Catat! Investasi Deposito Berjangka di OK Bank Sangat Menguntungkan

by - Selasa, Juli 05, 2022

Sejak menikah, saya mulai memikirkan untuk melakukan investasi dimana dana yang dikumpulkan melalui investasi ini bisa digunakan di saat sedang dibutuhkan bisa dibilang untuk dana darurat. Sebagai seorang istri yang diberi tanggung jawab untuk mengelola harta suami tentu menjadi tantangan tersendiri bagi saya.

Terlebih pasca pandemi kemarin bisa dibilang keuangan keluarga sedikit terganggu karena kami tidak memiliki simpanan maupun dana yang bisa digunakan saat pemasukan sedang menurun. dan di saat itulah saya semakin sadar akan pentingnya memiliki investasi. Bicara soal investasi, saya dan suami tertarik pada instrumen investasi berupa deposito, kenapa?

Karena sederhananya tabungan berupa investasi ini tidak bisa saya 'ganggu' kecuali sudah waktunya untuk cair. Sehingga saya memilih untuk membuka investasi berjangka supaya bisa saya sesuaikan dengan kebutuhan kami. Saya dan suami tidak mau kecolongan soal yang satu ini, itu sebabnya sudah dari jauh hari kami persiapkan sebaik mungkin.



Memilih Investasi Berjangka untuk Dana Pendidikan Anak


Berbicara mengenai perencanaan keuangan jangka panjang dalam bentuk deposito, ada produk bank yang menawarkan tabungan jangka panjang yaitu deposito berjangka. Lalu, apa yang dimaksud dengan deposito berjangka? Awalnya saya sempat bingung dengan produk bank yang satu ini sampai akhirnya saya mantap untuk memilihnya.

Deposito berjangka adalah salah satu produk perbankan dimana kita sebagai nasabah menyetorkan sejumlah uang untuk disimpan dalam kurun waktu yang lama di bank. Uang ini tidak bisa diambil sebelum jangka waktu yang ditetapkan mulai dari 1, 3, 6, dan 12 sampai 24 bulan, untuk lama waktunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Menurut saya deposito berjangka memang menjadi instrumen investasi yang paling ideal untuk kami saat ini. Profit yang dihasilkan lebih stabil dibandingkan instrumen lainnya, seperti saham ataupun obligasi. Risiko berinvestasi di deposito juga lebih rendah sehingga dikategorikan sebagai low-risk investment.

Fyi, saya baru tahu kalau ternyata suku bunga dalam produk deposito berjangka lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa pada umumnya. Semakin lama dana deposito disimpan, suku bunga depositonya lebih besar. Ketika mengambil dananya, maka saya akan mendapatkan dana berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan saat awal penyetoran.



Meski begitu, dana hanya bisa diambil pada waktu yang sudah disepakati mungkin ini yang bisa dijadikan pertimbangan bagi teman-teman yang akan membuka tabungan berupa deposito berjangka. Penarikan dana deposito sebelum waktunya bisa mengakibatkan denda pinalti sehingga keuntungan yang didapatkan jadi kurang maksimal.

Selain itu, nama penarik dana deposito harus sesuai dengan nama yang tercantum pada bilyet deposito. Hal seperti ini bisa dibicarakan dengan pihak bank supaya di awal pembukaan rekening untuk memudahkan pencairan dana diwaktu yang akan datang. Pastikan nama yang digunakan sudah menjadi kesepakatan bagi teman-teman yang sudah berkeluarga, apakah akan menggunakan nama suami atau istri.

Sebagai produk perbankan pun, risiko deposito lebih rendah karena bank yang menyediakannya sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Nah, yang perlu diingat adalah saat memilih bank untuk membuka deposito berjangka pastikan juga bank yang kita pilih dibawah naungan OJK dan LPS.

Buka Tabungan Deposito Berjangka di OK Bank Untungnya Banyak!


Tahukah teman-teman kalau bank yang terdaftar pada LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan bisa menyimpan dana kita dengan baik dan aman dari penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu bank yang dijamin oleh LPS adalah OK Bank. Ngomong-ngomong, sudah tahu belum kenapa harus dijamin oleh LPS?

Jadi, LPS menjamin penyimpanan dana deposito hingga Rp2 miliar dan suku bunga hingga 7,5%. Melalui lembaga ini akan membuat uang yang kita setorkan disimpan lebih aman, apalagi jika bank mengalami masalah atau kebangkrutan sewaktu-waktu. Pada akhirnya, kita akan menerima keuntungan hasil deposito yang lebih besar dari dana awal.

