Satu Tips Pilih AC Untuk Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga pernah nggak sih kita merasa deg-degan saat tiba waktunya untuk membayar tagihan bulanan?. Saya yakin sekali kebanyakan ibu rumah tangga suka khawatir sama tagihan bulanan terutama tagihan air dan listrik yang kadang suka bikin, wow!.

Kalau teman-teman yang juga ibu rumah tangga merasa demikian berarti kita sama. Saya sendiri sampai sekarang masih suka parno kalau sudah tiba waktunya bayar tagihan bulanan. Semisal tiba-tiba saja tagihan listrik di rumah membengkak padahal pemakaian sehari-hari kayaknya ya itu-itu saja.

Rumah saya dialiri listrik berdaya 900 watt, biasanya setiap bulan tagihan listrik selalu diangka 200 ribu – 300 ribu. Buat saya nominal segitu itu terasa agak berat, belum lagi tagihan lainnya yang harus dibayar. Di rumah ada kulkas dua pintu, magic com, dua mesin sanyo, dua kipas angin, satu laptop, mesin cuci, dan satu AC.


Ibu Rumah Tangga Ganti ACnya, Yuk!


Sempat kepikiran juga kalau penyebab tagihan listrik jadi wow itu karena pemakaian AC yang sehari-hari bisa 24 jam. Apalagi di Madura sekarang cuacanya lagi panas, kadang kalau pun sedang hujan tetap saja AC di rumah nyala. Mau gimana lagi, si Kecil terbiasa pakai AC kalau lagi tidur beberapa kali pernah saya matikan dia langsung bangun.

Kayak gini ini yang bikin galau ibu-ibu rumah tangga, iya kan ya?. Kalau suruh lepas pemakaian AC kayaknya nggak mungkin banget, bisa-bisa anak saya susah tidurnya kalau sudah gitu pekerjaan yang lain bisa terbengkalai. Kepikiran buat ganti AC yang hemat daya listrik, ada kah kira-kira?.

Iseng-iseng browsing di internet dan ternyata saya menemukan satu solusi untuk masalah semua ibu-ibu rumah tangga. Saya menemukan AC Inverter yang dikenal dengan hemat listrik. Salah satunya ada AC LG DUALCOOL with Watt Control, penasaran dong dengan fitur AC dari LG itu akhirnya saya cari tahu lebih detail.

Cari AC yang Watt-nya Bisa Diatur


AC LG DUALCOOL with Watt Control ini bukan cuma sudah hemat listrik saja, tapi dengan fitur Watt Control kita bisa mengatur watt ACnya sendiri, lho. Jadi, sudah nggak perlu lagi matikan eletronik lain hanya karena takut watt listrik di rumah semakin membengkak. Yang tadinya mau berhemat malah jadi repot kan?.

Masih bingung? Masih penasaran ya?. Jadi, cara kerja dari fitur Watt Control pada AC LG DUALCOOL ini sungguh canggih. Misalnya nih, ibu-ibu punya AC LG DUALCOOL with Watt Control tipe E06SV4 (Smart Model) di rumah yang berkapasitas 1/2 PK, 495 Watt. Kita bisa mengatur 80 persen penggunaan dengan cara menekan tombol Watt Control pada remote.



Seketika daya yang dikonsumsi berubah menjadi 419 Watt. Kita pun bisa menghemat hingga 76 Watt dan itu setara dengan TV LED 32 inch, lumayan kan?. Sama halnya ketika kita menekan dua kali tombol Watt Control, penghematan daya sebesar 60 persen pun bisa dilakukan.

Maksudnya gimana? Jadi, daya yang dikonsumsi hanya 312 Watt. Artinya, kita sudah menghemat 183 watt atau setara dengan mesin cuci front loading 7 kg. Lumayan banget kan ya? Apalagi di rumah ada mesin cuci front landing 10 kg. Dari hemat daya 80 persen kemudian 60 persen ternyata bisa hemat daya sampai 40 persen, keren kan?.

Nah, untuk bisa menghemat daya hingga 40 persen, masih sama dengan cara yang tadi kita cukup menekan tombol Watt Control sebanyak tiga kali. Otomatis daya yang dikonsumsi hanya 215 watt. Dengan begitu kita sudah bisa berhemat hingga 280 Watt. Bayangkan bisa hemat sampai 280 watt, super hemat ini namanya.


Kalau untuk harganya sendiri, AC inverter LG DUALCOOL with Watt Control ini sebenarnya cukup terjangkau, kalau kita bandingkan dengan hematnya penggunaan setiap hari. Apalagi di rumah saya yang notabenenya AC selalu hidup hampir 24 jam setiap hari, mulai terpikir kalau saya memang butuh dengan AC LG DUALCOOL with Watt Control ini deh.

Supaya nggak deg-degan lagi kalau sudah tiba waktunya bayar tagihan bulanan terutama tagihan listrik tipsnya cuma satu yaitu ganti AC di rumah ke AC LG DUALCOOL with Watt Control saja, yuk!.

19 komentar:

  1. Ac ku di kamar sbnrnya udh pake teknologi ini, watt nya bisa diubah mau g normal ato lbh rendah supaya tagihan listelrik ga bengkak :p. Tapiiii ga terlalu ngaruh juga, krn memang pemakaian listrik di rumahku lumayan gede. Palingan aku berusaha hemat utk mematikan lampu saat tidur malam kec yg di teras depan, cabutin semua label kyk charger hp, laptop Dan elektronik yg ga kepakai lainnya. Kmrn agak lumayan turun sih tagihan, yg biasanya 900an rb something, jd 700an rb sajah, hahahaha. Rekor terendah yg prnh aku bayar :D. Semoga bisa dipertahanin kedepannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, lumayan juga ya mbak tagihan bulanannya. hehehe

      Hapus
  2. Ini kayaknya bakalan jadi AC idola bu-ibu millenial nih, soalnya hemat daya, anti bakteri dan cepat dingin kayak suasana di antara pohon pinus di Parapat Sumut yang menuju Danau Toba

    BalasHapus
  3. kalau anak kecil mah suka gabisa nahan panas ya kak, justru pasang ac karna anak

    BalasHapus
  4. Mksih tips nya mbak . Ibu memang harus cerdas dalam hal rmah tangga. Trmsuk dalam milih ac.

    BalasHapus
  5. Sahabat IRT emang AC inverter ini..

    BalasHapus
  6. Asyik dong ya bisa diatur atur gitu wattnya

    BalasHapus
  7. Wah tagihan listrik mah jadi gak ngelunjak yah kak hehe

    BalasHapus
  8. Mupeng dengan AC nya mbak. Aku walaupun belum jadi ibu rumah tangga, pas mau bayar listrik itu juga deg-degan. Makasih sharingnya mbak. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
  9. Di rumahku pun tagihan listriknya lumayan banget mbak. Makanya wajib cari AC yang hemat listrik nih.

    BalasHapus
  10. Yes, wajib banget pake AC yang bisa diatur Watt-nya, biar tetap hemat listrik.

    BalasHapus
  11. Keren banget ya mbak, fitur Watt Control ini. Apalagi garansinya juga sampai 10 tahun nih.

    BalasHapus
  12. Iya nih ka jadinya pengen beli ac ini kan kalo hemat gini.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.