Cara Transfer Uang ke Luar Negeri dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan

by - Sabtu, Juni 11, 2022

Aktivitas pengiriman uang terus berkembang, mulai dari pengiriman melalui surat, wesel kemudian ATM. Hal ini disebabkan juga karena tingginya kegiatan transaksi baik di dalam maupun luar negeri. Cara transfer uang ke luar negeri pun sedikit berbeda karena adanya perbedaan mata uang yang membuat Anda harus lebih teliti.

Khusus transfer Anda membutuhkan remittance, yakni layanan untuk transfer uang ke luar negeri dalam bentuk valuta asing. Bagaimana cara Anda bisa transfer dan apa saja yang harus diperhatikan saat melakukannya? Cek penjelasannya.

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri dan Hal yang Diperhatikan


Secara umum cara transfer ke luar negeri dengan remittance dimulai dengan mendatangi bank yang menyediakan layanan remittance. Kemudian Anda hanya perlu mengisi formulir dari identitas pengirim, nominal dan bank tujuan si penerima. Dana bisa langsung disetorkan dan masuk ke proses pengiriman.

Bank mengirimkan permintaan ke bank koresponden yang bekerja sebagai perantara dengan bank luar negeri. Bank tujuan yang menerima uang akan langsung memberikan uang ke pemilik rekening. Inilah cara transfer uang ke luar negeri yang perlu Anda ketahui.

Source : Freepik


Pada prosesnya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya proses transfer tidak gagal sebagai berikut:

1. Mengecek Kurs Mata Uang Asing

Bukan hanya mengisi formulir saja, Anda juga wajib memperhatikan kurs mata uang asing. Alasannya adalah adanya perubahan nilai tukar mata uang asing ini setiap detik, jadi mungkin saat hari ini dan besok nilainya berubah. Apabila perubahan nilainya naik terlalu drastis akan merugikan Anda dan penerima.

Anda yang ingin mengirimkan uang bisa mengecek nilai tukar ini selama beberapa hari sebelum pengiriman. Biasanya jika berada di kondisi yang stabil maka Anda bisa lebih aman untuk mengirim uang. Kecuali sedang berada di keadaan terdesak dan Anda harus mengirim uang secepatnya.

2. Memperhatikan Biaya Pengiriman Uang

Bukan hanya cara transfer uang ke luar negeri dan kurs yang diperhatikan tetapi juga beban biaya pengirimannya. Setiap bank memiliki rate kurs dan biaya pengiriman berbeda. Beda bank tujuan pengiriman juga akan membedakan biaya kirimnya. Biayanya tentu saja lebih mahal dari pengiriman dalam negeri.

Hindari tertipu biaya yang tidak tertulis atau tersembunyi yang tidak Anda sadari dan langsung dipotong pada uang yang dikirimkan. Banyak yang tidak sadar akan biaya tambahan ini dan merasa rugi karena uang yang diterima tidak sesuai dengan jumlah yang telah dihitung sebelumnya.

3. Mengecek Ulang Nomor Rekening Penerima

Pada saat mengisi formulir pengiriman, Anda harus mengecek ulang data-data yang ditulis. Kesalahan penulisan pada nomor rekening penerima berakibat cukup fatal dan membuat Anda kehilangan uang. Apalagi jika yang dikirimkan jumlahnya cukup banyak.

Oleh karena itu setiap langkah cara transfer uang ke luar negeri harus diperhatikan dengan teliti. Jangan terburu-buru saat menulis atau input nomor rekening. Setelah itu cek kembali apakah nomor sudah sesuai begitu juga dengan nominalnya.

4. Hati-Hati dengan Jejak Rekam Pengiriman Uang

Pengiriman uang Anda bisa saja ditolak jika ada rekam jejak pengiriman yang mencurigakan. Banyaknya pihak yang terlibat dalam pengiriman ini membuat prosesnya akan selalu dicek dengan jelas.

Misalnya saja Anda mengirimkan nominal yang berbeda jauh dari 5 juta menjadi ratusan juta dalam hitungan minggu atau bulan. Biasanya pihak bank akan mempertanyakan sumber dana tersebut. Langkah ini dilakukan untuk menghindari kejahatan money laundering.

Cara Transfer Ke Luar Negeri Mudah dengan Aplikasi Gratis!


Satu lagi yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pemilihan bank yang menyediakan jasa remittance ini. Nah, soal hal ini Anda bisa menyerahkannya pada Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini membuat proses transfer jauh lebih praktis tanpa harus datang ke kantor cabang bank.

Source : Freepik


Apa saja kelebihan cara transfer uang ke luar negeri dengan Aplikasi digibank by DBS, yuk langsung saja cek.

1. Akses Setiap Waktu

Kapan saja Anda bisa melakukan pengiriman, karena aplikasi ini melayani 24/7. Anda juga tidak perlu datang ke kantor bank karena semuanya bisa dilakukan dengan klik di aplikasinya.

2. Biaya Transfer Gratis

Cara transfer uang ke luar negeri mudah ditambah Anda terbebas dari biaya transfer untuk 20 tujuan bank yang menggunakan 7 mata uang yaitu SGD, AUD, USD, EUR, CAD, GBP dan HKD.

3. FX Rate Selalu Kompetitif

Anda akan mendapatkan nilai tukar yang terbaru dan kompetitif, jadi aktivitas transfer jadi lebih ringan. Tidak perlu takut rugi lagi.

4. Uang Sampai di Hari yang Sama

Transaksi Anda yang dilakukan sebelum batas waktu tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya maka bisa sampai di hari yang sama. Jadi Anda tidak perlu khawatir uang tidak kunjung sampai.

Semua kebutuhan pribadi atau bisnis yang berhubungan dengan keuangan, kini dipermudah dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS ini. Proses atau cara transfer uang ke luar negeri pun mudah tinggal instal aplikasinya, pilih Transfer > Transfer Valas > Tambah Penerima > Pilih Negara > Pilih Mata Uang > Pilih Bank dan Detail Penerima > Masukan Nominal.

Terakhir klik lanjut maka proses pengiriman akan langsung dilakukan. Soal batas waktu pengiriman akan berbeda-beda sesuai dengan negara tujuan. Anda bisa mengecek batas waktu ini juga langsung di aplikasinya.

Bagaimana, mudah bukan cara transfer uang ke luar negeri sekarang. Tanpa harus ke bank apalagi mengisi formulir yang berlembar-lembar, uang bisa dikirim dengan cepat. Tinggal instal saja Aplikasi digibank by DBS maka Anda bisa transfer kapan saja.

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah bisa juga ya transfer uang ke luar negeri, kupikir ga mungkin karena mata uang yang beda ternyata besa. Kemajuan teknologi memang di luar dugaan, pesat juga. Mantep ini bisa transfer ke luar negeri dengan mudah sekarang, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.