OK Bank sendiri awalnya bernama Bank Andara yang berdiri pada tahun 1980 sampai akhirnya OK Bank menggabungkan diri dengan Bank Dinar yang merupakan Bank penerima penggabungan (surviving Bank), dan sejak 26 Agustus 2019 Perseroan melakukan perubahan nama dari PT Bank Dinar Indonesia Tbk menjadi PT Bank Oke Indonesia Tbk.

Lanjut ya, ada beberapa produk dari OK Bank yang bisa dinikmati tentunya selain tabungan deposito berjangka. Alasan lain kenapa saya memilih tabungan deposito berjangka karena saya bisa mengakses bunganya. Bunga deposito setiap bulannya bisa dijadikan pendapatan alternatif, lho.



Bunga deposito bisa dinikmati dengan cara ditransfer menuju rekening yang kita gunakan. Kalau tidak ingin menikmatinya, bunganya dimasukkan ke dalam rekening deposito dan membuat keuntungan akhir yang diterima bertambah berkali-kali lipat. Tentunya hal ini menjadi tambahan income untuk kita.

Dari semua manfaat deposito berjangka yang bisa didapatkan rasanya lebih cepat maka lebih baik dengan membuka rekening deposito di OK Bank. Kita bisa membuka rekening deposito berjangka lebih mudah dan mendapatkan suku bunga yang cukup besar. Dengan begitu tujuan finansial akan mudah tercapai.

Lalu, bagaimana ya cara membuka tabungan rekening deposito di OK Bank? Mudah saja kok, bagi teman-teman yang tertarik untuk membuka deposito kalian hanya cukup menyiapkan beberapa persyaratan berikut ini, antara lain adalah :

  • Siapkan deposito sebesar minimal Rp. 8.000.000 (delapan juta rupiah)
  • Mengisi formulir pembukaan rekening
  • Melampirkan dokumen pelengkap seperti : Kartu identitas untuk WNI atau KTP, Paspor dan KITAS untuk WNA.

Selain menjamin pembukaan deposito untuk individu, OK Bank juga melayani pembukaan rekening deposit untuk lembaga. Persyaratannya tidak jauh berbeda dengan yang individu, seperti :

  • Siapkan deposito sebesar minimal Rp. 8.000.000 (delapan juta rupiah)
  • Mengisi formulir pembukaan rekening
  • Melampirkan dokumen pelengkap seperti KTP/SIM/Paspor dan NPWP pejabat yang berwenang serta SIUP, NPWP, Akte Pendirian Perusahaan dan perubahannya yang terakhir (disesuaikan dengan jenis lembaganya).

Bukan cuma bisa berinvestasi saja, dengan membuka tabungan rekening deposito di OK Bank artinya kita sudah membantu finansial masyarakat lainnya. Kenapa bisa begitu? Karena dengan menempatkan dana di OK Bank berarti secara tidak langsung kita sudah ikut memajukan sektor keuangan mikro di Indonesia dan membantu menyediakan akses layanan keuangan kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

OK Bank sendiri menjadi satu-satunya bank umum yang secara eksklusif memiliki fokus bisnis utamanya pada sektor keuangan mikro di Indonesia. Mulai dari pemegang saham, investor hingga seluruh staf OK Bank memiliki komitmen penuh untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Yang terakhir, OK Bank mengerti sekali akan kebutuhan di zaman milenial seperti saat ini dimana banyak kegiatan dilakukan melalui internet. Kita juga bisa mengecek dan melakukan transaksi apa saja melalui Internet Banking dan Mobile Banking. Untuk beberapa transaksi bisa dilakukan tanpa harus datang ke bank.

Well, memiliki keuangan yang sehat merupakan mimpi semua orang dan saya sudah tidak mau ambil pusing lagi bagaimana mengurus keuangan keluarga maka saya percayakan saja melalui instrumen investasi seperti deposito berjangka di OK Bank yang sangat menguntungkan.

You May Also Like

1 komentar

  1. Investasi belakangan ini banyak diminati karena menguntungkan banget untuk jangka panjang apalagi masa depan anak. Pastinya pendidikan anak itu ga murah belum lagi kebutuhan yang tidak pasti, penting banget memang investasi kayak gini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.