sudah tahu belum kalau saat ini Canva memiliki program kemitraan dengan anggota Canva Pro. Caranya mudah, kalian bisa mengajak teman yang belum gabung Canva Pro, untuk upgrade ke langganan berbayar. Bila teman berlangganan melalui ajakan yang dikirim lewat email, kalian bisa mendapatkan uang dari Canva.



Komisi untuk program Canva Partnership ini cukup besar, untuk tiap transaksi melalui tautan referral, kamu bisa mendapatkan komisi 80% untuk tiap langganan Canva Pro baru bulanan, untuk dua bulan pertama. 15% untuk komisi langganan baru Canva Pro tahunan. Dan untuk gabung ke Canva Partnership, ada tiga step yang harus dilewati, yakni:

  • Membuat akun Impact Radius melalui tautan afiliasi yang dikirim via email atau kalian bisa kunjungi langsung laman program pemasaran afiliasi Canva
  • Isi data diri untuk Canva Pro Affiliate Program yang ada di Impact Radius
  • Terakhir, jangan lupa untuk membagikan link affiliate ke Blog, Channel Youtube atau ke Media Sosial, kalau saya sematkan link affiliate di bio Instagram

Yang penting dimanfaatkan dengan baik dan pintar-pintar merayu agar pengguna baru atau lama Canva mau upgrade ke versi Pro atau berbayar. Canva Affiliate Marketing Program ini cukup menarik untuk dicoba terlebih untuk kalian yang memiliki blog, channel YouTube atau influencer di media sosial.

You May Also Like

4 komentar

  1. Eh iya ding dari canva bisa dapat tambahan cuan, asal kreatif dalam desain. Aplikasi ini memang yang paling mudah untuk desain graphic, fiturnya memudahkan juga. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. lumayan banget nih bisa nambah cuan dari Canva Pro. aku jadi tertarik, soalnya selama ini menggunakan Canva Pro cm buat urusan desain, hihi

    BalasHapus
  3. Keren banget emang canva, aq udh dpt bnyak penghasilan jg dengan design canva

    BalasHapus
  4. oooh kukira canva site ini istilah untuk bikin website di canva

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.