Lengkapi Kebaikan dan Cinta Pilih Astra Life Syariah yang Melayani Dengan Hati

by - Jumat, Maret 31, 2023

Salah satu bentuk perlindungan keluarga di zaman sekarang adalah dengan memberikan asuransi terbaik dan tepat. Belajar dari pengalaman pribadi, saya jadi tersadar betapa pentingnya memiliki asuransi demi kebaikan masa depan. Seperti yang kita semua tahu kalau tidak ada satupun yang tahu akan ada apa di masa depan nanti.

Sadar akan hal tersebut alih-alih segera memiliki asuransi namun nyatanya saya dulu menolak memiliki asuransi. Alasannya konyol sekali, ”Nanti kalau punya asuransi pasti ada apa-apa..”. Sampai akhirnya sebuah kejadian yang kurang mengenakkan terjadi dalam hidup saya dan di saat itu saya baru tersadar perlunya memiliki asuransi.

Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan dan beberapa persiapan sebelum memutuskan memilih asuransi yang seperti apa. Mulai dari mencari informasi, bertanya pada teman yang sudah berpengalaman sampai konsultasi pada financial planner.

Dalam prosesnya, tidak sedikit yang mengatakan kepada saya “Buat apa membeli asuransi? Nambah pengeluaran aja..”. Namun tekad saya sudah bulat waktu itu, pengalaman saat income keluarga menurun karena tiba-tiba ibu sakit keras dan meninggal adalah fase terberat dalam perekonomian keluarga kami.


Kenapa Memilih Asuransi Syariah Sebagai Perlindungan Keluarga?


Dari keadaan yang sangat tidak enak tersebut, saya tidak mau memberikan keadaan yang sama untuk keluarga saya karena  #LoveLife itu perlu. Saya memutuskan untuk tidak mau menanggung resiko kehidupan seorang diri, tabungan habis ketika tiba-tiba sakit keras, rencana keuangan jadi berantakan karena pencari nafkah meninggal dunia bahkan bisa jadi beban bagi keluarga lainnya.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk memiliki asuransi sebagai proteksi atau perlindungan keluarga di masa depan. Memang sih, cukup membingungkan saat pertama kali memutuskan untuk membeli asuransi yang dibutuhkan. Terlebih saat ini ada banyak macam asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan sampai yang paling baru adalah asuransi syariah.

Singkat cerita, asuransi syariah menjadi pilihan yang menurut saya terbaik untuk keluarga. Kenapa? Ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa kita dapatkan saat memiliki asuransi syariah. Namun sebelumnya saya mau sedikit jelaskan ke teman-teman mengenai apa itu asuransi syariah.

Secara definisi, OJK menerangkan bahwa asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong antara para pemegang polis. Tindakan tersebut dilakukan dengan cara pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru serta memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu lewat akad (perikatan) sesuai prinsip syariah.

Berikut ini ada lima keuntungan sekaligus kelebihan yang bisa didapatkan bagi pemilik polis asuransi syariah, seperti :

  1. Transparansi dalam pengelolaan dana nasabah yang jelas dan transparan.
  2. Dalam asuransi syariah tidak ada dana hangus karena ketika perusahaan pengelola dana nasabah dalam konsep dana Tabaru mendapatkan keuntungan maka nasabah asuransi akan mendapatkan bagi hasil secara adil sesuai porsinya masing-masing.
  3. Produk asuransi proteksi yang tidak akan berubah dan sesuai dengan perjanjian di awal.
  4. Jauh dari praktek riba karena mengikuti sistem syariat Islam.
  5. Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah dari Majelis Ulama Indonesia.

Tips Penting Memilih Asuransi Syariah


Berdasarkan pengalaman ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk teman-teman yang baru pertama kali akan membeli produk asuransi jiwa syariah. Terlebih kehadiran asuransi syariah saat ini yang beragam. Wajar kalau teman-teman merasa bingung dan mungkin saja merasa khawatir. Saya awalnya juga begitu, kok.

Meskipun berdasarkan nilai-nilai beragama memang ada baiknya untuk tetap teliti dan cermat dalam memilih. Saya disini juga bukan agen asuransi, hanya saja saya ingin berbagi sedikit pengalaman yang menurut saya baik untuk dibagikan. Jadi, apa saja tips penting memilih asuransi syariah yang tepat dan bikin tenteram hati?

