Menjelajah Keindahan Gili Genting Wonderful Indonesia

Teman-teman sudah pernah main ke Madura belum?. Sudah tahu belum kalau sebenarnya Madura diam-diam menyimpan alam yang begitu indah?. Sebuah tempat yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa, bisa-bisa kalian tidak akan percaya kalau tempat tersebut berada di Madura, lho.

Tepat di bagian ujung timur Madura ada sebuah pulau yang bisa dibilang tidak terlalu kecil, tepatnya di Kepulauan Gili Genting, Kabupaten Sumenep. Masyarakat Madura mengenalnya dengan sebutan Gili Genting, salah satu wisata alam yang terkenal bahkan menjadi ikon di sana ada Pantai Sembilan.

Sudah pernah dengar nama Pantai Sembilan belum?. Pantai Sembilan merupakan bagian dari Kepulauan Gili Genting yang memiliki keindahan alam dan beningnya air laut yang mampu membuat wisatawan yang datang terpukau salah satunya adalah kami berdua, saya juga suami.


Menjelajah Keindahan Gili Genting Wonderful Indonesia


Saya masih ingat jelas, pagi itu sekitar pukul 04.00 selesai sholat Subuh kami bersiap untuk berangkat menuju pertigaan Tangkel. Bagi teman-teman yang pernah bahkan sering melewati Jembatan Suramadu pasti tidak asing dengan pertigaan Tangkel ini. Di sana biasanya banyak orang menunggu bus antar kota lewat.

Singkat cerita sekitar pukul setengah enam pagi kami berdua sudah ada di atas bus untuk menuju ke Kabupaten Sumenep. Perjalanan dari Bangkalan menuju Sumenep sekitar 4 jam itu pun kalau lancar karena biasanya di beberapa titik ada pasar tumpah yang kerap membuat jalan sedikit macet.

Sesampainya di Sumenep tepatnya di Pelabuhan Saronggi perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang menuju Gili Genting menggunakan perahu motor sekitar 45 menit. Perahu motor ini menjadi alat trasportasi yang biasa digunakan oleh masyarakat Gili Genting saat akan pergi menyeberang ke Sumenep.



Untuk biaya menyeberang menggunakan perahu motor adalah Rp. 10.000,- per orangnya, cukup murah. Selama menyeberang, kami disuguhi dengan pemandangan laut yang begitu indah, air laut yang biru dan jauh memandang kami melihat deretan pulau-pulau kecil. Sampai detik ini saya ingat jelas birunya laut, ombak kecil, serta burung-burung kecil yang terbang di atas perahu.

Setibanya di Gili Genting saya sudah tidak sabar untuk menuju ke Pantai Sembilan. Memang di sanalah tujuan kami pergi ke Gili Genting yakni Pantai Sembilan yang sedang ramai dibahas oleh orang-orang. Untuk bisa masuk ke area Pantai Sembilan teman-teman harus membeli karcis seharga Rp. 5.000,-.

Dari tadi cerita soal Pantai Sembilan saya yakin kalian pasti bertanya-tanya Kenapa sih kok dipanggil Pantai Sembilan?. Karena kalau dilihat dari atas bentuknya menyerupai angka sembilan, itu kenapa pantai tersebut diberi nama Pantai Sembilan. Berbicara tentang keindahan alam yang ada di sekitar Pantai Sembilan sungguh mengagumkan.


Pohon yang rindang, pasir pantai yang berwarna putih, air lautnya yang super bening dan masih terbilang sangat asri. Tidak heran dengan keindahan alam yang seperti itu Pantai Sembilan juga disebut dengan Hawainya Sumenep. Percayalah, di sana teman-teman akan merasa sangat nyaman dan tentu ingin kembali lagi.

Salah satu hal terbaik yang bisa kita nikmati saat berada di Pantai Sembilan adalah menikmati senja sore yang luar biasa indahnya. Sambil bermain air di tepi pantai, duduk di gazebo yang berada di sekitar pantai menikmati semilir angin laut kepualauan Gili Genting. Nah, satu benda penting yang harus kalian bawa saat berlibur ke sana adalah kamera.

