Johnson's Sentuhan Cinta Melalui Pijat Bayi

Jauh sebelum menikah dan memiliki anak diam-diam sebenarnya saya ini antusias sekali dengan pembahasan seputar ibu dan bayi. Satu kata yang selalu ada dalam pikiran saya adalah "Bonding" atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan kedekatan. Kedekatan yang saya maksud di sini ialah kedekatan yang tercipta antara ibu dan bayi.

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menciptakan Bonding yang kuat yakni salah satunya dengan melakukan sentuhan, skin to skin. Beruntung sekali rasanya karena saya mendapat kesempatan untuk merawat anak sendiri tanpa bantuan orang lain kecuali suami. Hal tersebut membuat ikatan dan kedekatan kami berdua semakin kuat.

Dengan melakukan sentuhan memang terbukti menguatkan Bonding, sentuhan bisa berupa sebuah pijatan yang kita hadiahkan untuk bayi kita. Bicara soal memijat bayi kebetulan sekali beberapa hari yang lalu saya berkesempatan hadir di acara Johnson's Baby dan The Urban Mama yang bertema Jhonson's Sentuhan Cinta.


Johnson's Sentuhan Cinta Melalui Pijat Bayi


Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Hal ini tentu sejalan dengan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia.

Dalam acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Wynne Lukman, Brand Manager dari Johnson’s Baby. Beliau menyampaikan bahwa Lebih dari 70.000 bayi Indonesia tidak bertahan lebih dari 28 hari. Bagaimana jika ternyata memijat bayi bisa membantu menyelamatkan bayi lainnya. Johnson’s membantu para ibu di Indonesia untuk mewujudkan harapan mereka dengan Sentuhan Cinta.


Pijat bayi dapat memperlancar peredaran darah dan memperkuat daya tahan tubuh bayi untuk mendukung dia bertahan melewati 28 hari pertamanya. Memijat bayi secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih untuknya. Lebih banyak waktu untuk membangun ikatan dengannya. Lebih banyak stimulasi sensorik. Perkembangan bayi yang lebih sehat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh dr. Dyah Retno Wulan,Sp.A, Dokter Spesialis Anak menjelaskan Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh bayi dari stimulasi sentuhan melalui pijat bayi, terutama selama periode emas. Pada periode ini, jika pijat bayi dilakukan secara rutin, maka dapat membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal karena banyaknya manfaat yang didapat seperti :

1. Memperlancar peredaran darah.

2. Memperlancar pencernaan bayi dengan menambah nafsu makan.

3. Mencerna dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi.

4. Membantu bayi untuk relaksasi sehingga bayi dapat tidur lebih nyenyak dan lama serta membantu meredakan ketidaknyamanan di saat mengalami kolik atau sedang tumbuh gigi, memperkuat massa tulang.

5. Memperkuat ikatan emosional bayi dengan orangtua karena melalui pijat bayi maka hormon oksitosin bayi dan ibu meningkat.


“Dan seperti yang kita ketahui bahwa hormon oksitosin adalah hormon yang membuat manusia merasa nyaman dan dicintai. Sehingga, pijat bayi tidak hanya memberi manfaat yang besar terhadap bayi itu saja, melainkan juga terhadap si ibu,” jelas dr. Dyah.

Stimulasi secara terus menerus dengan beragam cara, lanjut dokter Dyah, dapat mendorong perkembangan bayi menjadi lebih cepat serta meningkatkan berbagai aspek keterampilan anak, baik emosional, sensorik maupun motorik serta membantu perkembangan sistem saraf pada bayi.

Tahukah Ibu, Pijat Bayi Tidak Harus di Baby Spa!


Memijat adalah cara yang menyenangkan untuk membantu mempererat ikatan ibu dan si kecil. Ini merupakan kunci untuk perkembangan bayi. Banyak peneliti dan ahli klinis percaya bahwa ikatan positif antara ibu dan anak dapat membantu anak dalam membentuk pondasi untuk hubungannya di masa mendatang.

