Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan

Apa arti air bagi teman-teman?. Bisa membayangkan gimana jadinya bila bumi kehabisan air? bisakah kita hidup tanpa air?. Dari semua pertanyaan tersebut kita bisa mengetahui betapa pentingnya air bagi kehidupan. Salah satunya minum air, semua orang butuh minum air tidak ada orang yang bisa tidak minum air karena air merupakan salah satu kebutuhan tubuh kita selain makanan.

Hari Senin kemarin bertempat di JW Marriot Hotel Surabaya, saya bersama teman-teman blogger dan media datang menghadiri talkshow Hydrationtalk. Pagi itu tema acara yang diangkat adalah "Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat".

Air minum dalam kemasan atau yang disingkat menjadi AMDK adalah salah satu pilihan praktis yang untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Saat kita berpergian biasanya selalu membawa air yang dikemas dalam botol bekal. Namun ternyata bagi sebagian orang bepergian membawa air dalam tumbler dianggap merepotkan, membuat beban tas semakin berat.

air minum kemasan

Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan


Tidak perlu jauh-jauh saya dan suami merupakan tipe orang yang tidak mau repot saat bepergian termasuk dalam urusan air minum. Daripada repot-repot dan berat bawa air dari rumah lebih baik beli air kemas saja di toko atau supermarket. Iya, bagi kami hal tersebut jauh lebih praktis dan tidak membuat beban tas yang dibawa semakin berat.

Awalnya, kami pikir semua air kemasan itu sama saja sama-sama air mineral dan rasanya tidak jauh beda sekalipun ada beberapa merk yang mengklaim airnya paling sehat. Tapi akhirnya semua pemikiran tersebut terpatahkan saat saya menyimak lengkap penjelasan dari tiga nara sumber dalam acara Hydrationtalk kemarin.

air minum kemasan
Dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK (Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)

Nara sumber pertama Dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK (Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) mengatakan bahwa minum air sangat penting selain asupan nutrisi untuk tubuh. Dengan minum air 8 gelas sehari, dapat mencegah dehidrasi yang dapat mengakibatkan penyakit jangka pendek seperti penurunan konsentrasi, mudah lelah, sembelit dan penurunan kemampuan visual dalam beberapa saat.

Sedangkan efek dari dehidrasi untuk penyakit jangka panjang yang diakibatkan adalah penyakit ginjal, batu ginjal kronis, infeksi saluran kemih hingga kegemukan. Maka air minum penting tercukupi kebutuhannya. Kebutuhan air minum setiap manusia berbeda, misalnya untuk ibu melahirkan, ibu menyusui, lansia dan beberapa kondisi lainnya, lebih banyak membutuhkan air minum dari takaran biasa.

air minum kemasan

Berikut Tipe Air Minum Dalam Kemasan


Jadi, menurut pemaparan dari Dr.dr.Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK (Indonesian Hydration Working Group (IHWG) bahwa AMDK yang dipasarkan di Indonesia ada 4 jenis air minum. Diantaranya Air Mineral, Air Demineral, Air Oksigen dan Air Alkali (pH tinggi). Btw, teman-teman bisa membedakan ke empat jenis air yang disebutkan oleh dokter Diana?.

Air mineral

Air yang mengandung mineral alami dengan pH 6,5 -- 8,5 tidak ada zat tambahan lain

Air Demineral

Ada proses pembuatannya dengan cara destilasi / reserve osmosis / deionisasi. Ph 5,0 -- 7,5

Air Beroksigen

Proses pembuatannya dengan mencampur AMDK + Oksigen (O20) pH 6,5 -- 8,5 untuk air mineralnya 50 - 0,75. Sedangkan untuk demineral air oksigen dengan kadar 50,75 -- 7,5.

Air Alkali

Proses pembuatannya dengan elektrolisis atau penambahan garam. Dengan pH 8,5 -- 9,97

Air mineral adalah AMDK yang mudah ditemui di pasaran karena memenuhi standar SNI dengan jumlah pH antara 6,5 -- 8,5 dan air mineral mengandung mineral-mineral alami dalam jumlah tertentu. Seperti natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium dan silica yang manfaatnya besar untuk tubuh.

air minum kemasan
Dr.dr.Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK (Indonesian Hydration Working Group (IHWG)

Selain itu air mineral yang layak dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak mengandung zat berbahaya. Pada saat kita membeli air kemasan harus dipastikan juga kemasannya bersih, tanggal kadaluwarsa jelas dan kode produksi pada kemasan sama dengan tutup kemasan.

Satu pesan penting yang diberikan oleh Dr.Diana agar kita tidak percaya begitu saja terhadap berbagai klaim brand AMDK. Yang menyatakan bahwa AMDK produknya berkualitas serta mengandung zat-zat tertentu yang bermanfaat. Sebaiknya kita bijak, mau cross check dan mencari sumber informasi yang valid dari segala arah.

Nah, bicara mengenai air minum dalam kemasan Danone-AQUA sebagai pelopor air minum kemasan pertama di Indonesia sejak 46 tahun selalu komitmen memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Danone-AQUA memiliki misi untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang.

air minum kemasan


Selain itu Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti turut memaparkan bahwa Danone-AQUA terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia. Ya, bukan sekadar rajin minum air tapi juga kita harus bijak mengetahui serta memilih air yang sehat yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

Well, untuk urusan minum air saja ternyata tidak sesimple yang saya kira sebelumnya. Banyaknya merk dagang air minum kemasan yang ada di pasaran membuat kita untuk semakin teliti dan bijak dama memilih untuk mengkonsumsinya. Kalau menurut teman-teman sendiri bagaimana? setuju tidak dengan saya?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.