Berwakaf Mudah dan Aman dengan Asuransi Brilliance Hasanah Maxima Sun Life

Sebagai seorang muslim tentu kita harus tahu dan paham betul tentang wakaf dimana banyak orang yang mengatakan kalau wakaf ini sulit dan ribet. Wakaf harus berupa tanah, jadi kalau sudah begitu rasanya akan sulit untuk berwakaf bagi umat muslim. Tapi betulkah seperti itu?.

Hari Kamis 20 September 2018 seperti biasa saya mendapat undangan untuk menghadiri sebuah acara dari Sun Life Indonesia mengenai salah satu produk barunya yang berhubungan dengan wakaf. Ada beberapa fakta menarik yang baru saya ketahui mengenai wakaf, salah satunya saya baru tahu kalau wakaf bisa menggunakan uang.

Teman-teman pasti penasaran, bukan? Iya, dengan membayar sejumlah uang kita bisa berwakaf dengan pasti dan insya Allah aman. Asuransi Hasanah Maxima namanya dengan memberikan fasilitas baru yakni wakaf kepada para pemegang Polis. Berama Bapak Norman perwakilan dari Sun Life Financial Indonesia kami diedukasi tentang wakaf.



Berwakaf Mudah dan Aman dengan Asuransi Brilliance Hasanah Maxima Sun Life


Sebelum saya cerita lebih lanjut mengenai semua informasi yang saya dapatkan tentang wakaf di Sun Life, saya mau memperkenalkan Sun Life kepada teman-teman pembaca. Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial.

Sun Life menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi.

Setelah meluncurkan wakaf manfaat asuransi untuk produk asuransi syariahnya di tahun lalu. Nah, pada tanggal 6 Agustus 2018 PT Sun Life Financial Indonesia memposisikan ulang produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan menambahkan fasilitas baru. Yaitu wakaf berkala. Apa itu wakaf berkala? Bagaimana cara untuk menggunakan wakaf berkala?.


Kamu Bisa Ikut Asuransi Sekaligus Berwakaf


Apa yang teman-teman ketahui tentang wakaf?. Pada Kopdar kemarin memberi pemahaman baru mengenai konsep dan mekanisme wakafWakaf itu mudah dan sederhana. Wakaf sesutu yang bisa dikelola, tidak langsung habis. Contoh memberikan uang kepada orang miskin lalu uangnya langsung dihabiskan maka disebut sedekah.


Inovasi yang dihadirkan pada produk yang dilengkapi manfaat wakaf ini, memungkinkan nasabah untuk merencanakan keuangan masa depan sekaligus beribadah wakaf disaat yang bersamaan dengan pasti, kini, dan nanti. Itu artinya selain ikut asuransi kita juga bisa berwakaf dengan membayar sejumlah uang yang sudah ditentukan. Untuk nominal Wakaf di Asuransi Brilliance Hasanah Maxima Sun Life mulai dari 600 ribu rupiah dengan jangka waktu 5 tahun.

Beragam fasilitas yang dihadirkan melalui produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima, merupakan bukti komitmen dalam memberikan layanan dan produk asuransi berbasis syariah yang lengkap. Serta membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah wakaf secara berkala.


Produk ini diharapkan dapat menjadi sarana penggalangan dana (fund raising) melalui fitur wakaf berkala yang menyalurkan dana wakaf sejak pembayaran premi pertama. Selain mengandung nilai kebaikan, dana wakaf juga memberikan kontribusi bagi pembangunan negara.

Berwakaf Pasti Kini dan Nanti Bersama Sun Life


Dalam mengelola penyaluran dana wakaf yang diterima, Sun Life bekerjasama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya, jadi teman-teman tidak peru merasa khawatir lagi. Yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Sebagai salah satu mitra pengelola wakaf terpercaya, Dompet Dhuafa menyambut baik amanah serta kerjasama yang terjalin dengan Sun Life. Dalam mengoptimalkan potensi serta menyalurkan dana wakaf untuk kesejahteraan umat, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk lembaga pengelola keuangan berbasis syariah.


Dana yang terhimpun, kemudian akan disalurkan oleh nazhir ke berbagai sektor sosial yang membutuhkan, mulai dari pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan. Di bidang kesehatan misalnya. Saat ini Dompet Dhuafa memiliki jaringan rumah sakit berbasis wakaf di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur.

Ditinjau dari potensinya, Badan Wakaf Indonesia (BWI) memperhitungkan potensi wakaf di Indonesia mencapai angka Rp180 triliun. Namun pada 2017, total penghimpunan dana wakaf baru mencapai Rp400 miliar. Dengan dana sebanyak itu bisakah kita membayangkan berapa banyak orang yang kita bantu? Berapa banyak manfaat yang bisa kita berikan kepada orang banyak?.

Tahukah teman-teman, jika dikumpulkan dan dikelola dengan baik, objek wakaf dapat dimanfaatkan sebagai investasi strategis dalam upaya menghapuskan kemiskinan dan menangani ketertinggalan di bidang ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan. Kalau sudah begini, masih kah kita menunda untuk berwakaf?.


Pemahaman kebanyakan orang termasuk saya yang menganggap bahwa objek wakaf hanya terbatas pada tanah atau bangunan (wakaf tidak bergerak), ditengarai menjadi salah satu alasan yang menyebabkan potensi wakaf belum optimal. Padahal wakaf adalah investasi yang pahalanya mengalir terus menerus meski kita sudah meninggal dunia.

Kehadiran manfaat wakaf pada produk asuransi syariah dari Sun Life, khususnya produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima memfasilitasi masyarakat untuk tidak lagi menunda melakukan ibadah wakaf. Sun Life percaya bahwa asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas.

Melalui produk ini, Sun Life ingin mengedukasi sekaligus membantu masyarakat agar dapat melaksanakan ibadah wakaf dengan pasti, kini dan nanti. Lebih pasti dengan tanpa potongan (100% langsung disalurkan) dan dukungan mitra nazhir terpercaya.


Dapat dilakukan sedini mungkin dengan dana wakaf yang langsung disalurkan sejak pembayaran kontribusi yang pertama dan untuk selanjutnya sesuai frekuensi pembayaran kontribusi yang dipilih nasabah. Selain itu yang paling penting adalah gagasan Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah juga memperoleh dukungan DSN-MUI.

Melalui manfaat yang berlaku untuk semua produk asuransi syariah ini, peserta asuransi kini dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dari manfaat investasi dari polisnya. Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Jadi, pihak Sun Life tidak asal dalam memberikan aturan pada produk wakaf ini.

Berdasarkan fatwa tersebut, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris. Sun Life juga didukung oleh tenaga pemasar yang berdedikasi dan tersertifikasi wakaf secara resmi oleh Sun Life, bekerjasama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Selain memiliki pemahaman mendalam terkait produk, tenaga pemasar Sun Life juga dibekali dengan wawasan terkait jenis wakaf dan peruntukannya.

Dengan edukasi yang baik, serta didukung fasilitas yang mumpuni, Sun Life berharap kehadiran fitur wakaf pada produk syariah dapat memberi keberkahan bukan hanya bagi nasabah sekaligus pewakaf. Tapi juga penerima manfaat wakaf, serta membantu meningkatkan kesejahteraan bangsa.


Well, sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak berwakaf ya teman-teman. Karena dengan Sun Life kita bisa berwakaf dengan cara yang baru, lebih mudah dan lebih cepat. Jadi, tidak usah menunggu memiliki tanah dulu. Cukup dengan memiliki asuransi. Berwakaf dengan Asuransi brilliance hasanah maxima dari Sun Life Pasti, Kini dan Nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.