Tidak harus menghabiskan banyak waktu dan uang untuk pergi ke spa baby demi mendapatkan pijatan yang lembut dan mampu menstimulasi tumbuh kembang bayi. Sebab pijatan yang mampu menstimulus tumbuh kembang bayi sejak usia 0 hingga 3 tahun justru harus dilakukan oleh orangtua sendiri dan harus dilakukan setiap hari.

Hal ini diungkapkan oleh Gina Puspanti Anggraeni, Instruktur Pijat Bayi Bersertifikat Johnson’s. Masih menurut Mbak Gina bahwa hal yang paling penting adalah ikatan cinta antara ibu dan anak saat melakukan pemijatan itu. Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu.


Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yang krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil. Wah, mendengar hal ini saya semakin bersemangat untuk rajin melakukan pijat ke anak semata wayang saya Mirza.

“Boleh saja mengajak bayi ke spa khusus tetapi itu sifatnya hanya variasi yang paling penting adalah yang dilakukan di rumah setiap hari. Tentunya dengan gerakan yang sederhana dan benar,” jelas Mbak Gina.

Ada beberapa hal yang harus dihindari dalam simulasi pijat yaitu jangan memijat bayi pada saat dia sedang lapar, baru selesai makan atau minum. Jangan membangunkan bayi yang sedang tidur hanya untuk melakukan pijat bayi. Jangan memaksakan posisi tertentu pada bayi pada saat pemijatan. Jangan memijat bayi dengan kuku yang panjang dan menggunakan perhiasan di tangan dan jari Ibu ya.

Sebelum melakukan pijat bayi juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu Cuci tangan kita hingga bersih, sediakan alas pijat yang rata dan bersih. Pilih ruangan yang hangat, yang nyaman dan tidak berangin untuk bayi. Ibu juga bisa mengajak bayi mengobrol, atau mendengarkan musik yang lembut. Dan satu hal penting lagi yaitu semua gerakan pijat bayi dapat kita hentikan jika bayi merasa tidak nyaman.

Menurut Mbak Gina ada enam pijatan mulai dari pijatan wajah, pijatan dada, pijatan perut, pijatan tangan, pijatan kaki dan pijatan punggung bayi. Berikut adalah pejelasan secara detail langkah memijat bayi yang saya sadur langsung dari website Jhonson's Baby.

Memijat Wajah Bayi

1. Tekankan jemari Ibu di mulai dari tengah kening bayi mengarah ke pelipis dan pipi.

2. Pijat daerah bagian atas alis dengan kedua Ibu jari

3. Berikan tekanan lembut dengan menggunakan ibu jari, tariklah garis dari arah hidung bayi ke arah pipi.

4. Pijat sekitar area mulut bayi dengan kedua ibu jari. Buatlah gerakan menarik bibirnya sehingga membentuk senyuman.

5. Berikan pijatan lembut di sekitar rahang bawah bayi, mengarah dari tengah ke samping untuk membuat bibir bayi membentuk senyuman.

Memijat Dada Bayi

1. Letakkan kedua tangan di atas dada bayi, Lakukan gerakan mengarah ke atas lalu ke samping dan kembali ke tengah dengan gerakan membentuk simbol hati.

2. Dari tengah dada bayi, buat arah silang dengan telapak tangan Ibu menuju ke arah bahu. Memijat Perut Bayi.

Ingat, jangan melakukan pemijatan di atas tulang rusuk atau ulu hati!

1. Lakukan gerakan mengeruk di atas perut bayi dengan gerakan tangan Anda, mengarah dari atas ke bawah perut.

2. Angkat kedua kaki bayi, tekan kedua lututnya secara perlahan ke arah perut. Buat gerakan melingkar secara bergantian di atas perut mengarah searah jarum jam.

3. Rasakan gelembung angin di dalam perut bayi, dorong dengan jari-jari Ibu searah dengan arah jarum jam.


Memijat Perut Bayi Dengan Gerakan “I Love You”

Pemijatan I love You terdiri dari 3 gerakan :

1. “I” Gunakan tangan kanan Ibu di sebelah kiri perut bayi untuk memijat ke arah bawah lurus seperti huruf ‘I’

2. “Love” memberikan pijatan membentuk huruf “L” terbalik. lakukan pemijatan dari arah kanan ke kiri di bagian perut atas lanjutkan ke arah bawah perut.