  • Kenali kebutuhanmu dan keluarga sesuaikan dengan kebutuhan keluarga dengan membaca manfaat pertanggungan asuransi tersebut. Pastikan kamu sudah memilih asuransi syariah yang bikin hati tenteram dan tenang dengan mengenali produk beserta manfaatnya.
  • Paham akad asuransi dengan cermat dan teliti. Perlu diketahui bahwa akad pada asuransi syariah adalah perjanjian atau kontrak yang berisi informasi seputar produk tersebut, termasuk hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.
  • Pastikan dulu perusahaan asuransi syariah yang kamu pilih terdaftar resmi dan dalam pengawasan dua lembaga berikut ini OJK (Otoritas Jasa Keungan) dan DPS (Dewan Pengawas Syariah). Selain memperhatikan legalitasnya, perlu melihat kredibilitas dan rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Kamu bisa melihat review orang lain di sosial media atau dengan melihat informasi di internet.

Astra Life Syariah Asuransi Syariah Bikin Tenteram


Faktanya asuransi syariah menjadi produk asuransi yang menjadi primadona oleh beberapa perusahaan asuransi salah satunya seperti #AstraLifeSyariah. Astra Life Syariah hadir untuk melengkapi kebutuhan nasabah yang ingin memiliki asuransi yang sesuai dengan syariat Islam, cocok sekali bagi teman-teman yang sedang menerapkan sistem keuangan syariah dalam keluarga. Ada tiga jenis produk asuransi dari Astra Life Syariah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti :

Flexi Life Syariah

  • Asuransi jiwa murni dengan manfaat santunan tutup usia hingga Rp 2 M tanpa cek medis.
  • 200% santunan tutup usia akibat kecelakaan.
  • Perlindungan sesuai prinsip syariah.
  • Mencakup perlindungan atas Covid-19.
  • Dapat dibeli secara online 
ASLI Asya Proteksi Syariah

  • Asuransi jiwa unit link sesuai prinsip syariah dengan manfaat perlindungan menyeluruh mulai dari jiwa, terminal illness, cacat total dan tetap hingga manfaat mudik lebaran.
  • Bonus loyalitas awal tahun polis ke-11 dan ke-16 masing-masing 25%*.
  • Tambahan booster investasi 3% mulai awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis*.
  • Manfaat nilai dana 100% di akhir masa polis.
  • Pembayaran kontribusi berkala yang terjangkau.
  • Dapat dibeli secara online 
AVA iFamily Protection Syariah

  • Asuransi jiwa berjangka sesuai prinsip syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU.
  • Memberikan tambahan manfaat berupa manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah serta mudik lebaran.
  • Biaya kontribusi terjangkau mulai dari Rp90.000,- per bulan.
  • Diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai Peserta Tambahan Yang Diasuransikan dalam satu polis.
  • Dapat dibeli secara online 

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas semua produk asuransi syariah dari #AstraLife ini bisa teman-teman dapatkan melalui online bahkan transaksi pembayaran bisa dilakukan secara online. Kalau masih bingung atau ada hal yang ingin ditanyakan mengenai produk asuransi syariah teman-teman bisa langsung menghubungi customer service melalui chat online yang tersedia.

Kamu juga bisa mencoba langsung kalkulator kontribusi yang akan membantumu untuk menghitung kebutuhanmu menggunakan proteksi asuransi syariah. Kamu juga bisa mengetahui lebih lengkap mengenai Flexi Life Syarih dengan mengunjungi tautan ini. Informasi lainnya juga bisa kamu dapatkan melalui akun Instagram @ilovelife.co.id @astralifeid jangan lupa klik, follow dan mention.

#LengkapiCintadanKebaikan untuk keluarga kita dengan proteksi yang melayani dengan hati. Bukan hanya keluarga, secara tidak langsung asuransi syariah membuat kita menjadi lebih peduli dengan orang lain. Saling tolong menolong dalam kebaikan merupakan anjuran agama terlebih jika dilakukan di bulan Ramadan seperti sekarang.

You May Also Like

1 komentar

  1. Astra Life memang bisa diandalkan untuk melindungi diri dan keluarga. Di masa yang penuh dengan kejutan seperti sekarang memang perlu berjaga-jaga dengan asuransi sehingga hidup lebih tenang dan aman. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.