6 Oleh-oleh Enak Khas Daerah yang Selalu Bikin Ketagihan

Indonesia terkenal memiliki banyak destinasi wisata menarik berupa pemandangan alam, wisata terpadu, wisata budaya, belanja, kuliner, dan lain sebagainya. Tapi, jangan sampai keasyikan jalan-jalan bikin kamu lupa berbelanja oleh-oleh khas daerah yang teman-teman kunjungi.

Pasalnya, keluarga di rumah maupun teman-teman di kantor pasti berharap kamu pulang membawa sesuatu. Selain bisa membawa pulang pengalaman dan cerita-cerita menarik, teman-teman juga perlu membawa oleh-oleh khas, seperti oleh-oleh lezat berikut ini.


Kue Lapis Legit

Kue lapis legit adalah oleh-oleh yang wajib teman-teman bawa pulang karena rasanya bener-bener enak dan nikmat. Kue yang umum disajikan pada saat Imlek ini bisa teman-teman beli sebagai pilihan utama jika ingin membawa oleh-oleh yang disukai oleh hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Oleh-oleh ini sendiri tersedia dalam aneka rasa, mulai dari original, prune, sampai rasa green tea. Kalau teman-teman tergoda untuk membawa pulang oleh-oleh yang punya rasa enak dan tekstur lembut ini. Selain bisa mendatangi beberapa toko kue di kota yang teman-teman kunjungi, teman-teman juga bisa memesannya langsung secara online, misalnya melalui Bukalapak.

Jadi, sebelum berangkat pulang jangan lupa pesan dulu melalui Bukalapak kemudian pilih saja metode pengirimannya dengan menggunakan ojek online agar bisa diantar saat itu juga.

Spikoe atau Kue lapis

Kue ini dikenal juga dengan nama kue bolu lapis. Rasanya yang enak dan nikmat bertekstur lembut serta empuk membuat oleh-oleh yang satu ini layak dipertimbangkan. Seperti halnya kue lapis legit, teman-teman bisa membeli oleh-oleh ini secara offline maupun online.

Ada banyak pilihan rasa maupun bentuk yang bisa teman-teman pilih sesuai dengan selera. Mulai dari kue lapis ala batik, spikoe batik rasa pandan, rasa mocca, kenari, coklat, atau yang dengan kismis hingga yang original.

Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy merupakan sambal yang terkenal enak dan pedasnya nendang banget. Sambal oleh-oleh khas daerah Surabaya ini sekarang sudah bisa teman-teman beli atau pesan secara online. Harga per botolnya cukup bersahabat, hanya Rp 25.000 saja. Jadi, jika tidak sempat membeli langsung kecabang terbesarnya yang ada di jalan Dharmahusada 140 Surabaya, jangan ragu-ragu untuk memesan secara online kemudian minta saja diantar dengan grab bike atau ojek online lainnya.

Gudeg

Kalau jalan-jalan ke Jogja, makanan yang paling sering dibawa pulang selain bakpia adalah, gudeg. Jangan khawatir, karena saat ini gudeg yang dibuat sebagai oleh-oleh dikemas dengan cukup apik dan aman menggunakan kemasan kaleng. Gudeg kalengan bisa bertahan antara maksimal hingga 1 tahun. Jadi jangan takut keduluan basi sebelum sempat dinikmati.

Dodol Betawi

Tahun ini Jakarta sukses menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Event olahraga internasional negara Asia ini akan digelar mulai tanggal 18 Agustus s/d 2 September. Selain bisa jalan-jalan untuk menikmati berbagai destinasi wisata menarik yang ada di ibukota seperti Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kepulauan Seribu, dan lain-lain. Teman-teman juga bisa datang ke Jakarta khusus untuk menyaksikan langsung gelaran olahraga (Asian Games) sambil mendukung para atlet.

Sebelum kembali ke daerah masing-masing, jangan lupa mampir dulu ke toko oleh-oleh untuk beli beberapa makanan khas Jakarta yang enak dan nikmat. Dari sekian banyak oleh-oleh khas Ibukota seperti geplak, bir pletok, roti buaya, hingga biji ketapang--dodol betawi merupakan makanan khas yang wajib kamu pertimbangkan.

Rendang Telur

Kalau teman-teman jalan-jalan ke Sumatra, khususnya Padang, Sumatra Barat, selain Keripik Balado, Rendang Telur atau Rendang Talua (dalam bahasa setempat), bisa jadi pilihan tepat untuk camilan di jalan sekaligus oleh-oleh buat teman-teman di kantor maupun keluarga di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.