3. “You” Gerakan memijat dengan bentuk hurf “U” terbalik. Gerakan ini memutar setengah lingkaran membentuk huruf U dari perut bawah kanan naik ke perut atas berbelok ke kiri dan dilanjutkan ke arah bawah kiri bagian perut.

Memijat Tangan Bayi

1. Lakukan gerakan seperti memilin untuk memijat tangan bayi mulai dari bahu hingga ke arah pergelangan tangannya.

2. Lakukan gerakan sebaliknya, dari arah pergelangan menuju bahu.

3. Tarik jari-jari bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin

4. Lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari di telapak tangan dan punggung tangan secara bergantian.

5. Lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah bahu

Memijat Kaki Bayi

1. Peganglah kaki bayi dengan kedua telapak tangan. Dengan gerakan memilin, pijat kaki bayi dari arah paha menuju ke pergelangan kakinya.

2. Lakukan gerakan sebaliknya, memilin kaki dari arah pergelangan ke arah pangkal paha bayi.

3. Tarik jari-jari bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin

4. Lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari di telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian.

5. Lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah paha

Memijat Punggung Bayi

1. Letakkan bayi dalam posisi tengkurap dengan bantalan lembut.

2. Lakukan gerakan maju mundur dengan kedua tangan Ibu di punggungnya.

3. lakukan gerakan meluncur dimulai dari bawah leher bayi ke arah pantat

4. Buat gerakan melingkar dengan jari Ibu pada otot disamping tulang punggung.

5. Usapkan telapak tangan Ibu dari bawah leher sampai ke bawah untuk mengakhiri pijatan

Selama melakukan cara pijat bayi ini, Ibu dianjurkan untuk mengajak si kecil ngobrol atau bahkan mengajaknya bernyanyi hal ini dapat meningkatkan kemampuan verbal si kecil disamping pula mempererat ikatan batin kita dengan si kecil. Saat memijat bayi menggunakan Baby Oil dan Baby Lotion.

Nah, ternyata penggunaan keduanya ini juga ada waktunya lho. Jadi, memijat bayi sebelum mandi saat pagi hari disarankan untuk menggunakan Baby Oil. Sedangkan saat memijat bayi di waktu selesai mandi sore ibu bisa menggunakan Baby Lotion. Pada acara kemarin saya mendapatkan ilmu baru tentang penggunaan Baby Oil pada bayi.

Menggunakan baby oil dan minyak zaitun dipercaya bisa memberikan manfaat sehat pada kulit tubuh. Mengoleskan dua jenis minyak ini pada kulit bayi juga mungkin sudah menjadi hal wajar dilakukan banyak orangtua. Dari namanya saja, baby oil memang diperuntukkan bayi.

Sedangkan mengoleskan minyak zaitun mempunyai kandungan sehat menutrisi kulit sehingga lembut dan sehat. Tapi tahukah Bu, bahwa sebaiknya hati-hati mengoleskan minyak zaitun pada bayi karena ternyata menyimpan kandungan yang berbahaya. Kulit bayi bisa mengalami iritasi jika dioleskan minyak zaitun. Sebaiknya gunakan baby oil atau lotion yang memiliki formula yang tepat dalam jumlah sedikit, seperti Johnson's baby oil.


Dalam program Sentuhan Cinta ini, Johnson’s bekerja sama dengan Save The Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program “Kesehatan Ibu dan Anak”. Dalam menjalankan kampanye tersebut, Johnson's bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Setiap kita melakukan transaksi pembelian semua jenis produk Johnson’s baby minimum Rp. 25.000,- di Alfamart atau di Johnson’s Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi tersebut, para ibu secara otomatis akan menyumbangkan Rp. 500,- untuk Save The Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.


Well
, Sentuhan merupakan momen terjadinya ikatan emosional antara bayi dan ibu yang dapat membantu menstimulasi indera bayi, sehingga mendukung tumbuh kembangnya agar optimal. Stimulasi sentuhan bisa dirasakan oleh bayi saat ritual mandi dan pijat. Yuk Bu, beri sentuhan cinta pada bayi kita dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.