Keseruan Festival Bunda Generasi Maju Bersama SGM di Surabaya 2019

Sebagai seorang ibu yang pernah hamil dan melahirkan saya sangat percaya bahwa masa kehamilan merupakan masa penting yang tidak boleh dianggap remeh. Masa Kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si Kecil yang penting untuk kualitas masa depannya.

Sebagai ibu wajib bagi kita untuk memperhatikan masa emas pada anak, karena 1000 HPK inilah yang akan menentukan kesehatan seorang anak sampai dia berusia lanjut nanti. 1000 hari pertama kehidupan atau golden age dimulai saat hari pertama janin bertumbuh dalam rahim hingga seorang anak berusia 2 tahun.

Nah, pada hari minggu tanggal 21 April 2019 kemarin saya hadir di Festival Generasi Bunda Maju yang diadakan oleh SGM. Acara yang berlokasi di lapangan parkir Grand City Mall Surabaya tersebut sukses merebut antusias para ibu hamil untuk datang. Bukan sekadar festival biasa namun hari itu para ibu hamil benar-benar dimanjakan dengan rangkaian acara dari pagi hingga siang.


Pemenuhan Asupan Nutrisi Selama Masa Kehamilan


Acara dimulai dengan talkshow seputar kehamilan bersama dr. Sylvia Chandra, SPoG. Menurut dokter Sylvia, perkembangan optimal janin akan menjadikan anak generasi maju memiliki 5 potensi prestasi, yaitu: Cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, dan percaya diri. Kesehatan Bunda adalah yang utama karena Bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi untuk si kecil di dalam kandungan dan selama masa ASI ekslusif.

Jika ibu hamil tidak memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang, maka janin akan mengalami gangguan dalam pencernaan dan pertumbuhannya. Selain itu, kurangnya nutrisi akan menganggu kelancaran proses persalinan, dan mengganggu kesehatan ibu secara keseluruhan. Pada dasarnya, ibu hamil harus memenuhi asupan zat gizi mikro seperti:

1. Energi, yang diperoleh dari makanan pokok (1700 kkal per hari) ditambah selingan dari susu sebanyak 120 kkal per hari.

2. Protein, dari protein hewani dan nabati yang terdapat pada makanan (67 gram per hari) ditambah dari susu sebanyak 5 gram sehari.

3. Asam folat dari sayur dan buah (600 mcg per hari) ditambah dari susu sebanyak 471 mcg per hari.

4. Zat besi dari sayur (35 gram per hari), ditambah dari susu sebanyak 16 mg per hari.

Saya masih ingat betul dua tahun lalu saat sedang hamil saya mengalami mual dan muntah yang luar biasa sampai tubuh rasanya lemas sekali. Untuk bisa minum air putih saja susah minta ampun apalagi makan makanan. Padahal ibu hamil sangat membutuhkan asupan yang tinggi nutrisi demi kesehatan janin dan kesehatan ibu selama menjalani proses kehamilan.

Sampai akhirnya dokter kandungan menyatakan saya terkena Anemia. Tahu kah Bunda kalau anemia pada ibu hamil itu berbahaya. Anemia pada ibu hamil memang umum terjadi. Kondisi ini disebabkan meningkatnya volume darah selama kehamilan. Itu sebabnya ibu hamil sangat butuh asupan zat gizi mikro.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh 1000 Hari Kehidupan Pertama Pada Anak

Karena selama hamil, jantung ibu akan bekerja dua kali lebih keras untuk memberikan nutrisi pada janin. Volume darah di tubuh ibu juga akan meningkat sebanyak 30-50%, yang menyumbang kenaikan berat badan saat hamil. Ibu yang memiliki kecukupan nutrisi akan terhindar dari rasa mual. Semakin tinggi tingkat nutrisi dalam tubuhnya, rasa mual akan berkurang.

Tidak mau terus-terusan larut dengan kondisi tubuh yang lemah saya pun berusaha keras untuk bisa memenuhi nutrisi selama masa kehamilan. Waktu itu cuma susu hamil yang bisa diterima oleh tubuh. Kebetulan saya cocok dengan susu hamil SGM Bunda Presinutri yang rasa coklat, dalam sehari saya biasa menghabiskan dua gelas susu.


Sebagai makanan tambahan, SGM Bunda Presinutri untuk ibu hamil mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D3, yang berperan dalam pembentukan gigi. Kemudian juga zat besi, yang membantu mencegah anemia, serta asam folat, yang membantu mengurangi resiko Neural Tube Defect (cacat otak dan tabung syaraf).

Sejak rutin minum susu tubuh saya mulai memiliki energi, perlahan sudah bisa menerima makanan sampai benar-benar sehat menjelang proses persalinan. Saya sadar kalau 1000 hari pertama masa kehidupan adalah hal penting yang harus saya berikan pada janin dalam kandungan saya.

Menjalani proses kehamilan yang sehat dan lancar tentu berdampak sangat baik bagi tumbuh kembang anak saya Mirza yang sebentar lagi genap berusia dua tahun. Talkshow bersama dokter Slyvia dan bertemu dengan para ibu hamil di Festival Bunda Generasi Maju kemarin mengingatkan saya waktu sedang menjalani masa kehamilan.


