Menikmati Pesona Festival Cheng Ho 2018 di Semarang

Teman-teman ada yang sudah pernah ke Kota Semarang? Saya yakin teman-teman yang membaca tulisan ini pernah berkunjung ke sana. Semarang sebagai ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah bukan Cuma terkenal akan nikmatnya Lumpia tapi juga berbagai macam wisata yang ada di sana salah satunya ada Festival Cheng Ho.

Sudah tahu apa itu Festival Cheng Ho?. Festival Budaya Cheng Ho (Cheng Ho Festival ) adalah festival yang menghidupkan kembali kenangan akan pelayaran bersejarah laksamana Cheng Ho dari China ke perairan Indonesia. Event ini rutin diadakan setiap tahunnya, dan tahun ini sudah berlangsung selama 11 hari dari tanggal 9 – 19 Agustus 2018 kemarin.

Biasanya Festival akan dimulai dengan doa dan ritual, dan menyoroti pertunjukan seni, seminar dan pertemuan bisnis, dengan puncak pawai budaya mulai dari Klenteng Tay Kak Sie yang pindah ke Klenteng Sam Poo Kong. Ribuan orang akan mengikuti parade budaya 6Km yang membawa patung Laksamana Cheng Ho di tempat lain yang lebih dikenal dengan nama Zheng He.


Menikmati Pesona Festival Cheng Ho 2018


Selain itu dilanjut dengan acara Cheng Ho Night Fest yang siap menemani keseruan rangkaian acara. Beragam kesenian dari berbagai suku dan agama siap menjadi santapan yang memanjakan wisatawan pada gelaran ini. Teman-teman juga akan disuguhi dengan keindahan Arak-arakan Patung Dewa yang akan menyajikan atraksi budaya Tionghoa.


Kemudian disambung juga dengan panggung kesenian yang ciamik. Gelaran penampilan ciamik dari seni budaya Tionghoa serta Jawa. Rangkaian acara tidak berhenti sampai disitu. Bakti sosial menjadi misi yang tak kalah dinantikan. Bakti sosial ini bekerja sama dengan berbagai elemen industri farmasi serta unsur TNI dan Polri, program penyuluhan dan pengobatan gratis menjadi sajian bakti sosial.

Selain itu ada juga program Napak Tilas Sejarah Cheng Ho yang akan menelusuri sejarah budaya Tionghoa yang ada di Semarang. Hal ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemasyuran sejarah yang ada di Semarang. Ngomong-ngomong teman-teman sudah pernah dengar sejarah Laksamana Cheng Ho ini?.


Sejak memulai ekspedisi di tahun 1405 sampai dia meninggal dunia pada 1433, Laksamana Cheng Ho melakukan 7 (tujuh) ekspedisi internasional berturut-turut, mengunjungi 37 negara selama 28 tahun. Dalam ekspedisi ini, laksamana meminta negara-negara dari Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

Nah, dalam 5 ekspedisinya ke Nusantara, Cheng Ho berhasil mengenalkan teknologi dan gaya hidup China kepada penduduk. Di setiap tempat yang ia kunjungi, sang laksamana juga menanamkan perasaan persaudaraan yang kuat dengan penduduknya dengan membangun masjid dan rumah doa yang menunjukkan akulturasi, memadukan budaya Islam dengan tradisi dan kepercayaan lokal dan cara hidup orang Tionghoa.


Kemeriahan Festival Cheng Ho ini berhasil masuk ke 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata tahun 2018. Selain itu waktu pelaksanaan juga sangat panjang dengan sajian padat penuh warna. Semangat keakraban tidak luput digaungkan dalam festival Cheng Ho tahu ini. Berbagai lomba yang ikut disuguhkan, menjadi program membangun keakraban. Seperti lomba fotografi, serta lomba mewarnai bagi anak-anak.

Selama gelaran Festival Cheng Ho berlangsung teman-teman bisa belajar banyak dari figur Laksamana Cheng Ho yang hebat. Selama pelayaran, Cheng Ho selalu menebarkan kebaikan. Mengajarkan kebersamaan dalam beragam latar belakang berbeda. Selain itu Event ini menjadi penegas betapa eksotisnya Semarang dengan beragam budaya yang ada di dalamnya, salah satunya adalah budaya Tionghoa.

3 komentar:

  1. Menyenangkan pasti menghadiri festival seperti itu :))

    BalasHapus
  2. Acaranya berlangsung lama juga ya sampai 11 hari :))

    BalasHapus
  3. Ramai juga ya pengunjung yang menonton^^

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.