Hitung Cicilan KPR di Mortgage Calculator

by - Senin, September 04, 2023

Memiliki hunian pribadi merupakan mimpi setiap orang terlebih jika sudah menikah dan memiliki keluarga. Menjalani kehidupan rumah tangga di rumah sendiri akan membuat kita merasa bebas menentukan apa yang menjadi aturan dan keinginan kita bersama pasangan. Tetapi membeli rumah bukanlah hal mudah, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan.

Pengalaman membeli rumah yang pertama kalinya bisa jadi menyenangkan sekaligus penuh dengan kebingungan. Karena, membeli rumah pertama nyatanya memang membutuhkan banyak tahapan yang wajib dilakukan agar pembelian rumah diakui secara legal. Salah melangkah bisa membuatmu kehilangan uang dan merugi.

Untuk itulah, saat ini banyak orang yang mempercayakan pembelian rumahnya melalui sistem KPR. Selain takut merugi, sistem KPR ini sangat membantu kamu yang mungkin masih menstabilkan kondisi ekonomi. Ditengah kondisi nilai properti yang terus meningkat menyebabkan sebagian orang kesulitan untuk membeli rumah secara tunai.



Perlu diperhatikan saat mencicil rumah dengan KPR memang butuh komitmen kuat karena jelas akan mempengaruhi kemampuan finansialmu. Hal ini mengingat jangka waktu cicilan KPR yang lama, antara 5 sampai 20 tahun. Salah satu hal penting supaya finansialmu berjalan baik yang bisa kamu lakukan adalah mengetahui bunga KPR saat akan membeli rumah.

Yuk, Kenali Jenis Suku Bunga KPR Saat Membeli Rumah!


Cara menghitung bunga KPR menjadi salah satu aspek yang wajib diperhatikan ketika kamu akan membeli rumah dengan cara dicicil melalui bank. Mengapa? Karena dengan begitu kamu bisa mengetahui bunga KPR mana yang lebih ringan, yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Sebelum memasuki tahap bagaimana cara menghitung suku bunga KPR, ada satu hal yang perlu kamu ketahui seperti beberapa jenis suku bunga KPR, Dengan mengetahui jenis suku bunga KPR ini akan menmbantumu untuk lebih paham mengenai bunga yang harus kamu bayarkan saat mengambil cicilan rumah.

Jenis Suku Bunga KPR


Langkah pertama, ketahui dulu jenis suku bunga KPR. Setidaknya terdapat tiga jenis bunga KPR yang dipakai dalam dunia lembaga perbankan. Seperti:

  1. Suku Bunga KPR Fixed atau Tetap
  2. Suku Bunga KPR Floating atau Mengambang
  3. Suku Bunga KPR Fix & Cap

Sesuai namanya, kedua suku bunga KPR ini memiliki sistem perhitungan dan pengertian berbeda. Dan selanjutnya simak keunggulan dan kerugian dari jenis suku bunga KPR fixed, floating, dan fix & cap. Nah, dalam tulisan ini akan dibahas mendetail cara menghitung suku bunga floating menggunakan Mortgage Calculator.

Menghitung Suku Bunga KPR Menggunakan Mortgage Calculator


Kredit bunga floating adalah modifikasi dari perhitungan anuitas. Modifikasi ini dilakukan karena bunga tiap tahunnya bisa berbeda-beda. BI Rate tiap tahun bisa berubah, bank pun menyesuaikan suku bunganya. Pada bunga floating ini, bunga anuitas diubah setiap tahunnya. Tiap tahunnya, cicilan per bulannya bisa berbeda tergantung bunga yang berlaku pada saat itu.


Mortgage Calculator diperuntukan untuk membantu pemilik atau calon pemilik perumahan menentukan berapa jumlah kemampuan orang pada umumnya untuk melakukan kredit kepemilikan rumah (KPR). Cara ini sangat membantu kamu yang baru pertama kali akan membeli rumah melalui sistem KPR.