Karena pemandangan indah di Pantai Sembilan harus kalian simpan melalui foto, banyak spot foto yang instagramable untuk kalian coba. Malam harinya teman-teman bisa beristirahat dan melepas penat dengan menyewa pondok penginapan yang ada di sana. Untuk kisaran sewa permalamnya bervariasi mulai dari harga 300 ribu sampai satu juta.


Pagi hari adalah waktu yang tepat bagi kita untuk mengexplore semua keindahan alam Pantai Sembilan. Mulai dari matahari paginya, snorkeling, bermain perahu canoe sampai mencoba serunya naik Banana Boat. Untuk harga sewa Banana Boat adalah 200 ribu maksimal 6 orang.

Pantai Sembilan ini jarang ditumbuhi oleh terumbu karang jadi aman bagi teman-teman yang sedang snorkeling supaya tidak menginjak atau tidak sengaja merusak terumbu karang. Bagaimana pun juga kita harus tetap menjaga dan merawat alam meskipun sedang berlibur, bukan?.

Menikmati Keindahan Alam Pantai Kahuripan


Ternyata saya baru tahu kalau di Gili Genting bukan hanya Pantai Sembilan yang menawarkan keindahan alam. Tapi ada satu pantai yang masih sangat alami dan masih jarang dijamah oleh orang-orang yakni Pantai Kahuripan. Beruntung sekali kami bisa mampir sebentar ke Pantai Kahuripan yang berjarak lumayan jauh dari penginapan.

Tidak mau menyia-nyikan kesempatan tersebut, siang hari setelah puas mengexplore Pantai Sembilan kami langsung bertolak pergi menuju Pantai Kahuripan. Sekitar dua jam perjalana yang kami tempuh menuju Pantai Kahuripan menggunakan mobil Pick Up menumpang pada salah satu warga sekitar.


Perjalanan menuju Pantai Kahuripan, kami disuguhkan beberapa pemandangan alam yang cukup mengesankan, ternyata di Gili Genting banyak sekali menyimpan potensi wisata yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata  jika dikelola dengan baik.

Wow, Pantai Kahuripan yang kami datangi waktu itu masih sangat alami, benar-benar masih “Perawan”. Belum ada satu pun fasilitas umum yang saya lihat di sana, yang ada hanyalah pasir putih, air pantainya yang bening, dan bukit di sekitar yang ditumbuhi pepohonan rindang dan hijau.


Dari atas bukit kami bisa melihat pemandangan indah yang terhampar, begitu memanjakan mata. Senang dan betah rasanya bisa duduk-duduk menikmati pemandangan alam Pantai Kahuripan. Sebenarnya saya masih penasaran dengan senja sore di Pantai Kahuripan, namun sayang kami harus segera kembali ke penginapan karena bila malam tiba akses jalan kembali menuju penginapan masih belum ada penerangan.

Puas rasanya bisa menikmati keindahan alam yang ada di Gili Genting. Teman-teman harus datang melihat langsung dan menikmati semua pengalaman kami di Gili Genting. Segera rencanakan waktu terbaik untuk pergi belibur ke sana bersama keluarga maupun sahabat.


Rasanya tidak ada habisnya bersyukur karena bisa tinggal di negeri yang dianugerahi keindahan alam yang sangat banyak. Tidak sulit untuk bisa menemukan alam yang begitu memukau, salah satunya yang ada di Madura. Sebagai orang Madura saya bangga karena alam Madura menawarkan keindahannya.

Satu kata yang tepat, Wonderful Indonesia. Tidak perlu pergi jauh untuk bisa menikmati semua keindahan alam, alam Indonesia sudah memiliki itu semua. Mulai dari pantai, pegunungan, keindahan bawah laut, hutan, dsbnya. Nah, bagi teman-teman yang punya pengalaman tentang indahnya Indonesia kalian berkesempatan untuk ikut kompetisi blog.

Tulis pengalaman terbaik kalian di dalam blog lalu daftarkan tulisan kalian untuk berpartisipasi dalam Wonderful Indonesia Blog Competition. Teman-teman berkesempatan untuk memenangkan hadiah dengan total sebesar lima juta rupiah. Siapa tahu tulisan kalian terpilih untuk menjadi pemenangnya.


Foto Pulau Gili Genting : RiskaNgilan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.