Saya senang sekali melihat antusias para ibu hamil saat mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh dokter. Semangat bertanya para ibu-ibu menunjukkan kalau mereka sadar bahwa masa kehamilan harus dilewatin dengan sehat dan bahagia. Bukan cuma ibu hamil saja ibu menyusui juga sangat butuh asupan yang tinggi nutrisi.

Seperti kandungan SGM Bunda Presinutri untuk ibu menyusui mengandung beberapa mineral seperti kalsium (untuk pembentukan tulang dan gigi), zat besi (membantu mencegah anemia), kolin (membantu perkembangan sel otak), serta vitamin B (membantu metabolisme energi).


SGM Bunda yang memiliki complinutri dengan tinggi zat besi, tinggi asam folat, tinggi kalsium dan Vitamin D serta mengandung minyak ikan yang sangat baik untuk mendukung kesehatan Bunda dan perkembangan optimal janin. Demi mencapai nutrisi lengkap bagi Bunda dan calon anak generasi maju.

Peran SGM dalam mendukung terbentuknya generasi maju juga dilakukan secara totalitas dengan terus memberikan edukasi bagi para Bunda. Melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti mobil sehat, senam dan Festival Generasi Maju. Tidak cukup sampai itu saja melalui media sosial dan website resminya SGM terus mengedukasi semua Bunda.

Serunya Festival Bunda Generasi Maju Bersama SGM


Setelah selesai menerima ilmu dan informasi mengenai kehamilan para Bunda bisa mencoba empat arena yang ada di booth SGM Bunda. Empat area tersebut ialah area bunda jajan, area bunda sehat, area bunda cerdas dan adanya juga area bunda santai. Semua arena tersebut bisa dinikmati dengan membeli susu SGM sebagai ganti tiket masuk.


Selain mengedukasi gelaran Festival Bunda Generasi Maju bersama SGM ini memang sangat memanjakan para bunda yang hadir, lho. Buktinya ada sesi prenatal yoga yang bisa diikuti bersama suami. Seperti yang kita ketahui bersama kalau prenatal yoga sangat bermanfaat bagi kesehatan, kekuatan, serta membuat relaksasi pikiran ibu hamil.

Dengan dihadirkan instruktur khusus prenatal yoga para ibu hamil terlihat begitu bersemangat melakukan gerakan yoga yang nyaman, aman dan menyenangkan bagi ibu dan janin dalam kandungan. Setelah itu dilanjutkan dengan demo memasak yang menunya sengaja dipilihkan khusus untuk para ibu hamil terutama yang mengalami mual dan muntah parah sehingga susah makan maupun minum.


Ada 3 menu yang diolah oleh Chef Rio dalam demo memasak hari itu, yaitu Es Jeruk Pelangi, Cokelat Lapis Alpukat, dan Es Strawberry. Menariknya, semua hidangan tidak menggunakan gula, tetapi menggunakan susu SGM yang sudah memiliki kandungan gula. Wah, senang sekali bisa mencoba menu enak dan sehat untuk ibu hamil.


Terakhir, sebagai penutup gelaran Festival Bunda Generasi Maju para Bunda disuguhi sesi kelas kecantikan bersama Wardah. Nah, kemarin itu para Bunda mendapat penjelasan mengenai penggunaan kosmetik selama masa kehamilan dan apa saja yang perlu dihindari sementara selama hamil.


Bisa tampil cantik dengan makeup yang simple tapi tetap terlihat cantik selama hamil bisa diwujudkan melalui kelas kecantikan kemarin. Biasanya kan kalau sedang hamil paling malas untuk berdandan. Tapi kalau tampil kusam dan tidak fresh selama hamil ya jangan juga, minimal wajah terlihat segar dengan penggunaan makeup yang flawless.

Baca Juga : Cerita Awal Masa Kehamilan Muda

Seru? seru sekali. Dari jam 8 pagi saya datang sampai semua acara selesai sekitar jam 12 siang. Waktu 4 jam rasanya tidak terasa bahkan masih kurang. karena setiap sesi acara yang dihadirkan sangat bermanfaat dan sungguh menyenangkan. Rasanya beruntung sekali bisa ada di tengah para Bunda yang mendukung langkah awal generasi maju.


Bagi para Bunda yang ada di kota lainnya jangan sampai lupa ikuti #FestivalBundaGenerasiMaju #LangkahAwalDukungGenerasiMaju di kota Bunda, catat tanggalnya ya. Yogyakarta - 28 April 2019, Jakarta - 21 Juli 2019, dan Bandung 28 Juli 2019.

7 komentar:

  1. Nutrisi yang dibutuhkan saat proses kehamilan itu memang harus terpenuhi ya. Salah satunya dengan minum susu SGM ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mba. Karena masa kehamilan adalah masa penting tumbuh kembang bayi.

      Hapus
  2. Wah dengan adanya susu SGM ini dapat membantu para Bunda yang hamil ya

    BalasHapus
  3. Wah seru banget nih acara festival bunda bersama SGM nya

    BalasHapus
  4. Wah ada senam yoganya juga ya pada saat kegiatan festivalnya

    BalasHapus
  5. Wah bener banget tuh Bun, pemilihan nutrisi saat masa kehamilan memang harus yang baik ya

    BalasHapus
  6. Sudah kebaca nih keseruan eventnya, pastilah waktu 4 jam seakan kurang, saking serunya

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.