Mortgage calculator bisa digunakan juga untuk membandingkan biaya, tingkat suku bunga pinjaman, jadwal pembayaran, atau membantu menghitung jangka waktu peminjaman misal dengan menambahkan jumlah uang muka. Mortgage calculator bisa juga digunakan untuk menghitung kredit kepemilikan kendaraan bermotor (KPM), untuk KPM umumnya mengunakan jenis kredit "in advance".

Mortgage Calculator berguna untuk membantu kamu menghitung biaya potensial angsuran KPR. Jadi melalui cara ini kamu tidak perlu bingung lagi dalam menghitung apa yang harus kamu bayarkan selama mencicil rumah melalui sistem KPR. Biaya potensial yang dihitung per bulannya berdasarkan :

  1. Initial Mortgage (total harga real estate dikurangi nilai Down Payment)
  2. Loan Term (jumlah bulan untuk mengangsur)
  3. Interest (biaya bunga yang dibebankan)
  4. Starting Date (tanggal mulai melakukan angsuran)
  5. Credit Type (In Arrears : Angsuran pertama dilakukan dibulan berikutnya setelah melakukan pembayaran DP
  6. In Advance : Angsuran pertama dilakukan sekaligus dengan pembayaran DP, untuk bulan selanjutnya merupakan angsuran kedua dan seterusnya).

Menggunakan Mortgage calculator bisa membantu dalam perencanaan keuangan dan membantu calon pembeli rumah dalam memahami besarnya cicilan bulanan dan total biaya yang harus dibayarkan selama jangka waktu pinjaman. Beberapa alasan mengapa membutuhkan kalkulator KPR adalah sebagai berikut:

Menghitung Besar Cicilan Bulanan

Kalkulator KPR bisa membantu menghitung besarnya cicilan bulanan berdasarkan jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan suku bunga yang ditetapkan oleh bank atau lembaga keuangan. Dengan mengetahui besarnya cicilan bulanan, kamu bisa mengetahui kemampuan keuanganmu untuk membayar cicilan bulanan tersebut.

Membantu Memilih Jangka Waktu Pinjaman

Kalkulator KPR membantu kamu dalam memilih jangka waktu pinjaman yang tepat. Dengan memasukkan informasi tentang jumlah pinjaman dan suku bunga, kalkulator KPR bisa menghitung besarnya cicilan bulanan untuk berbagai jangka waktu pinjaman. Kamu bisa memilih jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kemampuan keuangannya dan menghindari cicilan bulanan yang terlalu besar.

Membandingkan Produk KPR dari Berbagai Bank

Mmebantumu dalam membandingkan produk KPR dari berbagai bank atau lembaga keuangan. Dengan memasukkan informasi tentang jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan suku bunga, kalkulator KPR bisa menghitung besarnya cicilan bulanan untuk produk KPR dari berbagai bank. Sehingga kamu bisa memilih produk KPR yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuanganmu.

Dengan menggunakan mortgage calculator atau kalkulator KPR, kamu bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang besarnya cicilan bulanan dan total biaya yang harus dibayarkan selama jangka waktu pinjaman. Hal ini akan membantu dalam perencanaan keuangan yang lebih baik dan membantumu dalam memilih produk KPR yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu.

You May Also Like

5 komentar

  1. Wah banyak banget nih ya, Kak kemudahan yang bisa didapatkan ketika menggunakan Mortgage Calculator ini

    BalasHapus
  2. Saya jadi ingin menggunakan Mortage Calculator juga nih soalnya bisa membantu banget

    BalasHapus
  3. Dengan menggunakan aplikasi tersebut ternyata bisa membuat kita lebih mudah mendapatkan rumah impian ya

    BalasHapus
  4. Saya juga mempunyai rumah impian nih, Kak. Sepertinya bisa nih dijadikan referensi

    BalasHapus
  5. Ternyata aplikasi ini juga bisa memilih jangka waktu pinjaman ya. Keren banget nih, Kak

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.